[ADS] Top Ads

Orientasi dan Pelatihan Bagi Karyawan Baru

samlike.net - Tentunya Anda tidak ingin sia-sia proses perekrutan karyawan baru yang lama dan cukup mahal. Setelah memilih karyawan, tapi karyawan Anda tidak tahu apa yang harus diperbuat dan dikerjakan tentu kinerja perusahaan akan berkurang karena tidak bekerja secara efektif. Maka perlu melakukan orientasi dan pelatihan bagi karyawan baru. Orientasi merupakan proses yang menyediakan karyawan baru informasi-informasi yang harus diketahui oleh karyawan, terutama latar belakang perusahaan, sehingga mampu meningkatkan motivasi bekerja karyawan baru pada perusahaan.

Berikut 3 Tujuan Orientasi Karyawan Baru:

  1. Membuat karyawan merasa diterima dan menjadi bagian dari tim di perusahaan.
  2. Membantu karyawan memulai bersosialisasi dalam perusahaan.
  3. Membantu karyawan mengerti organisasi secara luas seperti visi, misi, value dan kultur perusahaan.

Perusahaan yang melakukan orientasi akan memberikan informasi tentang benefit karyawan, rutinitas karyawan sehari-hari, kebijakan perusahaan, struktur organisasi, tur keliling kantor sebagai fasilitas untuk berkenalan dengan rekan kerja selama orientasi.

Setelah orientasi, maka dimulai pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan merupakan proses peningkatan skill yang dibutuhkan karyawan baru maupun karyawan lama untuk bekerja. Pelatihan harus diberikan sesuai kompetensi karyawan dalam menjalankan strategi perusahaan. Pelatihan dapat mempengaruhi kinerja karyawan, yang bahkan dapat melebihi feedback dan penilaian yang diberikan perusahaan kepada karyawan.

Berikut 5 Proses Pelatihan Karyawan Baru:

  1. Analysis
    HR harus menganalisis kebutuhan pelatihan sesuai dengan kompetensi dan kemampuan karyawan. Maka perlu dibuat pelatihan untuk rencana strategis (jangka panjang) atau rencana saat ini (current).
  2. Design
    Dalam tahap ini, HR harus merencanakan program pelatihan secara menyeluruh, berupa metode penyampaian, objektif, dan evaluasi program yang akan dijalankan.
  3. Develop
    Tahap ini artinya membuat arahan atau instruksi. Diperlukan membuat konten dan materi program pelatihan, mendesain bagaimana metode instruksional yang spesifik, memikirkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan selama pelatihan berlangsung.
  4. Implementation
    HR harus selalu mengembangkan prosedur untuk melatih fasilitator dan karyawan. Prosedur fasilitator berupa kurikulum pelatihan, metode pelatihan yang digunakan, dan system pengujian. Prosedur karyawan berupa persiapan karyawan saat menggunakan alat pelatihan selama pelatihan berlangsung.
  5. Evaluation
    Ini merupakan tahap penting bagi HR karena dapat melihat bagaimana hasil dari pelatihan yang diberikan pada karyawan. Mengukur hasilnya dengan dua cara yaitu:
    • Time series
      Perbandingan performa karyawan sebelum dan sesudah program pelatihan.
    • Controlled experimentation
      Perbandingan performa karyawan yang sudah mendapat program pelatihan dan karyawan yang tidak mendapat program pelatihan.

Orientasi pada saat masuk kerja bagi karyawan baru sangat penting agar dapat mengarahkan diri untuk beradaptasi dan mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Program pelatihan dapat mendorong karyawan mengasah kemampuan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tentunya hal ini akan membuat Tim HR anda semakin sibuk dengan tugas baru mengorientasi karyawan, untuk memudahkan tim hr dalam menjalankan tugas lain seperti payroll karyawan anda dapat menggunakan online payroll outsourcing Indonesia terbaik saat ini yaitu LinovHR.

LinovHR adalah payroll outsourcing Indonesia yang akan menyederhanakan tugas tim HR untuk mengatur urusan payroll perusahaan. Dengan begitu tim HR dapat lebih mudah menyeleksi dan menemukan karyawan terbaik dan keuangan perusahaan dapat dikelola secara otomatis. Selain itu anda dapat berkonsultasi terhadap tim expert LinovHR mengenai masalah dalam urusan payroll perusahaan anda.

Tunggu apalagi, jika Anda membutuhkan payroll outsourcing Indonesia yang dapat diandalkan, Hubungi LinovHR sekarang juga dan nikmati mudahnya mengatur payroll perusahaan dengan LinovHR.
Show Comments