samlike.net - Dalam kehidupan sehari-hari kita terbiasa menggunakan istilah untuk menggambarkan sesuatu dan menyingkat kata-kata atau kalimat supaya mudah diingat.

Banyak dari institusi negara juga yang penamaannya disingkat seperti BNN dan KPK. Tapi mengacu pada judul, kali ini kita akan membahas pengertian dari istilah atau singkatan yang sering digunakan di dalam kegiatan pemilu seperti singkatan KPU dan KPPS.

kepanjangan dan arti dalam istilah pemilu


1. PPK = Panitia Pemilihan Kecamatan
Adalah panitia yang dibentuk oleh KPU / KIP Kabupaten / Kota untuk melaksanakan Pemilu di tingkat kecamatan atau nama lain.

2. PPS = Panitia Pemungutan Suara
Adalah panitia yang dibentuk oleh KPU / KIP Kabupaten / Kota untuk melaksanakan Pemilu di tingkat kelurahan / desa atau nama lain.

3. TPS = Tempat Pemungutan Suara
Adalah tempat dilaksanakannya pemungutan dan penghitungan suara.

4. KPPS = Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara
Adalah kelompok yang dibentuk oleh PPS atas nama KPU / KIP kab / kota untuk melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

5. Panwaslu Kecamatan = Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan
Adalah panitia yang dibentuk oleh Badan Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota (Bawaslu Kabupaten/Kota) untuk mengawasi Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan atau nama lain.

6. Panwaslu Kelurahan / Desa = Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan / Desa
Adalah petugas untuk mengawasi Penyelenggaraan Pemilu di kelurahan / desa atau nama lain.

7. PTPS = Pengawas Tempat Pemungutan Suara
Adalah petugas yang dibentuk oleh Panwaslu Kecamatan untuk membantu Panwaslu Kelurahan / Desa atau nama lain.

8. Saksi = Saksi Peserta Pemilu
Adalah orang yang mendapat surat mandat tertulis dari Pengurus Partai Politik tingkat kabupaten / kota atau tingkat di atasnya untuk Pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten / Kota, calon anggota DPD untuk Pemilu anggota DPD, dan Pasangan Calon atau Tim Kampanye untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

9. Daerah Pemilihan (Dapil) anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota
Adalah satu atau gabungan atau bagian wilayah administrasi pemerintahan yang dibentuk sebagai kesatuan wilayah / daerah berdasarkan jumlah penduduk untuk alokasi kursi sebagai dasar pengajuan calon oleh Partai Politik dan penetapan calon terpilih anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota.

10. Pemilih
Adalah Warga Negara Indonesia yang sudah genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih, sudah kawin, dan sudah pernah kawin.

11. Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden
Adalah jenis perlengkapan pemungutan suara yang berbentuk lembaran kertas dengan desain khusus yang digunakan Pemilih untuk memberikan suara pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang memuat nomor, nama, foto Pasangan Calon, dan tanda gambar Partai Politik Pengusul.

12. Surat Suara DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota
Adalah jenis perlengkapan pemungutan suara yang berbentuk lembaran kertas dengan desain khusus yang digunakan oleh Pemilih untuk memberikan suara pada Pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota yang memuat nomor urut Partai Politik, tanda gambar Partai Politik, nama Partai Politik, nomor urut dan nama calon anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota, yang dibuat untuk setiap Dapil.

13. Surat Suara DPD
Adalah jenis perlengkapan Pemungutan Suara yang berbentuk lembaran kertas dengan desain khusus yang digunakan oleh Pemilih untuk memberikan suara pada Pemilu anggota DPD yang memuat nomor urut calon, nama calon, dan foto calon anggota DPD yang dibuat untuk setiap Dapil anggota DPD.

14. KTP-el = Kartu Tanda Penduduk Elektronik
Adalah Kartu Tanda Penduduk yang dilengkapi chip yang merupakan identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Perangkat Pemerintah. Lebih populer disebut e-ktp.

15. DPT = Daftar Pemilih Tetap
Adalah daftar pemilik KTP-el yang terdaftar dalam daftar Pemilih Sementara hasul pemutakhiran yang telah diperbaiki oleh PPS dan ditetapkan oleh KPU / KIP Kabupaten / Kota.

16. DPTb = Daftar Pemilih Tambahan
Adalah daftar pemilik KTP-el yang terdaftar dalam DPT karena keadaan tertentu tidak dapat memberikan suara di TPS tempat Pemilih yang bersagkutan terdaftar dalam DPT dan memberikan suara di TPS lain.

17. DPK = Daftar Pemilih Khusus
Adalah Daftar Pemilih pemilik KTP-el yang tidak terdaftar di dalam DPT atau DPTb yang memiliki hak pilih dan dilayani penggunaan hak pilihnya pada hari pemungutan suara.

18. DPC = Daftar Pasangan Calon
Adalah daftar nama Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden yang ditetapkan oleh KPU yang memuat nomor urut, foto Pasangan Calon, nama Pasangan Calon, tanda gambar Partai Politik Pengusul, visi, dan misi Pasangan Calon.

19. Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR, Daftar Calon Tetap anggota DPRD Provinsi dan Daftar Calon Tetap anggota DPRD Kabupaten / Kota
Adalah daftar calon tetap yang memuat nomor urut Partai Politik, nama Partai Politik, tanda gambar Partai Politik, Nomor urut calon, pas foto calon, nama lengkap calon, jenis kelamin dan kabupaten / kota atau kecamatan tempat tinggal calon.

20. Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPD
Adalah Daftar Calon Tetap yang memuat nomor urut bakal calon, nama lengkap bakal calon yang disusun berdasarkan abjad, pas foto bakal calon, jenis kelamin dan kabupaten / kota atau kecamatan tempat tinggal bakal calon.

21. Suket = Surat Keterangan
Adalah surat yang diterbitkan oleh dinas yang menyenggarakan urusan kependudukan dan cararan sipil setempat.

22. Situng = Sistem Informasi Penghitungan Suara
Adalah perangkat yang digunakan sebagai sarana informasi dalam pelaksanaan Penghitungan Suara dan rekapitulasi Penghitungan Suara serta Penetapan Hasil Pemilihan Umum.

23. DKPP = Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu
Adalah lembaga yang bertugas menangani pelanggaran kode etik penyelenggara Pemilu.

Demikian artikel dari samlike, semoga yang disampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda.

Post a Comment