samlike.net - Backpacker sudah menjadi budaya bagi bagi para pecinta traveling di seluruh dunia. Bagaimana tidak, liburan dengan cara yang berbeda ini menawarkan pengalaman yang unik dan luar biasa, apalagi identik dengan hemat dan banyak hal yang unpredictable.

Kegiatan backpacking di Indonesia sendiri sangatlah populer, bahkan sudah banyak backpacker asal Indonesia yang berhasil menjelajahi negara-negara di Asia hingga Eropa. Yang menarik adalah dengan budget yang minim tapi bisa keliling dunia, makanya tak heran banyak orang berbondong-bondong mencoba traveling ala backpacker.
tips backpacker, pemula,
Setelah saya baca-baca dan cari referensi, akhirnya saya merangkum beberapa poin apa saja sih yang biasa seorang backpacker persiapkan sebelum mencoba liburan murah tapi kaya manfaat.

Tips backpacker #1 - Apa yang harus dipersiapkan

1. Keyakinan pada diri sendiri kalau bisa kita melakukannya
Backpacking itu bukan traveling biasa. Backpacking yang benar-benar backpacking itu lebih beresiko daripada traveling biasa, karena pasti mengutamakan irit terutama soal uang. Kita tidak akan tahu kapan uang kita habis, kecuali dengan planning yang matang.

Dan kita tidak akan tahu kita akan apes kapan, karena ketika backpacking itu bisa jadi kita akan menemukan banyak rintangan yang tidak terprediksi. Selain itu, seorang backpacker juga harus siap tahan banting dan ambil resiko kalau-kalau misalnya terpaksa harus tidur di tempat umum dan bukan di penginapan.

2. Survey Lokasi Liburan
Silahkan browsing terlebih dahulu tempat-tempat wisata yang ingin anda kunjungi. Jangan cuma lihat gambarnya saja, tapi lihat juga testimoni dan kolom komentarnya. Bagaimana penilaian orang-orang tentang seberapa keren tempat wisata tujuan anda, ini akan memberikan gambaran agar lebih sesuai dengan ekspektasi.

2. Tentukan budget yang akan dikeluarkan
Tetapkan budget pengeluaran misalnya maksimal 3 juta. Dengan begitu akan memudahkan anda untuk mengontrol keuangan selama liburan, mulai dari pergi hingga pulang lagi.

3. Susun rencana liburan
Walaupun backpacker terkesan santai, tapi tetap butuh yang namanya itinerary supaya liburan lebih lancar dan menyenangkan. Buatlah daftar tempat-tempat mana saja yang akan dikunjungi hingga menyiapkan rute perjalanan demi meminimalisir over budget atau kehilangan waktu saat liburan.

4. Berburu tiket pesawat atau transportasi lainnya
Ini termasuk salah satu yang penting karena bersaing dengan banyak orang. Usahakan pesan tiket dari jauh-jauh hari dan hindari tanggal-tanggal merah. Kalau anda berencana liburan 1 minggu, anda bisa menyiasatinya dengan berangkat pada hari kamis dan pulang hari selasa.

Jadi selain dapat harga miring dan tidak takut kehabisan tiket, anda juga tetap bisa menikmati suasana weekend di tempat wisata sebagai backpacker.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Tersembunyi Paling Seru di Medan

5. Cari penginapan atau tidur dimana saja
Harga sewa penginapan yang terjangkau tentu pilihan utama. Mulai hostel, hotel kapsul hingga sewa kamar di rumah penduduk setempat bisa menjadi pertimbangan, bila ingin tidur dengan nyaman.

Kalau anda backpacking bersama beberapa teman itu akan lebih baik, sehingga uang sewa penginapan bisa dibagi rata.

Tapi backpacker harus tahan banting, kalaupun suatu saat misalnya semua penginapan penuh atau tidak ada yang on budget, tidak perlu khawatir karena anda bisa memanfaatkan benda atau orang-orang yang ada di poin-poin selanjutnya.


Tips backpacker #2 - Barang yang biasanya dibawa backpacker

1. Tas ransel/carrier - Daripada bawa koper, akan lebih nyaman menggunakan ransel tentunya.

2. Pakaian - Untuk meminimalisir pegal-pegal, anda tidak perlu bawa pakaian banyak-banyak. Karena salah satu kegiatan seru seorang backpacker adalah mencuci pakaian di tengah petualangannya.

3. Obat - Bawa obat untuk mengakomodir gangguan yang biasa muncul seperti sakit kepala, sakit perut, mabuk perjalanan atau hansaplast untuk luka ringan.

4. Sleeping bag - Karena kita tidak tahu seberapa irit kita, dan seberapa apes kita. Ketika diharuskan tidur di sembarang tempat, ini berguna banget.

5. Buku catatan - Jangan bergantung pada GPS smartphone, kita tidak tahu tempat mana saja yang masih terjangkau sinyal operator. Nanti, buku catatan ini berguna untuk menulis informasi penting, terutama alamat-alamat sekaligus cara menuju ke alamat tersebut.

Fungsi lain dari buku catatan selain mencatat detil pengeluaran per harinya selama liburan, bisa juga digunakan untuk menggambar denah rute seperti rute di surat-surat undangan pernikahan agar lebih mudah.

6. Sling bag/Tas selempang - Kalau ransel lebih kepada membawa barang berat yang nantinya disimpan di penginapan. Tas selempang ini lebih efisien untuk membawa benda yang sering di gunakan/dikeluarkan. Barang-barang kecil dan penting, seperti kartu identitas, ATM, uang dan lainnya.

7. Kartu identitas dan uang - Simpanlah uang di beberapa tempat yang berbeda


Tips backpacker #3. - Manfaat Backpacker-an

  1. Keterbatasan di tempat asing akan membuat kita menjadi lebih bijaksana mengatur keuangan dan waktu nantinya.
  2. Melatih keberanian, berani mendatangi tempat asing, berani berbaur dengan orang baru, berani mengambil resiko.
  3. Mandiri dan mengasah kreativitas,
  4. Networking semakin luas, kemungkinan kita akan bertemu dengan teman-teman backpacker dalam dan luar negeri. Siapa tau bisa kolaborasi kedepannya.
  5. Menghargai proses, kita akan menikmati setiap momen yang kita lewati.
  6. Bersungguh sungguh
  7. Lebih peduli sesama
  8. Apa lagi ya..


Tips backpacker #4 - Situs populer di kalangan backpacker

  • Couchsurfing.com - Untuk menjawab poin di atas, ini ada situs yang akan mempertumakan anda dengan host yang telah terdaftar yang bersedia menawarkan akomodasi gratis semacam penginapan gratis di rumahnya.
  • TripIt.com - Nah kalau situs ini berfungsi sebaga daily itinerary untuk membantu anda menyusun rencana petualangan anda dari hari ke hari.
  • Goatsontheroad.com
  • Backpackerforever.com
  • Trails.com
  • Kaskus.co.id
  • Backpackerindonesia.com


***
Anda bisa memanfaatkan forum online untuk mendiskusikan perjalanan anda, syukur-syukur kalau dapat teman perjalanan, biar perjalanan makin asik. Saya juga ingin backpacker-an tapi waktunya belum pas. Semoga tips backpacker untuk pemula ini bisa menambah referensi anda.

Ayo share suka duka yang paling berkesan ketika backpacker-an di kolom komentar ya.