Kesehatan - Beberapa diantara kita pasti setuju bila buah yang satu ini adalah salah satu buah favorit. Rasanya yang manis dan cara mengkonsumsinya yang relatif mudah menjadi beberapa alasan mengapa banyak orang yang menyukai buah mangga.

Belum lagi harganya yang relatif terjangkau dan banyak kandungan gizi yang terdapat dibuah yang biasa disajikan dalam sebuah makanan atau minuman.

Sebagai sajian minuman, biasanya mangga dibuat menjadi jus milkshake ataupun campuran minuman lainnya. Sedangkan untuk campuran makanan, mangga biasanya ada dalam hidangan penutup, mulai dari puding, panna cotta, campuran es krim ataupun campuran cokelat.

Bahkan mangga bisa juga disajikan sebagai salah satu hidangan mahal di salah satu hotel di Sri Lanka. Tak tanggung-tanggun, makanan yang diberi nama "Fortress stilt fisherman indulgence" ini dihargai Rp. 145 juta dan termasuk 10 hidangan penutup paling mahal di dunia.

Selain menjadi favorit di dunia makanan dan minuman, ternyata mangga juga tidak kalah favorit bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Karena buah mangga memiliki banyak manfaat, seperti bisa membuat kulit kita halus, meratakan warna kulit hingga mampu meningkatkan daya ingat otak kita.

Dan berikut adalah manfaat buah mangga bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Manfaat mangga untuk kulit lembut dan bersinar


Mengkonsumsi buah mangga secara teratur, ternyata bisa membuat warna kulit terlihat lebih merata, lebih lembut dan lebih bersinar. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat dan vitamin A yang tinggi dalam buah mangga. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah kusam, mencegah pori-pori terbuka, mengatasi jerawat serta menghaluskan kulit.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah mangga bisa membantu pembukaan kolagen, sehingga membuat kulit anda lebih sehat.

Ditambah lagi kandungan vitamin B3 dan B yang baik bagi kecantikan kulit dan rambut.

Selain mendapatkan manfaat mangga dengan mengkonsumsi, anda juga bisa mendapatkan manfaat mangga dari luar dengan menggunakan masker mangga.

Cara pembuatannya sederhana:
  • Kupas 1 buah mangga dan buang bijinya
  • Potong-potong mangga dan haluskan dengan blender
  • Campurkan mangga dengan 2 sdm bubuk oatmeal, 2 sdm milk cream
  • Aduk rata hingga terlihat seperti adonan butiran agak kasar
  • Masukan ke dalam kulkas selama 10 menit
  • Gunakan sebagai masker ke seluruh permukaan wajah
  • Diamkan 20 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat

2. Manfaat mangga untuk meningkatkan daya ingat


Apakah anda termasuk orang yang pelupa? Jika iya, berarti anda sangat cocok rutin mengkonsumsi buah mangga. Mengapa demikian, karena buah mangga juga bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat.

Buah mangga memiliki kandungan asam glutamin yang cukup memadai. Glutamin sendiri merupakan salah satu jenis asam amino yang diserap otak, dan memiliki manfaat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan memperkuat daya ingat.

Beberapa ahli juga berpendapat, glutamin mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan dianjurkan bagi anda yang pernah menjalani program diet.

Selain glutamin, ada zat lain dalam mangga yang juga bermanfaat bagi kesehatan otak yaitu vitamin B1, kandungan Zinc dan juga vitamin C.

Baca: Manfaat Es Batu, Ampuh Haluskan Kulit dan Mengatasi Jerawat

3. Manfaat mangga untuk kesehatan mata


Buah yang identik untuk menyehatkan mata adalah wortel. Namun taukah anda, ternyata buah mangga juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan bermanfaat untuk menyehatkan mata.

Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin, anda bisa mencegah berbagai penyakit mata. Diantaranya seperti penyakit rabun ayam, pelunakan kornea, kekeringan pada mata, gatal-gatal pada mata dan penyakit lain yang berhubungan dengan mata.

Hal tersebut dikarenakan kandungan pada mangga bisa menutrisi organ mata anda.

Beberapa ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi 1 cangkir berisi potongan buah mangga setia harinya. Karena hal tersebut setara dengan menyediakan 25% kebutuhan harian vitamin A anda.

4. Menfaat mangga penangkal berbagai jenis kanker


Manfaat buah mangga selanjutnya adalah menangkal penyakit yang mematikan di dunia, yaitu sebagai penangkal berbagai jenis kanker. Diantaranya kanker usus besar, kanker payudara, kanker darah putih (leukimia) dan kanker prostat.

Karena buah mangga sendiri mengandung senyawa Fenolik seperti Kuersetin, Isokuersitrin, Astragalin, Fisetin, Asam Galat, Metil Galat serta Enzim yang melimpah.

Senyawa-senyawa itu yang terbukti memiliki sifat antioksidan dan sifat anti kanker.

Buah asal India ini juga kaya akan Pektin, dimana menurut penilitian, Pektin memiliki efek perlindungan terhadap kanker di saluran pencernaan.

***
Masih malas makan mangga? Dan itulah beberapa manfaat mangga untuk kesehatan dan kecantikan, semoga informasi ini bermanfaat dan memacu semangat anda untuk hidup lebih sehat dengan rutin mengkonsumsi buah mangga yang banyak direkomendasikan para ahli di dunia.
By