samlike.net - Kita semua pasti ingin tinggal di tempat yang bersih dari polusi udara bukan. Apalagi buat kalian yang tinggal di kota besar terutama di Jakarta, pasti sudah tak asing dengan polusi udara. Polusi udara yang melanda membuat kualitas udara di Ibukota dicap tidak sehat.

Tapi taukah kalian, ada beberapa daerah di Indonesia yang kualitas udaranya sangat baik, bahkan salah satu diantaranya disebut sebagai tempat wisata dengan oksigen terbaik ke-2 di dunia.

Selain menjadi destinasi wisata, tempat-tempat ini juga sangat nyaman untuk dijadikan alternatif tempat tinggal kamu. Dan ke-6 tempat berikut ini cocok banget buat kalian yang suka ketenangan, refreshing dari keramaian ataupun yang suka jalan kaki dengan santai, itu pasti nikmat banget.

1. Pulau Gili Iyang - Sumenep, Jawa Timur

Pantai Gili Iyang, Pulau Gili Iyang, Bukit Gili iyang, Tebing Gili iyang, oksigen gili iyang
Kabupaten Sumenep, Madura, dikenal dengan pulau-pulau yang dimilikinya. Dan siapa sangka, diantara pulau-pulau tersebut terdapat satu pulau yang berpredikat sebagai tempat dengan kadar oksigen terbaik ke-2 di dunia yakni Gili Iyang.

Kandungan oksigen yang ada di Gili Iyang cukup tinggi, sekitar 21,5%. Dimana kandungan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kandungan oksigen di daerah lain yang hanya sekitar 20%.

Dengan kualitas oksigen yang baik, Gili Iyang sering dijuluki pulau oksigen, dan termasuk ke dalam objek wisata kesehatan di Indonesia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP), tingginya tingkat oksigen di daerah tersebut didasari oleh kondisi Gili Iyang yang masih alami, serta banyak pohon yang tumbuh subur dan juga rindang.

Perputaran udara yang terjadi di pantainya juga menjadi salah satu pengaruhnya. Selain itu di pulau tersebut juga jarang ada kendaraan bermotor yang melintas sehingga jauh dari polusi udara.

Dampak positifnya adalah penduduk di pulau ini terbiasa menghirup oksigen berkualitas baik yang memungkinkan mereka berumur panjang. Mayoritas penduduk Gili Iyang berusia lebih dari 80 tahun namun masih tampak segar dan awet muda. Mereka bahkan masih mampu melakukan aktivitas layaknya orang-orang diusia produktif.

2. Laut Mati, Yordania

Laut mati merupakan salah satu icon wisata Yordania yang digemari oleh para pelancong dunia. Tak seperti namanya, tempat ini sangatlah indah dan juga memiliki keunikan tersendiri.

Diantaranya, laut mati merupakan titik paling rendah bumi. Dengan ketinggian 417,5m di bawah permukaan laut.

Dan yang paling banyak dikenal adalah bahwa di laut mati orang dapat mengapung bebas di atasnya tanpa takut tenggelam. Ini dikarenakan kadar garam di sana yang sangat tinggi.

Namun taukah kalian, selain itu ternyata laut mati juga memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia. Di tempat paling rendahnya saja, kadar oksigen bisa mencapai 36%, sedangkan persentase keseluruhan di daerah itu rata-rata mencapai 26%.

Laut mati dianggap sebagai salah satu bidang utama pariwisata medis di dunia, dengan karakter iklimnya yang unik dan perairan yang kaya mineral untuk mengobati banyak penyakit, terutama penyakit kulit dan radang sendi.

Laut mati juga dipilih sebagai pusat global untuk perawatan penyakit kulit oleh organisasi kesehatan dunia.

3. Pulau Tamania, Australia

Disisi barat laut Tasmania, tepatnya di Capri Paninsula lah kalian bisa menemukan udara terbersih di planet ini. Menurut stasiun pengukuran di semenanjung ini. Sejak tahun 1976, Cape Grim Baseline Air Pollution Station telah menjadi tempat untuk mengukur kualitas udara untuk menentukan standar polusi atmosfer bumi dan standar global untuk udara bersih.

Lebih dari sepertiga pulau Tasmania adalah taman nasional, cagar alam atau hutan belantara yang membuat udara dan oksigen di daerah tersebut sangat baik.

Industri pertanian dan pariwisata telah mempromosikan kualitas udara di kawasan ini untuk menarik turis-turis. Sementara itu industri rumahan menjual udara segar kalengan yang dipasarkan ke tempat-tempat berpolusi di Tasmania dan Australia secara keseluruhan.

4. Honolulu, Hawaii

Dibalik image Amerika Serikat yang memiliki beberapa kota yang sibuk dengan paparan polusi udara, ada beberapa negara bagian Amerika Serikat yang ternyata memiliki udara segar dan bersih. Salah satunya adalah Honolulu Hawaii.

Menurut laporan American Lung Association State of the Air 2018, Hawaii terus menerus memiliki kualitas udara terbaik di Amerika Serikat. Dan kota Honolulu di Hawaii diakui sebagai salah satu kota dengan udara terbersih di Amerika Serikat untuk polusi partikel sepanjang tahun.

Diketahui menurut American Lung Association, 41% orang amerika hidup di daerah dengan tingkat polusi ozon atau partikel yang tidak sehat. Ini menempatkan mereka pada risiko kematian dini dan efek kesehatan serius lainnya seperti kanker paru-paru dan serangan asma.

5. Brisbane, Australia

Selama lebih dari 20 tahun, Dewan Kota Brisbane telah memberikan kepemimpinan strategis untuk meningkatkan kualitas udara di Queensland, salah satu negara bagian di Australia.

Secara khusus, dukungan Dewan untuk bahan bakar baru dan teknologi kendaraan telah memberikan kontribusi terhadap penurunan polutan yang stabil seperti karbon monoksida, timah dan nitrogen dioksida.

Pada tahun 2016, Brisbane dinobatkan sebagai kota dengan udara terbersih di Australia versi Clean Air Society of Australia and New Zealand. Hal ini diraih setelah berjuang selama 20 tahun sejak 1996.

Tak hanya sampai disitu, Brisbane melanjutkan program clean, green, sustainable periode 2017-2031. Program untuk menjaga kualitas udara bersih di Brisbane.

Predikat dan penghargaan sebagai kota dengan udara terbersih di Australia adalah hasil kerjasama pemerintah dan warganya. Brisbane menggalakan warganya naik transportasi umum yang memakai bahan bakar ramah lingkungan. Selain itu ada pula gerakan naik sepeda atau CityCycle, yakni program pemerintah Brisbane untuk membenahi jalur-jalur sepeda dan penyewaan sepeda.

Kemudian di tahun 2000an pemerintah kota Brisbane menerapkan kebijakan mobil listrik. Mereka menggandeng perusahaan-perusahaan mobil untuk menjual mobil listrik di Brisbane.

6. Helsinki, Finlandia

Helsinki adalah Ibukota Finlandia yang memiliki predikat kota dengan udara terbersih juga. Hal ini dibuktikan dengan adanya kebijakan pembatasan emisi dari kendaraan industri yang dicanangkan pemerintah kotanya.

Kota ini memiliki jalan-jalan lebar untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan juga menyarankan penduduk untuk menggunakan angkutan umum dengan cara menyediakan transportasi publik yang baik dan nyaman.

Selain itu, keberadaan taman-taman dan ruang terbuka hijau yang mencapai 47% dari total ruang terbuka di Helsinki menyumbangkan banyak udara bersih di kota tersebut. Dan kini Helsinki bertekad menjadi kota netral karbon atau kota tanpa mobil pada tahun 2050.

Memang tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mencoba tinggal dalam waktu yang agak lama di salah satu tempat tersebut sepertinya sangat menyenangkan. Selain itu, kita akan mendapatkan manfaat kesehatan dari kadar oksigen yang sangat bersih dan tinggi di sana.

Post a Comment