samlike.net - Wow kali ini Saykoji menciptakan lagu bertema politik yang mewakili pikiran gue banget yang berjudul Propaganda. Lirik lagu Propaganda ini mewakili keresahan yang gue rasain terhadap ekosistem sosmed di Indonesia, yang notabene cepet banget dalam menyebarkan sesuatu dan kadang lupa itu hoax atau fakta.
Lirik Lagu Propaganda - Saykoji

INGIN BERKUASA
TAPI LUPA TUK MENGABDI
KEJAR SUARA
TANPA VISI YANG BERARTI
ASAL BALIK MODAL
POLITIK DISELAMI
ABAIKAN BANGSA
HANYA HASRAT MENEMANI

KUMPULKAN SUARA
BENTUK SUDUT PANDANG
KALAU KATA LAZE
JAWARA SUDUT KANDANG
HAMPIRI POLITIK
KARENA BUTUH KACANG
ORANG APA MONYET?
JANGAN DULU DATANG

TEPATI JANJI KAMPANYE
MEMANG TAK MUDAH
BELAJAR DARI PENGALAMAN
YANG SUDAH
SANTUN DI KAMPANYE,
PAS MENANG SUKA SUKA
JELI ANGKAT ISU,
PAS MENANG UDAH BUTA

HAH, 
TUNJUKAN SIAPA DI DULUKAN
RAKYAT
ATAU AMANKAN KEDUDUKAN
KORUPSI SEAKAN
HANYALAH SILAP BELAKA
INI CELAKA MEREKA
MENANG BANYAK PETAKA

HOAX
MAKES GREAT PROPAGANDA
ASAL ADA CELAH
PASTI MASUK
KE AGENDA

LAMA-LAMA
SULIT DIBANTAH
PIKIR-PIKIR LAGI
HARUS GIMANA

HOAX MAKES
GREAT PROPAGANDA

ASAL ADA CELAH
PASTI MASUK
KE AGENDA

LAMA-LAMA
SULIT DIBANTAH
PIKIR-PIKIR LAGI
HARUS GIMANA

ULANG ULANG KEBOHONGAN
BISA JADI FAKTA
INI REALITA, JUJUR
MEMANG F@#KED UP
GUE JARANG MENGUMPAT
TAPI INI MEMANG NYATA
HOAX YANG MASIF
BISA KALAHKAN DATA

CREDIBILITY IS KING,
AND THE TRUTH WILL ALWAYS WIN
HIDUP TAK SEMANIS ITU,
I DON'T KNOW WHERE TO BEGIN
DI JAMAN SOSMED
REALITAS PUN RELATIF
HAL POSITIF BISA DI
TWIST YANG NEGATIF

YEAH, INI BUKAN
OMONG KOSONG
BERTEBARAN BROADCAST
TANPA KONTEKS JADI KOPONG
PASUKAN PENYEBAR HOAX
SIAP KOKANG SELONGSONG
TUNGGU ABA ABA,
YANG KOMANDO MENEROPONG

ITU, SERANG YANG BERSUARA
ANGKAT ISU NEGATIF
SUPAYA MENGUDARA
PATAHKAN DENGAN
DIBULLY BERTUBI TUBI
BIKIN MEREKA MALAS
PAPARKAN BUKTI-BUKTI

HOAX MAKES
GREAT PROPAGANDA

ASAL ADA CELAH
PASTI MASUK
KE AGENDA

LAMA-LAMA
SULIT DIBANTAH
PIKIR-PIKIR LAGI
HARUS GIMANA

HOAX MAKES
GREAT PROPAGANDA

ASAL ADA CELAH
PASTI MASUK
KE AGENDA

LAMA-LAMA
SULIT DIBANTAH
PIKIR-PIKIR LAGI
HARUS GIMANA

JUJUR SAJA, KITA
BISA TEBAR KEBOHONGAN
KALAU EMOSI
LEBIH MUDAH KECOLONGAN
HATI PANAS TRASA
GATAL DI KERONGKONGAN
LANGSUNG BACOT
SEPANJANG TEROWONGAN

CEPAT TUK MENDENGAR,
LAMBAT BERKATA-KATA
SIGAP CARI ARTI,
ULANG MEMBACA-BACA
KEBOHONGAN ITU
PASTI BISA DIKENALI
TANPA SUMBER YANG KREDIBEL
TETAP TAHAN JEMARI

USAHLAH EMOSI
KARENA BUZZER POLI-TIK
MEREKA DAPAT PESANAN
PELAKU POLI-TRICKS
SEMUA DATA BERITA
BISA DICARI SENDIRI
MANUSIA INDONESIA
MENTAL CERDAS BERDIRI

SOAL DRAMA YOUTUBE
CEPATNYA MINTA AMPUN
MAKI MAKI PASTI PASTI
JUSTRU JADI RACUN
TAPI CARI INFORMASI
FAKTA FAKTA DATA DATA
KAYA RAPPER MUMBLE
CUMA HATATA BATATA

HOAX MAKES
GREAT PROPAGANDA

ASAL ADA CELAH
PASTI MASUK
KE AGENDA

LAMA-LAMA
SULIT DIBANTAH
PIKIR-PIKIR LAGI
HARUS GIMANA

HOAX MAKES
GREAT PROPAGANDA

ASAL ADA CELAH
PASTI MASUK
KE AGENDA

LAMA-LAMA
SULIT DIBANTAH
PIKIR-PIKIR LAGI
HARUS GIMANA

Lirik Lagu Propaganda - Saykoji


***
Waktu gue liat judulnya gue langsung tertarik buat dengerin. Dan bener aja, lirik lagu propaganda ini sangat mewakili keresahan gue selama ini, related banget sama keadaan di dunia maya jaman sekarang.

Hoax makes great propaganda, ini yang paling gue setujuin. Politik sekarang bener-bener manfaatin kekuatan sosmed sebagai sarana cari suara dengan berbagai cara. Salah satunya dengan cara yang alay banget, pake nyebar-nyebar berita/ informasi yang gak jelas asal usulnya.

Dan masalahnya banyak pengguna sosmed yang belum cukup dewasa dalam memilah dan memilih mana fakta mana yang bukan, jadi asal telan aja mentah-mentah.

Bahkan, grup-grup regional juga ikut jadi sasaran kampanye hitam. Dan berikut poin-poin dari lirik lagu Propaganda by Saykoji yang menurut gue joss banget.

1. Ingin berkuasa tapi lupa tuk mengabdi
Seorang calon pemimpin harusnya memberikan contoh kepada pengikutnya. Bukan membiarkan pengikutnya membuat dan menyebarkan berita kosong ke publik yang akhirnya menggiring opini publik untuk membenci orang lain.

2. Kejar suara tanpa visi yang berarti, hasrat menemani
Cari suara sana-sini hingga lupa menggunakan etika. Yang bikin jadi pertanyaan gue itu, kenapa calon pemimpin itu tidak menunjukan prestasi-prestasinya untuk dapat dukungan(?). Tapi malah menjelekan lawan. haha konyol

3. Masih banyak sih, tapi gue pengen denger suara hati lo di kolom komentar.. Peace!