Membanggakan, 6 Wanita Inspiratif ini Sukses Bikin Wonder Women Minder

samlike.net - 21 April adalah hari Kartini. Tokoh Jawa sekaligus sang pahlawan nasional R. A. Kartini, dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Indonesia. Bukan sekedar seremonial belaka, Kartini adalah simbol emansipasi wanita.

Berbicara mengenai emansipasi, saat ini banyak perempuan berprestasi bahkan mencatatkan sejarah sebagai sosok perempuan hebat yang mampu meniadakan strata. Seperti deretan perempuan inspiratif berikut ini yang dapat menginspirasi kita semua. Awalnya merajut asa kini memiliki pencapaian luar biasa. Bisa dibilang, Wonder Women aja mider nih ketemu mereka.


1. Perempuan Pertama Disuntik Virus Corona

Ditengah penyebaran virus corona sampai hari ini belum ditemukan vaksin untuk mencegah dan menyembuhkan pasien covid-19. Para peneliti membutuhkan sukarelawan yang bersedia dijadikan percobaan, hingga muncul tawaran bagi siapapun yang bersedia dengan iming-iming uang puluhan juta rupiah.

Seorang perempuan asal Amerika, Jennifer Haller langsung mengajukan diri dan menjadi perempuan pertama yang rela disuntikan virus corona. Ia mempertaruhkan kesehatan bahkan nyawanya demi temuan obat virus corona yang sudah memakan korban ratusan ribu jiwa.

Perempuan 43 tahun ini mendapat dukungan anak-anaknya. Ia merasa jika banyak orang tak berdaya sedangkan dirinya sehat, maka ia berpikir perlu melakukan sesuatu.

2. Putri Raja, Jadi Pilot Militer Perempuan Pertama

Kita tahu profesi sebagai seorang pilot tak banyak disandang oleh seorang perempuan apalagi menjadi seorang pilot militer. Siapa sangka putri bungsu raja Abdullah II dari Yordania mencetak sejarah sebagai pilot militer perempuan pertama di negaranya.

Putri Salma diketahui baru saja menyelesaikan pendidikan pilot di angkatan bersenjata Yordania dan pelatihan Pilot Fixed-Wing Aircraft atau tipe pesawat yang mengandalkan sayap.

Sangat mengesankan, meski baru berusia 19 tahun, namanya sudah tercatat dalam sejarah. Putri Salma sendiri merupakan lulusan Royal Military Academy Sandhurst, Inggris dan International Amman Academy.

Sang Ayah panglima tertinggi angkatan bersenjata Yordania, menyematkan sendiri lencana pada seragam militer putri bungsunya ini. Upacara ini juga dihadiri oleh sang ibu ratu Rania dan kakaknya pangeran Hussein bin Abdullah

3. Yunani Lantik Presiden Perempuan Pertama

Sudah banyak pencapaian sosok perempuan yang berhasil menjadi pemimpin. Kini dengan kesetaraan, seorang perempuan pun memiliki kesempatan menduduki posisi tertinggi di suatu perusahaan bahkan pemerintahan.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Yunani melantik seorang presiden perempuan.

Ekaterini Sakellaropoulou seorang hakim senior yang sangat berpengalaman dalam isu lingkungan dan hukum konstitusional. Perempuan 63 tahun ini terpilih menjadi presiden baru Yunani setelah mendapat suara terbanyak dalam gelaran parlemen.

Sebelumnya, Yunani kerap dipimpin oleh presiden dari partai politik atau mantan menteri, sedangkan Ekaterini merupakan kandidat presiden yang bukan berasal dari partai. Ia dianggap sebagai luar biasa yang bisa menyatukan warga Yunani dari berbagai latar belakang.

Pencapaian baru ini membuat beberapa negara mengucapkan selamat dan mengatakan bahwa pada akhirnya, Yunani bergerak maju ke era kesetaraan.

#Tambah wawasan umum:
Baca juga: Kisah Hidup Didi Kempot dan Prestasinya yang Membanggakan
Baca juga: 6 Pangeran Tampan yang Bikin Gagal Fokus Kaum Hawa

4. Astronaut Perempuan Terlama di Luar Angkasa

Astronaut NASA, Christina Koch meninggalkan bumi sejak 14 maret 2019 dan sukses mendarat dengan selamat pada 6 februari 2020 kemarin. Kepulangannya ini sekaligus memecahkan rekor perempuan paling lama berada di luar angkasa yakni nyaris 11 bulan.

Hebatnya lagi ini bukan kali pertama Christina Koch memecahkan rekor; sebelumnya pada oktober 2019, ia dan rekannya Jessica Mier melakukan perjalanan luar angkasa pertama yang seluruh anggota timnya adalah perempuan. Mereka melangkah ke luar stasiun ruang angkasa, untuk memperbaiki baterai pengisi daya.

Selama di luar angkasa, Christina Koch melakukan berbagai misi, percobaan dan riset. Dirinya pun dijadikan bahan penelitian oleh NASA untuk mengetahui kekuatan vetebral atau kekuatan tubuh manusia. Tubuh Christina menjadi bagian penyelidikan sel ginjal, osteoporosis, dan perawatan kanker saat di luar angkasa.

Jika kebanyakan orang ingin menjadi satu-satunya yang memecahkan rekor, perempuan 41 tahun ini  justru ingin rekornya dipecahkan oleh perempuan-perempuan lain. Dia ingin perempuan lebih berani dalam menembus batas dan melakukan apapun yang mereka bisa.

5. Rekor Maskapai dengan Pilot Perempuan Terbanyak

Maskapai penerbangan di Tukish Airlines, tahun ini memecahkan rekor sepanjang sejarah dalam hal jumlah pilot perempuan. Jika pada 2006 hanya terdapat 6 orang pilot perempuan, kini meningkat 35x lipat menjadi 211 orang.

Pilot perempuan ini menerbangkan setiap jenis pesawat, baik penerbangan jarak pendek maupun jarak jauh. Pencapaian ini membuat Turkish Airlines menjadi salah satu maskapai penerbangan dengan pilot perempuan terbanyak di dunia.

Ia mempekerjakan 39 kapten dan 172 petugas pertama termasuk yang sedang menerima pelatihan saat ini. Semua pilot tak hanya berasal dari Turki melainkan seluruh dunia.

6. Penerbang Perempuan Pertama TNI AD

Terlahir dari ayah seorang sopir dan ibu penjual jagung bakar sama sekali tak menyurutkan semangat Puspita Ladiba menggapai asa. Perempuan yang memiliki kegigihan yang luar biasa ini berhasil menjadi salah satu perempuan penerbang pertama di TNI AD.

Kini Puspita menjabat sebagai co-pilot TNI AD. Perempuan yang akrab disapa Diba ini terjun ke dunia militer usai menorehkan prestasi menjadi seorang Paskibraka. Pengalaman Paskibraka membuka lebar kesempatan Diba untuk masuk ke Akademi Militer.

Tahun 2017 Diba lolos di Akademi Militer dengan predikat cumlaude. Setelah lulus Akmil, Diba direkrut untuk menjadi penerbang di TNI AD, padahal perempuan asal Medan ini mengaku awalnya ia tak tahu ada Korps penerbang di TNI AD.

***
Kami akan terus berusaha membuat bacaan yang menarik sebagai sarana atau cara menambah wawasan umum dan ilmu pengetahuan kita bersama.

Belum ada Komentar untuk "Membanggakan, 6 Wanita Inspiratif ini Sukses Bikin Wonder Women Minder"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel