Bukan Cuma Uang! Inilah 7 Keuntungan Menjadi Youtuber

Keuntungan Menjadi Youtuber
samlike.net - Biasanya sebelum saya menggunakan sesuatu, saya berusaha mempertimbangkan baik buruknya terlebih dahulu. Dan kalau memang dirasa memberi keuntungan yang baik untuk saya, kemungkinan besar saya akan segera menggunakannya bahkan merekomendasikannya kepada orang-orang disekitar saya.

Termasuk punya akun Youtube atau menjadi Youtuber.

Daftar menjadi Youtuber sangat mudah dan gratis. Tapi tahukah anda, walaupun gratis platform ini menyuguhkan banyak sekali keuntungan bagi para penggunanya. Dan hal ini yang membuat saya dan banyak orang tertarik untuk bergabung ke dalam ekosistem Youtube.

Lalu apa saja sih keuntungan menjadi Youtuber? Berikut poin-poinnya.

1. Cloud Hard disk Gratis

Kehidupan masa kini banyak menyediakan fasilitas dokumentasi yang memudahkan orang mengabadikan momen berharga sebanyak-banyaknya. Banyaknya dokumentasi akan menimbulkan masalah baru yaitu ruang penyimpanan yang besar.

Udah berapa kali kita mengeluhkan tentang kapasitas memori hp yang kurang besar.

Gak kebayang sih, kalau kita harus menyimpan semua videonya. Maksudnya, berapa banyak ruang penyimpanan yang harus disediakan untuk dokumentasi seluruh hidup kita.

Jadi, lebih baik videomu itu di upload saja ke Youtube. Gak perlu takut video pribadimu dilihat banyak orang, karena bisa di-setting secara privat supaya hanya bisa dilihat sama kamu dan orang yang kamu pilih.

Ketika videomu disimpan ke Youtube, videomu mendapat proteksi oleh teknologi canggih milik Google. Sangat kecil peluang video kamu hilang, kecuali kamu sendiri yang hapus videonya.

Tapi setidaknya video di Youtube akan lebih aman dan memiliki umur yang lebih panjang dibandingkan kamu menyimpannya di hp, komputer atau hard disk eksternal.

Baca juga: 3 Hater Yang Harus Dihindari Youtuber Pemula

2. Youtube Seperti "Panggung" Untuk Siapa Saja

Youtube banyak dipilih orang sebagai wadah yang tepat untuk mengekspresikan ide yang mereka miliki ke dalam bentuk video. Seperti Deddy Corbuzier dan Wendy Cagur misalnya, yang beberapa kali mengaku kalau di Youtube, mereka lebih bebas mengekspresikan ide dan keresahannya.

Dengan kata lain, Youtube menjadi tempat yang paling cocok untuk siapa saja yang ingin menunjukan minat dan bakatnya kepada dunia. Ada banyak konten kreator di Youtube dengan latar belakang yang beragam.

Mulai dari anak kecil hingga yang dewasa. Dari petani sampai pengusaha.

Bahkan bagi yang merasa profesional, Youtube bisa dijadikan halaman portofolio yang menarik. Selain bisa berbagi ilmu, tentunyaakan membuka peluang kerjasama yang lebih besar tanpa harus kesana-kemari.

Tidak rugi berbagi ilmu di Youtube. Akan ada timbal baliknya yang luar biasa.

3. Menaikan Level Hobi dan Passionmu

Kalau dulu kebanyakan orang sulit untuk mengembangkan hobi dan passionnya, dikarenakan tidak ada media yang simple seperti saat ini. Jadi jangan sia-siakan kesempatanmu, ayo naikan levelmu.

Biarkan orang lain tahu tentang hobi dan passionmu.

- Kamu suka memasak?
- Main game?
- Dance?
- Bernyanyi? Bagikan saja.

Kamu akan menjadi orang yang hebat dan lebih bahagia kalau kamu menjalankan apa yang kamu sukai. Orang-orang akan mengapresiasi ciri khas yang kamu miliki, sampai nanti kamu punya komunitas sendiri seperti AHHA Squad dan Smart People, dan hobimu bisa menghasilkan.

4. Kreatifitas Akan Berkembang

Ada jutaan orang yang siap menonton hasil karyamu. Yang penting jangan minder walaupun mungkin saat ini kamu sedang merasa tidak cukup kreatif untuk membuat video.

Karena permulaan yang sulit itu sebenarnya menghilangkan ketidak percayaan diri kepada video sendiri. Yang akhirnya malah menciutkan keberanian dan ujungnya tidak pernah di upload. Kan sayang juga..

Lama kelamaan seiring berjalannya waktu, seiring bertumbuhnya viewers dan antuasiame penonton.  Kreatifitasmu akan terasah secara alami agar mampu menghasilkan video yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga: 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Youtuber Pemula

5. Lebih Rajin dan Disiplin

Dalam proses menjadi Youtuber yang sukses, kamu akan belajar yang namanya konsisten. Tidak ada peraturan pasti bahwa seorang Youtuber harus berapa kali upload video dalam satu minggu. Tapi yang pasti, semakin kamu konsisten upload video, semakin cepat pula channelmu berkembang.

Jadi mau tidak mau, Youtuber harus rajin dan disiplin demi mengembangkan channel Youtube mereka. Dan efek samping dari kebiasaan ini adalah membuat kita lebih mudah dalam manajemen waktu, tugas dan lain-lain.

6. Menambah Relasi dan Koneksi

Karena videomu berpotensi ditonton jutaan orang, kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah relasi baru. Relasi ini sangat penting untuk memperkuat posisimu di Youtube

Kamu bisa menarik perhatian orang-orang penting dari berbagai perusahaan, sesama Youtuber, ataupun subscriber baru lewat video-videomu.

Jangan menganggap remeh poin ini, karena sangat berguna untuk poin selanjutnya.

7. Percayalah, Ini Bisa Jadi Lahan Bisnis Online Kamu

Perkembangan teknologi saat ini memang merubah cara pandang orang dalam berbisnis. Karena saat ini mulai banyak Youtuber tidak bertgantung pada Google Adsense saja, tapi mengkonsep video mereka menjadi video promosi dan jualan.

Pernah dengar video seorang film-maker membuat iklan mobil tua milik pacarnya di Youtuber? Mobil tua itu tadinya sulit terjual, namun ketika dibuatkan iklan dengan sangat menarik dan diunggah di Youtube, videonya menjadi viral, kemudian terjual dengan harga yang jauh lebih tinggi dari yang diharapkan.

Kalau di Indonesia ada Atta Halilintar membuat clothing AHHA setelah memiliki subscriber jutaan. Tapi ada juga seorang pedagang yang langsung promosi dagangannya melalui video..yang gitu juga banyak.

Youtube bisa sangat bisa dimanfaatkan untuk sekedar sharing, program kemanusiaan, pekerjaan profesional hingga kegiatan berjualan.

***
Semoga 7 keuntungan menjadi Youtuber di atas bisa membawamu mendapatkan kebahagiaan dengan cara yang baru. Aamiin.

Youtube bukanlah platform abal-abal, selalu ada potensi yang bisa diraih asal mau mencoba dan tidak mudah putus asa. Zaman sudah semakin praktis, jangan terus terpaku dengan cara-cara lama. Mencoba beradaptasi bisa jadi solusi terbaik untuk menyelesaikan masalahmu saat ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel