Kesehatan - Madu merupakan salah satu jenis makanan yang banyak dicari. Rasanya yang khas dan manfaatnya yang sangat banyak, merupakan dasar diburunya cairan kental berasa manis ini. Manfaat madu antara lain bisa membuat kulit menjadi lebih sehat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda bisa langsung mengkonsumsi madu atau mengaplikasikannya pada kulit. Madu mempunyai manfaat besar untuk kecantikan dan keindahan kulit manusia. Buktinya, banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan utamanya.

Namun adakah manfaat madu yang lainnya bagi kulit kita? Berikut kami merangkumnya khusus untuk anda.

1. Manfaat madu untuk kulit wajah


Madu memang sangat bagus untuk merawat kulit wajah. Bagi anda yang memiliki kulit jenis kering, tidak ada salahnya mulai memakai madu sebagai perawatan tambahan. Madu bisa memberikan kelembaban ekstra untuk kulit wajah anda.

Oleskan saja madu ke daerah wajah dan leher untuk mendapatkan tekstur kulit akan lebih halus dan lembut. Anda juga bisa menambahkan bahan alami lain yang bisa meningkatkan kinerja madu dalam memperhalus dan mempercantik wajah.

Jangan lupa, saat mengaplikasikan madu, pastikan kulit dalam keadaan basah. Madu juga bisa mencegah efek penuaan, karena kandungan madu yang bisa menangkal radikal bebas akan membuat kulit terlihat lebih muda.

Selain itu, madu juga bisa dibuat menjadi toner. Caranya, tinggal campurkan lemon (2 sendok teh), madu (2 sendok teh) dan air secukupnya.

Masukan campuran tersebut dalam botol bersih lalu kocok sampai merata.

Untuk menggunakannya, tuangkan beberapa tetes hasil campuran tersebut pada kapas lalu usapkan ke wajah anda.

2. Manfaat madu untuk rambut


Siapa yang tak ingin memiliki rambut yang indah. Dan ternyata, madu memiliki khasiat untuk membuat rambut anda menjadi lebih sehat dan indah. Kandungan vitamin dan mineral dalam madu, mampu membuat rambut menjadi lebih lembut, berkilau sekaligus sehat.

Madu juga bisa membantu mengatasi berbagai masalah dalam rambut. Seperti bagi anda yang mengalami kerontokan, cobalah campuran minyak zaitun panas, madu dan bubuk kayu manis. Sebelum mandi, oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 5-15 menit lalu dibilas.

Selain itu, madu juga bisa berperan sebagai conditioner yang bisa melembabkan rambut. Cobalah campurkan 1/2 gelas madu dan 1/4 gelas minyak zaitun, lalu oleskan pada rambut. Biarkan selama 30 menit, lalu keramaslah sampai bersih.

Campuran minyak zaitun dan madu ini juga bisa menyuburkan rambut anda. Dan jika dicampur dengan air jeruk nipis, madu yang dioleskan dengan tambahan air hangat akan bisa membuat rambut anda berkilau. Cara pakainya seperti saat anda memakai shampo seperti biasa.

3. Manfaat madu untuk bibir


Selanjutnya, madu juga bisa membantu mengatasi masalah kekeringan pada bibir. Untuk yang satu ini, pasti sudah banyak dari anda yang tahu.

Kelembaban bibir akan terjaga ketika anda rutin mengaplikasikan madu pada bibir anda. Sekarang bahkan sudah banyak produk yang dibuat untuk bibir, dengan memakai madu sebagai kandungan utamanya.

Ini akan sangat membantu bagi anda yang jarang minum air putih dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

Madu tidak hanya membuat bibir menjadi lembut, tapi juga memerah.

Bagi anda yang memiliki bibir kering dan pecah-pecah, kami sarankan untuk mencoba cara yang satu ini.

Campurkan 1/2 sendok teh madu dengan 1/2 sendok teh minyak zaitun dan juga 1 sendok teh gula pasir.

Bersihkan bibir anda dahulu, lalu gunakan scrub dari campuran madu dan zaitun tadi ke bibir anda. Biasanya kulit yang mengelupas tidak akan terasa sakit dan akan terangkat dengan mudah. Setelah itu, bilas bibir dengan air bersih.

Atau jika bibir anda baik-baik saja, tetapi anda ingin membuat bibir anda lebih lembut dan merah. Cukup oleskan madu murni ke bibir anda. Lakukanlah hal ini secara rutin sebelum anda tidur.

4. Manfaat madu untuk masker


Banyak sekali produsen kecantikan yang membuat masker madu sebagai salah satu produk mereka. Ini berarti, bahwa madu memiliki khasiat prima untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan muda.

Jika anda tidak tertarik untuk membeli masker madu yang sudah jadi, ada cara alami untuk membuatnya sendiri dan tentu saja sangat mudah.

Bagi anda yang memiliki kulit sensitif, cukup campurkan madu dan beking soda dengan ukuran 1:1. Tambahkan sedikit air agar adonan tersebut lebih cepat cair. Anda juga boleh menambahkan olive oil jika mau.

Jika adonan benar-benar sudah tercampur, oleskanlah ke wajah dengan gerakan yang sirkular.

Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air.

Atau bisa juga membuat masker dari campuran 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pada kulit dan tunggu selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Kayu manis akan membuat darah dan oksigen kembali ke kulit anda dan mengeringkan jerawat.

5. Manfaat madu untuk jerawat


Seperti dikatakan di atas, anda bisa membuat masker dengan ramuan khusus dari madu yang bisa membersihkan wajah dari jerawat. Madu memang memiliki kandungan antibacterial yang ampuh untuk mengatasi permasalahan jerawat.

Ketika kandungan gula yang terdapat pada madu bersinggungan langsung dengan cairan dari luka jerawat, madu akan memproduksi hidrogen peroksida yang ampuh untuk mempercepat proses penyembuhan.

Salah satu produk madu yang direkomendasikan adalah madu manuka dari selandia baru. Madu ini kaya akan kandungan antibacterial yang akan mempercepat proses pertumbuhan.

Jika anda tak sempat membuat adonan untuk masker, anda bisa memilih cara yang sederhana yakni cukup dengan mengoleskan madu pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

Atau anda juga bisa membuat masker tetapi dengan cara yang paling sederhana.

Panaskan madu murni 2-3 sendok di atas api (cukup 15-30 detik). Setelah itu, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu usap menggunakan handuk basah, dan bersihkan muka hingga tidak ada madu yang tersisa.

-
Ternyata madu murni seperti Madu TJ dan Madu Az Zikra memang punya banyak manfaat bagi kulit kita, baik wajah maupun yang lain. Memakai madu merupakan cara alami yang efektif jika anda ingin mendapatkan kulit yang sehat dan indah.
By