Viral - Arang merupakan residu atau ampas hitam berisi karbon tidak murni yang dihasilkan dengan menghilangkan kandungan air dari hewan atau tumbuhan. Pada umumnya arang didapatkan dengan memanaskan kayu, gula, tulang dan benda lainnya.

Arang yang memiliki warna hitam, ringan, rapuh dan menyerupai batu bara ini, terdiri dari 85% sampai 98% karbon dan sisanya adalah abu atau benda kimia lainnya.

Penggunaan arang dalam kehidupan sehari-hari, biasanya sebagai bahan bakar untuk memasak dan belakangan ini banyak digunakan sebagai media seni rupa. Arang pun memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan bahan bakunya. Sebut saja arang kayu, arang tempurung kelapa, briket arang dan sebagainya.

Namun selain beberapa hal tersebut, ternyata arang juga bisa digunakan sebagai bahan makanan yang memiliki khasiat untuk kesehatan dan beberapa hal lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa informasi mengenai serba serbi arang.

1. Manfaat arang untuk Kopi


Saat mengunjungi Yogyakarta, sempatkanlah untuk mencoba Kopi Joss yang banyak ditemukan dijajaran angkringan yang ada di sana. Kota Gudeg memang dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan ragam kulinernya yang lezat, dengan harga yang murah.

Di banyak sisi jalan, kita akan dengan mudah menjumpai berbagai makanan dan minuman, salah satunya adalah Kopi Joss yang merupakan salah satu minuman khas Yogyakarta dan banyak diburu para wisatawan.

Berbeda dengan kopi pada umumnya, kopi ini diburu karena memang terbilang unik dan memiliki ciri khas tersendiri. Kopi Joss dibuat dari kopi bubuk, gula, diseduh dengan air mendidih, lalu ditambahkan dengan arang panas.

Pada saat arang panas dicelupkan inilah akan terdengar bunyi "joss" pada kopi tersebut. Itulah mengapa, minuman ini kemudian dinamakan Kopi Joss.

Waktu yang tepat untuk menikmati kopi yang memiliki cita rasa khas, unik dan sensasi menarik di lidah ini adalah malam hari. Dimana angkringan jajanan mulai beroperasi pukul 5 sore hingga jam 2 dini hari. Sedangkan di akhir pekan, beroperasi hingga pukul 4 dini hari.

Kopi ini berkhasiat menghilangkan penyakit seperti kembung, mules dan obat sakit perut.

Selain rasa dan khasiatnya, Kopi Joss juga memiliki kisaran harga yang sangat terjangkau. Dengan sekitar 5 ribu rupiah saja, kita sudah bisa menikmati nikmatnya kopi ini.

2. Manfaat arang untuk Jus


Berikutnya adalah Jus Arang yang dipercaya sebagai tren diet terbaru. Trend Charcoal Juice ini sedang diminati oleh para selebriti dan blogger kecantikan di dunia. Dikemukakan bahwa jus campuran sayuran dan arang ini, sangat berpengaruh pada kondisi kulit dan merupakan minuman detoks terbaik.

Arang aktif terbuat dari bahan organik yang dibakar. Salah satu yang dianjurkan adalah arang batok kelapa yang memiliki muatan negatif setelah diolah. Dimana muatan negatif inilah yang dapat mengikat racun dalam tubuh.

Arang aktif yang juga disebut sebagai karbon aktif ini sangat berpori dan menyerap. Pakar gizi menyatakan, bahwa arang aman dikonsumsi jika digunakan secara benar tetapi tidak dikonsumsi setiap hari.

Diakhir tahun 2014 lalu, salah satu produk minuman ternama di New York, Amerika Serikat (Juice Generation), mengeluarkan jus dimana arang aktif digunakan sebagai salah satu bahan utama.

Minuman yang dibanderol seharga lebih kurang Rp. 130.000 ini merupakan produk yang paling dicari konsumen.

Manfaat yang ditawarkan Jus Arang ini diantaranya, mulai dari kulit sehat bercahaya, nafas lebih segar serta pencernaan lebih baik.

Berdasarkan penelitian, arang aktif sudah digunakan berabad-abad lamanya dalam bentuk biskuit dan suplemen untuk mengatasi masalah pencernaan. Namun hanya sedikit penelitian yang mendukung penggunaannya pada manusia selama jangka waktu panjang.

Baca: Luar Biasa! Manfaat Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Manfaat arang untuk Es Krim


Selanjutnya adalah es krim yang menggunakan bahan dasar cairan karbon aktif atau arang. Adalah Ron's Laboratory yang memiliki menu ini sebagai bentuk inovasi menu yang mereka hasilkan. Gerai es krim yang terdapat di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta ini mengangkat konsep "Gastronomi Molekuler" yang merupakan istilah untuk proses pengolahan bahan pangan dengan zat kimia.

Di sini kita bisa menikmati Gelato yang dibekukan dengan liquid Nitrogen. Dengan suhu ekstrim, Gelato ini diproses sekitar 2-3 menit sebelum disajikan kepada para pelanggan.

Menu yang diberi nama "Black On Black" ini hadir dengan tampilan yang unik. Es krim berwarna hitam hampir ke abu-abuan ini tampil bersama 2 buah keping cookies yang ditancapkan di atas es krim, membuat penampilannya nampak seperti Mickey Mouse.

Menu yang dikeluarkan diakhir tahun 2014 lalu ini menggunakan karbon aktif atau arang sebagai salah satu komponen utama dalam pembuatannya. Arang aktif inilah yang membuat warna es krim tersebut hitam ke abu-abuan. Dikatakan bahwa es krim ini memiliki sensasi rasa yang unik dan pas di lidah.

4. Manfaat arang untuk Setrika


Seperti yang kita ketahui setrika merupakan alat yang berfungsi untuk baju licin dan rapi. Alat ini biasanya digunakan untuk menghilangkan kerutan pada pakaian dengan alat yang dipanaskan.

Saat ini setrika kebanyakan dibuat dari alumunium dan baja tahan karat dengan sumber panas dari listrik. Di dalam setrika terdapat bagian yang berfungsi mengendalikan suhu, selain itu beberapa setrika modern juga dapat mengubah air menjadi uap air untuk membasahi pakaian.

Namun sebelum setrika-setrika tersebut muncul, jaman dulu sempat digunakan setrika yang menggunakan arang membara sebagai sumber panas. Sebagian masyarakat kita pasti pernah menggunakan alat ini.

Setrika terbuat dari besi atau kuningan, memiliki ukuran 2x lipat dari ukurang setrika listrik yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga saat ini.

Arang yang digunakan dalam setrika ini terbuat dari arang batok kelapa atau arang pohon-pohon yang biasa dijual secara umum.

Cara menggunakannya hampir sama dengan setrika yang kita gunakan saat ini, hanya saja untuk menjadikan setrika panas, arang terlebih dahulu dibakar di luar setrika. Setelah mejadi bara, kemudian arang tersebut dimasukan ke dalam setrika.

Setrika arang sebenarnya memiliki keistimewaan tersendiri untuk digunakan dalam menyetrika pakaian, meskipun tentu saja kurang praktis.

Beberapa keistimewaan  tersebut diantaranya adalah menghemat listrik, hasil pakaian yang disetrika akan lebih wangi serta lebih licin.

Namun dalam penggunaannya kita harus lebih berhati-hati, hal ini dikarenakan kita sulit untuk mengatur tingkat kepanasannya. Dan salah satu cara untuk mengatur tingkat panasnya adalah dengan menyetrika terlebih dahulu ke permukaan daun pisang sebelum menyetrika langsung ke permukaan kain atau pakaian.

5. Manfaat arang untuk gigi putih alami


Manfaat lain yang kita dapatkan dari arang adalah untuk memutihkan gigi secara alami. Arang kayu atau abu batu bara, dapat membantu dalam proses pemutihan gigi. Abu kayu memiliki Kalium Hidroksida yang berfungsi sebagai komponen yang membantu dalam pemutihan gigi.

Untuk mengaplikasikannya, kita dapat menggunakannya langsung untuk pengganti pasta gigi dengan arang kayu yang telah dihaluskan dan menyikatnya.

Cara lain yang dapat kita lakukan yaitu menggabungkan dengan pasta gigi dan sikat gigi. Namun perlu diperhatikan bahwa kita harus berhati-hati dalam memakai arang kayu, karena penggunaan secara berlebihan justru dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi, lakukan sewajarnya saja. Cara ini merupakan salah satu cara tradisional warisan leluhur yang hampir terlupakan.

***
Dan itulah informasi yang dapat kami sajikan mengenai manfaat arang. Jika tulisan ini dirasa bermanfaat, Jadilah orang pertama yang menekan ikon sosial media (di bawah) yang paling sering anda gunakan.
By