Update! 11 Fakta Unik dan Menarik Korea Utara yang Perlu Diketahui

samlike.net - Berita tentang kabar kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, ramai diperbincangkan. Pemimpin berjuluk "Rocket Man" tersebut dikabarkan telah meninggal akibat penyakit jantung.

Rumor mencuat sejak Kim Jong-un tidak hadir di acara perayaan ulang tahun mendiang kakeknya sekaligus pendiri Korea Utara, Kim Il-sung, yang ke-108, pada 15 April 2020 lalu. Padahal sebelumnya ia tak pernah absen sekali pun sejak naik tahta pada 2011.

Sabtu 25 April 2020, Kim Jong-un juga melewatkan HUT tentara Korea Utara, yang memicu gelombang spekulasi baru. Hingga kini belum ada konfirmasi resmi dari otoritas Korea Utara.

Sebuah sumber intelijen yang dipantau Amerika Serikat menyebut, kondisi Kim Jong-un kritis setelah menjalani operasi jantung. Namun sejauh apa tingkat keparahannya masih belum diketahui.

Majalah Jepang, Shukan Gendai, melaporkan bahwa Kim mengalami koma atau tidak sadarkan diri.

Sebuah jaringan Broadcast dari Hong Kong mengklaim bahwa Kim Jong-un telah meninggal dunia pada 25 April lalu. Mereka juga mengklaim bahwa Kim meniggal setelah dokter bedahnya gagal melakukan operasi karena tangannya gemetar terlalu kencang.

Disaat rumor meninggalnya santer beredar, ada juga yang bilang jika pemimpin tertinggi Korea Utara itu justru sehat dan sedang berjalan-jalan di kota Wonsan, sebuah kota pelabuhan di sisi Timur Korea Utara.

Fakta Unik dan Menarik Korea Utara

1. Siapa Calon Pengganti Kim Jong-un?

Salah satu kandidat terkuatnya adalah Kim Yo-jong, adik perempuan Kim Jong-un. Perempuan tegas dan cerdas ini menjadi kandidat kuat lantaran kakak tertua mereka Kim Jong-chul dianggap sebagai playboy yang tidak tertarik dengan politik.

Kemudian saudara tiri laki-laki, Kim Jong-nam telah tewas diracun pada 2017 lalu.

Sang adik mampu menunjukan bahwa ia tak bisa dipandang sebelah mata. Dari mengemban tugas sebagai penyedia asbak saat istirahat di KTT Nuklir, Kim Yo-jong kini melesat jadi salah satu tokoh terpenting Korea Utara. Bahkan banyak warganet yang berkomentar, bahwa Kim Yo-jong terlihat lebih sadis dari Kim Jong-un.

Media Inggris, The Guardian, mengabarkan, Kim Yo-jong adalah otak dibalik citra publik Kim Jon-un yang dibangun dengan hati-hati.

2. Tidak Boleh Foto dan Merekam Video Sembarangan

Turis yang ke Korea Utara harus paham betul terkait norma pariwisata di negeri bintang merah. Yang paling utama adalah tidak boleh mengambil foto atau merekam video sembarangan. Jika terciduk, jeratan hukum siap menanti.

Namun tidak sedikit orang yang justru merasa tertantang dan melawan aturan.

Seperti seorang fotografer asal Perancis, Eric Lafforgue. Berbekal lensa jarak jauh, ia nekat memotret kehidupan di Korea Utara. Salah satunya foto di stasiun kereta bawah tanah, padahal area peron merupakan area zona terlarang bagi kamera.

Aturan serupa berlaku untuk kamera smartphone. Bahkan rumornya kawasan tersebut merupakan lokasi penyimpanan bom dan sejumlah alat militer.

Nekad atau memang tidak tahu aturan, Neil Etheridge, penjaga gawang timnas Filipina ber-swafoto di Kumsusan Memorial Palace. Ketika sedang melakukan pertandingan persahabatan di Pyongyang.

Lokasi ini merupakan lokasi dua pemimpin Korea Utara terdahulu, Kim Il-sung dan Kim Jong-il diawetkan. Makin jadi polemik lantaran foto selfie Neil malah diunggah ke instagram.

3. Masyarakat Korea Utara Terisolasi dari Dunia Luar?

Jika anda mengeluh soal lemotnya koneksi disaat tertentu, bersyukurlah wahai warga Indonesia. Karena di Korut, akses kecepatan internetnya hanya setengahnya Indonesia. Kecepatan internet di Indonesia berada di angka 7.2 Mbps, sedangkan Korea Selatan 28 Mbps, sangat jauh dengan Korea Utara yang hanya 3.4 Mbps.

Bahkan satu-satunya warnet yang tersedia berada di Pyongyang, ibu kota dari salah satu negara penghasil peretas terbaik dunia ini.

Selain internet, saluran tv di Korut juga sangat terbatas, hanya ada tiga saluran televisi dan dua diantaranya ada di akhir pekan. Sedangkan yang satunya hanya tayang di malam hari, isinya pun berita-berita perkembangan yang menyangkut Korea Utara.

#Mau menambah wawasan?
Baca juga: Kumpulan Fenomena Alam yang Terjadi Selama Masa Pandemi Corona
Baca juga: 5 Keunggulan HP iPhone XR Indonesia
Baca juga: Trik Bisnis Online Supaya Laris Manis Gak Pake Lama

4. Drama Korea Selatan Dilarang Untuk Ditayangkan di Korea Utara

Jika di Indonesia drama Korea Selatan mudah diakses, di Korut anda harus mempertaruhkan nyawa untuk sekedar menontonnya. Dengan dibatasinya akses, warga Korut hanya bisa menonton lewat USB yang diperjualbelikan di pasar gelap secara diam-diam.

Namun jika ketahuan, tembak mati adalah hukuman yang harus diterima.

5. Negara Dengan Kekuatan Militer Menakutkan

Korea Utara mempunyai personel aktif militer yang sangat banyak. Dengan jumlah pasukan cadangan terlatih hampir 40% dari populasi Korut dan siap untuk kegiatan militer.

Korut menerapkan wajib militer untuk warganya tanpa mengenal gender. Kaum perempuan bahkan diwajibkan untuk mengikuti pelatihan hingga umur 23 tahun.

Berdasarkan data intelijen yang belum bisa diverifikasi, Korea Utara memiliki belasan senjata nuklir yang siap dipakai sebagai bom kotor.

Korea Utara juga kerap melakukan uji coba rudal terjauh yang telah dibuatnya. Terlalu simpang siurnya data intelijen terhadap senjata milik Korut menjadi fakta paling menakutkan dari status militer negara semenanjung ini.

Rangking kekuatan militer dunia dari Global Firepower 2020, Korea Utara peringkat ke-25.

6. Dari Mana Harta Kekayaan Korea Utara?

Kapal pesiar super mewah, Limosin anti peluru, Lapangan golf pribadi, hingga kereta api anti peluru, merupakan sebagian kecil harta milik Kim Jong-un. Berdasarkan penelitian Korea Selatan bersama Amerika, kekayaan bersih Kim Jong-un mencapai $5 Milyar atau setara dengan Rp70 Triliun.

Korea Utara merupakan sebuah negara dengan sumber daya mineral melimpah, seperti batu bara, emas, perak dan tembaga. Ekspor sumber daya ini menghasilkan uang sangat banyak bagi pemasukan negara. Dan negara tujuan ekspor Korut yang utama adalah Cina, Rusia, India, Thailand, dan Filipina.

Namun sebuah teori lain mengungkapkan bahwa Korut juga memiliki pemasukan sangat besar lewat penjualan senjata ilegal. Bahkan kabarnya, Korut juga mendapatkan pemasukan dari perdagangan obat bius dan kegiatan meretas.

7. Ada Terowongan Rahasia di Korea Utara

Dibalik tertutupnya Korea Utara dari dunia luar, ternyata diam-diam mereka membuat terowongan rahasia. Militer Korea Selatan menemukan pada 1978 yang kala itu mendeteksi ledakan bawah tanah di wilayah perbatasan bernama zona demiliterisasi.

Rumornya, Korut membuat terowongan rahasia dengan niat untuk memata-matai Korsel. Bahkan dikabarkan terowongan ini mampu membuat Kim Jong-un mengirim 30.000 pasukannya hanya dalam waktu 1 jam ke Korea Selatan guna melancarkan serangan siluman.

Namun pihak Korut berdalih, penggalian terowongan tersebut merupakan proyek pencarian batu bara.

Total terowongan rahasia membentang sepanjang 8.6 kilometer dengan tinggi maksimal 1.9 meter dan lebar 2.2 meter. Posisinya hanya 44 kilometer dari pusat kota Seoul, Korea Selatan.

8. Aturan Nyeleneh di Korea Utara

Korea Utara menerapkan berbagai peraturan nyeleneh yang bisa membuat orang tidak betah tinggal disana meski hanya sehari saja. Jika di Indonesia banyak orang daerah mengadu nasib di ibu kota, jangan harap hal tersebut bisa dilakukan di Korea Utara. Pemerintah ibu kota membuat aturan bahwa hanya kaum elit dan memiliki kartu identitas khusus saja yang bisa tinggal di Pyongyang.

Dan lagi, untuk menjadi elit di Korea Utara pun sangatlah sulit. Salah satu cara untuk menjadi kaum elit Korea Utara adalah dengan bersekolah di Pyongyang Unversity.

Berpindah-pindah tempat tinggal dari satu kota ke kota lain juga sama sulitnya. Jika seseorang sejak lahir berada di satu kota, ia akan tinggal di kota tersebut selama hidupnya.

Liburan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri seperti sebuah mimpi bagi masyarakat Korut. Mereka diharuskan membuat surat izin khusus layaknya visa hanya untuk berlibur ke luar kota, itu pun dengan tingkat keribetan setengah mati.

Tak heran jika musim libur tiba, masyarakat Korut hanya pergi ke pantai di dekat tempat mereka tinggal untuk sekedar relaksasi.

9. Ketampanan Pria diukur dari Ukuran Tubuhnya

Ketenaran film drama Korea, Crash Landing on You benar-benar banyak menarik perhatian, apalagi tentang perbedaan standar kehidupan Korea Selatan dan Korea Utara.

Tapi siapa sangka kehidupan asli di Korut, nyatanya Hyun Bin pemeran 'kapten Ri' dalam drama tersebut justru dicap tidak cukup tampan karena bentuk tubuhnya yang kurus.

Pasalnya pria-pria bertubuh kurus identik dengan orang miskin atau rakyat jelata. Sedangkan pria bertubuh gemuk adalah orang-orang kaya dan seringkali membuat wanita Korea Utara jatuh cinta.

10. Beginilah Kehidupan Mewah Kaum Elit Korea Utara

Katanya sih Korut terkenal dengan kehidupan rakyatnya yang serba kekurangan. Jadi sebenarnya ada atau tidak kehidupan mewah di Korut?

Kaum Donju adalah sebutan kaum elit di Korea Utara yang berarti "Penguasa Uang".

Faktanya, 15% dari total 24 juta penduduk Korut merupakan kaum Donju.

Kaum Donju biasanya tinggal di kota Pyongyang, Chongjin, Wanson dan Hamhung.

Bukti kemewahan kaum Donju adalah kepemilikan ponsel dan kendaraan pribadi. Sebagian besar rakyat Korut masih menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Sementara kaum Donju menggunakna mobil sebagai alat transportasi yang tergolong mewah.

Kaum Donju juga memiliki hobi mahal seperti menunggang kuda serta dapat menyelenggarakan pesta pernikahan mewah.

Lalu mengenakan rancangan baju desainer terkenal dan membeli barang-barang impor, merupakan salah satu kaum Donju.

Jika dilihat dari penampilannya, seperti inilah gaya berbusana kaum Donju di Korea Utara.

11. Keluarga Kim: Pemimpin Negara yang Sangat Ditakuti Warga

Kim Jong-un sangat ditakuti di Korut. Sang diktator membuat warga Korut tunduk dan patuh kepadanya. Ironisnya, Kim Jon-un sampai disembah layaknya Tuhan.

Menurut pengakuan mantan warga Korut, jika kita sembarangan menyebut nama Kim Jong-un, akan ada seseorang menangkap kita dan bisa menjadi masalah besar.

Korea Utara tidak memperbolehkan warganya mendapatkan hak atas kebebasan berpikir, akal sehat, dan agama. Sejak TK, anak-anak di Korut dididik untuk mengagumi partai dan pemimpin Kim, hingga mempelajari kehidupan Kim selama dua jam setiap minggunya.

Uniknya lagi di Korut ada mata pelajaran khusus membahas kehidupan dari keluarga pemimpin turun temurun ini. Seperti masa pemimpin Kim Il-sung yang diceritakan lahir untuk menyelamatkan Korea Utara.

Dalam kisahnya, dia lahir di gunung Paektu, gunung yang dianggap suci di sana. Namun menurut laporan Rusia, Kim Il-sung lahir di Siberia dan jauh dari gunung manapun.

Belum ada Komentar untuk "Update! 11 Fakta Unik dan Menarik Korea Utara yang Perlu Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel