samlike.net - Apakah anda termasuk orang yang rajin melatih otot anda? Jika iya, berarti anda berada di tempat yang tepat. Untuk memaksimalkan potensi otot pada tubuh anda, saya sarankan untuk memahami fakta-fakta otot manusia di bawah ini.

Karena otot menjadi bagian tubuh yang biasanya diharapkan untuk tumbuh menjadi lebih besar dan kuat dengan melakukan latihan fisik. Dan berikut informasinya supaya latihan anda lebih maksimal.
Fakta otot manusia

1. Otot juga memiliki IQ

Fakta otot yang pertama agak aneh tapi ternyata selama ini otot dan otak itu saling berkomunikasi dan berhubungan, sehingga para psikolog menyebutnya dengan Sycronous Activation. Misalnya saat anda melakukan tendangan saat latihan Kick Boxing, secara otomatis otot akan mengirimkan sinyal pada sel saraf otak dan memberitahu otot-otot di lengan, punggung dan kaki untuk melakukan kontraksi.

Dengan komunikasi antara otot dan otak ini, gerakan anda akan jadi lebih terkordinasi dengan baik.

Sedangkan otot-otot tubuh yang tidak pernah dilatih juga akan memberi sinyal kepada otak dan saraf, bahwa bagian tubuh ini tidak terorganisasi dengan baik.

Dalam jangka waktu lama, hubungan otot dan otak bisa melemah dimana otak jadi tidak punya daya untuk memerintahkan otot melakukan pekerjaan berat/kuat. Dan untuk mendapatkan kembali koneksi itu, salah satu latihan yang disarankan adalah dengan metode Bar Method (Peregangan Low Intens).

Contoh latihannya adalah mengangkat dumble dengan menggunakan postur tubuh tegak dan setengah jongkok. Selain membentuk otot, latihan ini juga berguna untuk memperbaiki postur tubuh dan cocok dilakukan oleh wanita.

2. Siapa lebih kuat, otot pria atau wanita?

Secara umum, pria memang lebih kuat dibandingkan wanita. Salah satu faktor utamanya adalah faktor genetis, otot pria lebih banyak dan lebih besar dari wanita. Secara total, otot wanita hanya 2/3 jumlahnya dari pria.

Tapi jika seorang wanita melakukan latihan yang intensitasnya sama dengan pria, otot mereka juga bisa menjadi sekuat para pria.

Tapi perlu diingat, otot wanita cenderung lebih kuat di bagian bawah tubuh ketimbang bagian atas.

Jadi para wanita pun tak perlu memaksakan diri untuk memiliki otot tubuh atas yang sekuat pria karena tubuh serta otot wanita diciptakan dengan tujuan yang berbeda dari pria.

Kelebihan desain tubuh pria memang diperuntukan agar bisa melakukan pekerjaan berat seperti mengangkat tumpukan batu bata, sementara desain tubuh wanita lebih maksimal melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan flesibilitas, koordinasi dan keseimbangan.

Nah setelah tahu perbedaan mendasar otot tubuh pria dan wanita, anda jadi bisa merancang latihan berbeda yang lebih maksimal untuk dilakukan tubuh anda ya.

Baca juga: 5 Manfaat Madu Untuk Wajah, Bibir, Jerawat dan Rambut

3. Bagian otot yang paling suka tumbuh

Tahukah anda, otot yang terletak di bagian belakang tubuh ternyata merupakan otot-otot yang paling kuat dan besar. Makanya jika sedang berolahraga jangan lupakan untuk membentuk bagian ini, ada Latissimus Dorsi yaitu otot terbesar area dada, trisep yang terletak di bagian lengan dan Gluteus maximus yaitu otot penggerak kaki.

Untuk para wanita, area pundak adalah bagian otot yang paling gampang tumbuh. Di Deltoid muscle ini hanya ada sedikit lemak saja maka otot akan lebih mudah tumbuh.

Ketika wanita melatih otot ini, pundak pun akan melebar sehingga disaat yang sama penggul akan terlihat lebih kecil.

4. Fakta Otot Manusia, Terluka malah baik

Tujuan utama saat berolahraga biasanya untuk mendapatkan massa otot yang lebih besar. Tapi apakah anda tahu bagaimana otot bisa jadi lebih kuat? Ternyata caranya adalah dengan membuat luka kepada otot dengan sengaja.

Tenang saja, luka ini tidak akan membuat tubuh anda sakit atau berdarah. Jadi prosesnya ketika kita berolahraga, serat-serat kecil di otot kita menghasilkan luka super kecil alias Micro Tears.

Luka ini akan sembuh dengan sendirinya, bahkan membentuk otot baru yang lebih kuat dari sebelumnya.

Semakin intens dan berat latihan yang dilakukan, misalnya mengangkat barble yang lebih berat, semakin banyak Micro Tears yang dihasilkan. Dengan begitu otot-otot yang dipaksa menyembuhkan diri juga semakin banyak.

Tak perlu khawatir jika 24 sampai 48 jam setelah berolahraga tubuh anda malah jadi pegal-pegal. Itu pertanda otot-otot sedang melakukan pemulihan. Hasilnya semakin lama otot yang anda latih juga akan menjadi lebih besar.

Perbedaan massa otot ini akan dapat anda rasakan setelah seminggu melakukan latihan.

5. Otot Tumbuh Ketika Tidur

Inilah mengapa hampir sebagian besar trainer tidak lupa menyarankan agar pesertanya membuat jadwal tidur yang cukup.

Ketika anda rileks dalam tidur, saat itulah aliran darah akan mengalir mengisi otot-otot anda dengan baik. Selain itu, waktu tidur akan memicu hormon tubuh agar melepaskan pengembangan otot sekaligus memperbaiki jaringan otot yang rusak akibat olaharga.

6. Membentuk Otot Itu 2x Lebih Cepat

Fakta otot manusia yang ini memang mencengangkan. Ternyata membentuk otot manusia itu 2x lebih cepat dibandingkan saat anda ingin menghilangkannya.

Dan sebuah studi majalah Fitness menggambarkan begini, jika anda melakukan latihan beban selama 2 bulan dan meningkatkan 47% massa otot. Lalu misalnya tiba-tiba anda malas latihan dan memilih berantai selama 2 bulan kedepan, itu hanya akan menghilangkan sekitar 23% atau setengahnya dari persentase otot yang sudah anda bentuk sebelumnya.

7. Mulai 35% Massa Tubuh Adalah Otot


  • Otot Rangka: Otot yang menempel pada tulang yang berfungsi memfasilitasi pergerakan kerangka tubuh kita.
  • Otot Polos: Otot yang terdapat pada dinding organ berongga seperti perut dan kerongkongan. Otot ini berfungsi mengendalikan organ internal, misalnya, menggerakan makanan esofagus.
  • Otot Jantung: Otot khusus yang berada dibawah kendali saraf otonom. Otot ini akan tahan terhadap terhadap kelelahan jika dipasok sejumlah besar mitokondria, mioglobin dan suplai darah yang baik.

Sekitar 35 hingga 40 persen massa tubuh dikuasai massa otot dan terdapat sekitar 650 lapisan otot yang tersebar pada tubuh manusia. Itu pun tergantung latihan otot yang dijalani, seperti Bruce Lee yang konon katanya hanya memiliki 1% lemak pada tubuhnya. Yang tahu penjelasannya silahkan komentar dibawah.


***
Pegal dan cidera otot merupakan hal yang umum terjadi saat berolahraga, apabila otot anda menemui kendala ketika berolahraga, jangan berhenti, tetap semangat dan percaya diri.

Itulah beberapa fakta otot manusia yang wajib anda ketahui, semoga informasi ini bisa mendukung anda untuk berolahraga dengan lebih tepat sasaran ya. No Pain No Gain.
By