Orientasi dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

SHARE:

Artikel ini menjelaskan proses pelatihan karyawan baru serta jobdesk HRD dalam menyeleksi karyawan baru.

samlike.net - Tentunya Anda tidak ingin sia-sia proses perekrutan karyawan baru yang lama dan cukup mahal. Setelah memilih karyawan, tapi karyawan Anda tidak tahu apa yang harus diperbuat dan dikerjakan tentu kinerja perusahaan akan berkurang karena tidak bekerja secara efektif. Maka perlu melakukan orientasi dan pelatihan bagi karyawan baru. Orientasi merupakan proses yang menyediakan karyawan baru informasi-informasi yang harus diketahui oleh karyawan, terutama latar belakang perusahaan, sehingga mampu meningkatkan motivasi bekerja karyawan baru pada perusahaan.

Berikut 3 Tujuan Orientasi Karyawan Baru:

  1. Membuat karyawan merasa diterima dan menjadi bagian dari tim di perusahaan.
  2. Membantu karyawan memulai bersosialisasi dalam perusahaan.
  3. Membantu karyawan mengerti organisasi secara luas seperti visi, misi, value dan kultur perusahaan.

Perusahaan yang melakukan orientasi akan memberikan informasi tentang benefit karyawan, rutinitas karyawan sehari-hari, kebijakan perusahaan, struktur organisasi, tur keliling kantor sebagai fasilitas untuk berkenalan dengan rekan kerja selama orientasi.

Setelah orientasi, maka dimulai pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan merupakan proses peningkatan skill yang dibutuhkan karyawan baru maupun karyawan lama untuk bekerja. Pelatihan harus diberikan sesuai kompetensi karyawan dalam menjalankan strategi perusahaan. Pelatihan dapat mempengaruhi kinerja karyawan, yang bahkan dapat melebihi feedback dan penilaian yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

Berikut 5 Proses Pelatihan Karyawan Baru:

  1. Analysis
    HR harus menganalisis kebutuhan pelatihan sesuai dengan kompetensi dan kemampuan karyawan. Maka perlu dibuat pelatihan untuk rencana strategis (jangka panjang) atau rencana saat ini (current).
  2. Design
    Dalam tahap ini, HR harus merencanakan program pelatihan secara menyeluruh, berupa metode penyampaian, objektif, dan evaluasi program yang akan dijalankan.
  3. Develop
    Tahap ini artinya membuat arahan atau instruksi. Diperlukan membuat konten dan materi program pelatihan, mendesain bagaimana metode instruksional yang spesifik, memikirkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama pelatihan berlangsung.
  4. Implementation
    HR harus selalu mengembangkan prosedur untuk melatih fasilitator dan karyawan. Prosedur fasilitator berupa kurikulum pelatihan, metode pelatihan yang digunakan, dan system pengujian. Prosedur karyawan berupa persiapan karyawan saat menggunakan alat pelatihan selama pelatihan berlangsung.
  5. Evaluation
    Ini merupakan tahap penting bagi HR karena dapat melihat bagaimana hasil dari pelatihan yang diberikan pada karyawan. Mengukur hasilnya dengan dua cara yaitu:
    • Time series
      Perbandingan performa karyawan sebelum dan sesudah program pelatihan.
    • Controlled experimentation
      Perbandingan performa karyawan yang sudah mendapat program pelatihan dan karyawan yang tidak mendapat program pelatihan.

Orientasi pada saat masuk kerja bagi karyawan baru sangat penting agar dapat mengarahkan diri untuk beradaptasi dan mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Program pelatihan dapat mendorong karyawan mengasah kemampuan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tentunya hal ini akan membuat Tim HR anda semakin sibuk dengan tugas baru mengorientasi karyawan, untuk memudahkan tim hr dalam menjalankan tugas lain seperti payroll karyawan anda dapat menggunakan online payroll outsourcing Indonesia terbaik saat ini yaitu LinovHR.

LinovHR adalah payroll outsourcing Indonesia yang akan menyederhanakan tugas tim HR untuk mengatur urusan payroll perusahaan. Dengan begitu tim HR dapat lebih mudah menyeleksi dan menemukan karyawan terbaik dan keuangan perusahaan dapat dikelola secara otomatis. Selain itu anda dapat berkonsultasi terhadap tim expert LinovHR mengenai masalah dalam urusan payroll perusahaan anda.

Tunggu apalagi, jika Anda membutuhkan payroll outsourcing Indonesia yang dapat diandalkan, Hubungi LinovHR sekarang juga dan nikmati mudahnya mengatur payroll perusahaan dengan LinovHR.
Nama

Android,23,Apps,22,Asus,2,Education,9,Entertainment,3,Featured,11,Film,12,Gadget,11,Inspirasi,47,Internet,28,Kesehatan,7,Lirik Lagu,2,Politik,2,Post Pertama,1,Quotes,26,Roman Picisan,6,Trik Whatsapp,4,Xiaomi,2,Youtube,5,
ltr
item
SAMLIKE: Orientasi dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru
Orientasi dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru
Artikel ini menjelaskan proses pelatihan karyawan baru serta jobdesk HRD dalam menyeleksi karyawan baru.
https://cdn.staticaly.com/img/1.bp.blogspot.com/-M-mYjEiAsVY/XCse8w6K72I/AAAAAAAAEgo/4_h3LHLp2dAC7w7h9RreCkEloLDqnGyYQCLcBGAs/s1600/LinovHR.jpg
SAMLIKE
https://www.samlike.net/2019/01/orientasi-dan-pelatihan-bagi-karyawan-baru.html
https://www.samlike.net/
https://www.samlike.net/
https://www.samlike.net/2019/01/orientasi-dan-pelatihan-bagi-karyawan-baru.html
true
3627738293097200992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy