samlike.net - Mau jadi entrepreneur muda yang sukses? Baca sampai habis. Karena sebetulnya kita itu diberi kemudahan dengan bisa mempelajari pengalaman-pengalaman entrepreneur yang lebih dulu sukses.

Melanjutkan tulisan saya kemarin dengan judul Serius! 8 Slogan Iklan Perusahaan Besar Ini Akan Mengubah Hidup Anda, kali ini saya akan membahas salah satu faktor internal yang bisa mengantarkan kita menuju kesuksesan dalam berwirausaha.

Tidak sedikit dari entrepreneur-entrepreneur muda yang tumbang di medan pertempuran, mungkin karena malas atau mungkin lupa menerapkan hal-hal wajib yang harusnya dimiliki seorang pebisnis.

Karakter..

Karakter bukanlah pembawaan sejak lahir. Karakter itu bisa diubah melalui pengalaman diri sendiri maupun orang lain, sehingga bisa tumbuh dan berkembang.
Entrepreneur muda yang sukses
Bermula dari diri sendiri, pembawaan karakter ini akan menentukan apakah kita layak menyandang predikat entrepreneur muda yang sukses atau tidak.

Dan berikut 7 karakter yang saya pelajari dari cerita-cerita entrepreneur yang sudah sukses, pokoknya supaya bisnisnya bisa everlasting juga.

1. Entrepreneur muda harus berani

Entrepreneur itu harus berani keluar dari zona nyaman. Berani menantang dirinya agar segera memulai aksi, yang berarti tidak malu saat merealisasikan ide bisnisnya dari 0.

Ketika kita berani untuk sukses berarti kita juga harus berani juga menghadapi resiko kegagalan yang mungkin terjadi. Berbeda dengan kerja kantoran, dalam bisnis kita harus optimis walau tidak ada jaminan kita akan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan.

2. Mau sukses itu harus tekun

Ternyata, kunci sukses itu bukan siapa terpintar atau terkuat, tapi siapa yang usahanya lebih tekun daripada yang lain. Entrepreneur muda dituntut memiliki kemauan yang keras dan pantang menyerah, serta melakukan dengan sepenuh hati.

Dengan kemauan keras untuk sukses, kita akan selalu terpacu untuk terus berusaha mewujudkan mimpinya. Jadi ketika kita menghadapi rintangan kecil maupun besar yang coba menjatuhkan bisnis kita, kita tidak serta merta menjatuhkan tekad kita.

Bahkan jangan juga mundur karena penolakan. Bukan berarti produk kita jelek, tapi mungkin target pasar kita saja yang belum pas.

3. Selain tekun, juga harus pandai bersyukur

Yang saya lihat dari entrepreneur sukses itu, mereka sanga pandai dalam bersyukur. Mereka selalu mensyukuri seberapapun yang mereka dapatkan. Cara bersyukur yang paling menonjol dari pebisnis ialah dengan terus berjuang walalupun dalam keterbatasan.

4. Berani saja tidak cukup, tapi perlu kedewasaan

Tidak peduli berapa umur anda, tapi kita harus melengkapi keberanian dengan kedewasaan yang tinggi pula. Karena kedewasaan mampu menghindarkan bisnis kita terjatuh ke dalam lubang kehancuran.

Dengan kedewasaan pula, kita bisa belajar menerima segala kritik dan saran lalu mengolahnya untuk menyempurnakan bisnis kita.

Selain itu, anda juga bisa memiliki pikiran yang tenang sehingga bisa bermain logika dan intuisi lebih baik lagi.

5. Jujur untuk membangun kepercayaan

Mahalnya nilai kejujuran, menjadikannya sebagai cara yang tepat dalam berbisnis. Mereka yang sukses dan bertahan lama biasanya jujur saat mendeskripsikan produknya. Sehingga mereka mendapat kepercayaan dari masyarakat dan para kolega. Lalu terbentuklah lingkaran bisnis yang kuat yang saling percaya dan tidak saling merugikan.

6. Kecerdasan emosional meningkatkan peluang sukses hingga 90%

Inilah mengapa banyak entrepreneur sukses padahal sebagian dari mereka justru tidak lulus pendidikan formal dengan baik. Karena kecerdasan emosional lebih baik dalam berbisnis, mereka mampu menerima, mengelola, serta mengontrol semua emosi yang dimilikinya dan orang di sekitarnya.

Dengan itu mereka pandai melihat situasi dan kondisi untuk bisa bersaing di dunia bisnis yang ketat. Selain itu mereka juga terus mengembangkan kreatifitasnya agar bisa terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman, dengan begitu peluang sukses akan lebih terbuka hingga 90%.

7. Entrepreneur muda harus disiplin!

Entrepreneur itu menjadi bos bagi dirinya sendiri. Oleh karena itu kita harus bisa disiplin dengan aturan yang telah dibuat oleh diri sendiri. Seperti disiplin dalam menejemen waktu, keuangan dan lain-lain.

Karena rata-rata mereka yang sukses itu pasti sudah mengorbankan pikiran, tenaga dan waktu luangnya untuk fokus menggenjot bisnis agar segerar sukses. Dan itu terbayarkan!

***
Dan itulah 7 Karakter Yang Harus Dimiliki Entrepreneur Muda Yang Ingin Sukses. Poin-poin itulah yang saya pelajari berdasarkan pengamatan saya. Untuk melatih kedewasaan saya, saya persilahkan bagi anda yang ingin memberi tambahan, kritik dan saran yang membangun, silahkan tulis di kolom komentar.