Manfaatnya Menakjubkan! 6 Buah Ajaib yang Disebutkan di Dalam Al-Qur'an ini Perlu Diketahui

samlike.net - Selain kadar lemak dan gula yang rendah, khasiat buah untuk kesehatan tubuh sangat beragam. Terutama di bulan Ramadhan, buah menjadi sumber serat terbaik yang bermanfaat bagi pencernaan. Mengonsumsi nutrisi dari buah setiap hari sangat bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit, bahkan efektif membantu proses penyembuhan juga.

Di dunia ini terdapat ribuan jenis buah, beberapa diantaranya secara spesifik disebutkan dalam kitab suci umat Islam, Al-Qur'an.

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا ۚ وَمِنَ الْجِبَالِ جُدَدٌ بِيضٌ وَحُمْرٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهَا وَغَرَابِيبُ سُودٌ

"Tidakkah kamu melihat bahwasanya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat." - QS. Fatir, 27

Dan taukah anda, terdapat tujuh buah-buahan yang tertulis di dalam Al-Qur'an. Kali ini kami akan menjabarkan segala kandungan dan vitamin serta manfaatnya.

6 Buah Ajaib yang Disebutkan di Dalam Al-Qur'an yang Manfaatnya Perlu Diketahui

1. Buah Pisang

Tahukah anda jika Al-Qur'an menyebut nama buah pisang. Murah meriah, kaya vitamin dan mineral ini tersirat dalam surat Al-Waqi'ah ayat 27-33.

"Dan golongan kanan alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya) dan naungan yang terbentang luas dan air yang tercurah dan buah-buahan yang banyak yang tidak berhenti (berbuah) dan tidak terlarang mengambilnya"

Faktanya. pisang mengandung serat, karbohidrat, potasium, vitamin A, K, C, serta zat besi. Pisang juga dapat meningkatkan energi tubuh, mengeluarkan racun, mengatasi depresi, mencegah penyakit jantung dan kanker.

Selain cepat membuat tubuh kenyang, pisang biasa dikonsumsi untuk meredakan demam, melancarkan pencernaan hingga mengobati kejang.

Pisang-pisang yuang kaya akan vitamin B6 ini juga dapat menggugah reaksi-reaksi unsur kimia dari protein dan asam amino, dalam menjaga fungsi otak dengan baik.

Unsur-unsur ini juga dapat meningkatkan sel darah merah, menjaga keseimbangan kimia dalam cairan tubuh, membantu produksi energi, dan memberikan kemampuan bertahan ketika stress.

2. Buah Anggur

Anggur diketahui sudah ada sejak zaman Nabi Nuh AS. Bahkan Al-Qur'an menyebut buah anggur sebanyak 14 kali, diantaranya pada surat:

  1. QS. Yasin : 34
  2. QS. 'Abasa : 28
  3. QS. Yusuf : 49
  4. QS. Yusuf : 36
  5. QS. An-Naba : 32
  6. QS. Al-Mu'minun : 19
  7. QS. Al-Kahfi : 32
  8. QS. Al-Kahfi : 42
  9. QS. Ar-Ra'd : 4
  10. QS. Al-Baqarah : 266
  11. QS. Al-Isra : 91
  12. QS. Al-An'am : 99
  13. QS. Al-Nahl : 67
  14. QS. Al-Nahl : 11

"Allah menumbuhkan dengan air hujan tanaman-tanaman sumber makanan kalian, Allah juga menumbuhkan zaitun, kurma, anggur. Allah menumbuhkan segala bentuk buah-buahan. Sesungguhnya air hujan dan apa yang ditumbuhkan mengandung petunjuk atas kekuasaan Allah bagi kaum yang memikirkannya, lalu mereka menjadikannya sebagai bukti kemahaagungan Allah" - Tafsir (QS. Al-Nahl : 11)

Buah yang yang rasanya menyegarkan ini banyak memiliki keistimewaan. Menurut ilmu kedokteran, anggur mempunyai berbagai manfaat, baik untuk penderita penyakit liver, jantung, ginjal, membunuh sel kanker dan memperbaiki sistem pencernaan. Anggur juga berkhasiat mengusir stress serta kepenatan.

Buah yang kaya akan flavonoid, magnesium, vitamin A, C, E ini disebut-sebut bagus untuk perawatan wajah.

Zaman dahulu, wanita Mesir kuno banyak mengonsumsi anggur untuk menjaga kecantikannya agar tetap awet muda.

Para ibu yang menyusui juga dianjurkan untuk meminum jus buah anggur secara rutin, karena anggur dapat meningkatkan produksi air susu.

#Cara menambah wawasan:
Baca juga: Update Fakta Unik dan Menarik Korea Utara yang Perlu Diketahui
Baca juga: Kumpulan Fenomena Alam yang Terjadi Selama Masa Pandemi Corona
Baca juga: Trik Bisnis Online Supaya Laris Manis Gak Pake Lama

3. Buah Tin

Buah tin kaya manfaat bagi kesehatan tubuh dan tersirat dalam Al-Qur'an. Nama buahnya dijadikan nama surat ke-95 dalam Al-Qur'an, yaitu At-Tin. Buah ini tertuang di ayat pertama surat At-Tin.

Secara ilmiah, buah tin sangat berkhasiat bagi kesehatan sekaligus disebut sebagai superfood, karena memiliki kadar serat tinggi, rendah kalori, tanpa lemak, dan kaya vitamin.

Buah manis nan renyah ini mengandung vitamin A, B6, C, Kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan mineral lainnya.

Buah tin mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan, seperti membunuh virus dan bakteri jahat. Membunuh sel kanker, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lainnya.

4. Buah Zaitun

Buah yang terkenal dengan minyaknya ini beberapa kali tertulis dalam Al-Qur'an, antara lain surat An-Nur, Al-An'am, Al-Nahl, Al-Mu'minun, serta surat 'Abasa.

Dari segi manfaat, zaitun kaya akan antioksidan dan karotenoid yang disebut Lutein. Zat ini sanggup menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan kanker. Sifat antioksidan dalam zaitun juga sangat baik untuk kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Dalam penelitian lain, zaitun terbukti mencegah penyakit jantung, liver dan mengurangi risiko terkena diabetes.

Buah yang mengandung asam oleat sebagai antioksidan bagi kulit ini dapat diolah saripatinya dan dijadikan minyak zaitun. Untuk proses memasak ataupun dressing salad.

Zaitun bersifat tidak meninggalkan kolesterol di dalam darah, juga melindungi perut dari penyakit-penyakit radang usus dan sakit maag. Minyak zaitun dianggap sebagai unsur vital dalam membangun organisme-organisme tubuh.

5. Buah Delima

Dalam surat Al-An'am ayat 141 dijelaskan, jika delima dan zaitun memiliki kemiripan bentuk serta warnanya, tetapi rasanya berbeda. Buah kaya mengandung nutrisi ini tercatat disejumlah ayat Al-Qur'an, khususnya surat Ar-Rahman ayat 68.

"Di dalam dua Surga ini terdapat berbagai macam buah-buahan dan kurma serta delima." - Tafsir (QS. Ar-Rahman : 68)

Delima si buah cantik mengandung asam nitrat, fruktosa, vitamin A, C, magnesium, zat besi dan kalsium.

Sebagai antioksidan, khasiat delima juga bisa mengurangi resiko serangan jantung, syaraf, mencegah kanker prostat, anemia, serta memperkuat daya tahan tubuh.

Manfaat buah delima sudah tercatat dalam sejarah sejak ribuan tahun lalu. Selain itu buah ini kaya akan vitamin K yang baik untuk tulang.

Delima juga berkhasiat mencegah penyakit jantung, stroke dan alzeimer.

#Cara menambah wawasan:
Baca juga: 212 Kata-Kata Islami yang Menginspirasi Jutaan Orang
Baca juga: 212 Kata-Kata Merry Riana Tentang Cinta dan Kehidupan

6. Buah Kurma

Kurma sangat digemari oleh umat Islam karena mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. Allah SWT menyebut kurma sebanyak 20 kali di beberapa ayat Al-Qur'an, termasuk surat Al-Mu'minun ayat 19.

فَأَنْشَأْنَا لَكُمْ بِهِ جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ لَكُمْ فِيهَا فَوَاكِهُ كَثِيرَةٌ وَمِنْهَا تَأْكُلُونَ

"Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan,"

Buah kaya manfaat ini mengandung zat besi guna mencegah anemia, hilangkan kelelahan dan meningkatkan energi dan kesuburan.

Ini terbukti ketika Siti Maryam melahirkan Nabi Isa AS tanpa bantuan siapapun di daerah tandus. Allah SWT memerintahkan Maryam untuk memakan buah kurma.

"Maka Jibril menyerukan dari tempat yang rendah, janganlah kamu bersedih hati sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyangkan pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau. Jika Engkau melihat seseorang maka berkatalah sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pengasih maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini" - Tafsir (QS. Maryam : 24-26)

Kurma bersifat panas dan basah, sehingga kurma dapat membantu membunuh atau mengurangi cacing dalam tubuh jika dikonsumsi saat perut kosong. Kurma memiliki kandungan Thiamin, Riboflavin, Folat, vitamin B6, B complex, A, K, kadar gula tinggi, serta sebagai sumber protein.

Seperti kebiasaan Rasulullah SAW, memakan kurma banyak manfaatnya. Selain melimpahnya gizi, buah manis ini dapat memperkuat liver, merelaksasi usus, menambah kesuburan, kecerdasan dan juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan.

Inilah sebabnya umat Islam sangat dianjurkan menyantap kurma, khususnya saat bulan suci ramadhan.

***
Ini merupakan contoh artikel top 10 yang semoga unik dan menarik, sebagai cara menambah wawasan umum dan ilmu pengetahuan kita bersama.

Belum ada Komentar untuk "Manfaatnya Menakjubkan! 6 Buah Ajaib yang Disebutkan di Dalam Al-Qur'an ini Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel