Inspirasi - Menciptakan sebuah karya dan dikenang hingga kini tentu menjadi kebanggaan bagi sang penemu yang pastinya tegolong jenius. Begitu banyak penemuan yang bermanfaat hingga saat ini yang lahir dari ketidaksengajaan ataupun riset yang bertahun-tahun.

Namun ada pula penemuan yang disesali penemunya, mengapa demikian. Lantas penemuan apa sajakah yang awalnya diciptakan demi sebuah niat baik.

1. Robert Propst, Penemu Kubikel Kantor


Robert Propst pria kelahiran Colorado (Amerika Serikat) ini menciptakan ide dan konsep sebuah tata ruangan kantor. Berawal dari pekerjaannya di tiga musium terkemuka yaitu Walker Art Center, The Smithsonian Institution dan Henry Ford Museum.

Robert Propst yang akrab disapa "Bob" diangkat menjadi bapak kubikel dunia, setelah ia menemukan konsep tata ruang kerja yang cemerlang dimana karyawan memiliki privasi saat bekerja. Sayangnya ruang kubikel kantor yang "Bob" ciptakan awalnya hanya sekedar sebuah batasan di sebuah kelompok pekerja.

Semakin berjalannya waktu, kubik yang ada menjadi lebih kecil mengikuti perkembangan zaman bahkan membuat privasi antar karyawan makin tertutup hingga menurunkan sosialisasi dan intensitas pekerjaan hingga akhirnya "Bob" menyesalkan ciptaannya tersebut dengan sebuah anggapan bahwa kubikel ciptaannya menjadi sebuah kegilaan monolitik.

2. Nguyen Ha Dong, Penemu game "Flappy Bird"


Penemuan yang disesali ini sangat mencengangkan. Namanya terkenal beberapa tahun lalu dengan menciptakan sebuah karakter game yang unik bahkan menjadi viral di tahun 2013. Penciptanya adalah Nguyen Ha Dong, pria asal Hanoi (Vietnam) ini terkenal dan seketika menjadi kaya raya dari hasil penemuannya tersebut.

Game untuk keluarga yang Nguyen Dong ciptakan awalnya hanya sebuah permainan sederhana dengan karakter burung. Permainan ini mengarahkan burung tersebut untuk terbang menghindari rintangan berupa pipa.

Mudahnya mengarahkan burung ini hanya dengan sentuhan jari, membuat game ini laris manis di dunia maya.

Hanya karena viral dan diunduh hingga jutaan orang di dunia, game Flappy Bird nyatanya mendapat banyak respon negatif. Selain membuatnya frustasi, Nguyen juga merasa bersalah atas efek samping yang ditimbulkan dari permainan Flappy Bird yang terkenal ini.

Terutama, dibalik permainan ini banyak para pemain yang kecanduan bahkan melebihi kecanduan zat-zat terlarang bagi pecinta game. Inilah alasan mengapa Nguyen Dong membenci hasil karyanya sendiri.

Mungkin hal tersebut yang menyebabkan game Flappy Bird menghilang dari muka bumi ini.

3. Ethan Zuckerman, Penemu Iklan Pop-Up


Seiring perkembangan zaman yang kian canggih dan berteknologi tinggi, begitu pula dengan perkembangan di dunia bisnis. banyaknya promo produk yang bernama iklan nyatanya sering anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih di dunia maya yang selalu menghiasi sudut layar komputer ataupun smartphone anda. Namun pernahkah terbayang oleh anda jika iklan-iklan ini mengganggu kenikmatan berselancar di dunia maya(?).

Ini pula yang disesali oleh pencipta iklan pop-up atau iklan mini yang terkadang muncul di tengah-tengah konten atau muncul di tab baru.

Adalah Ethan Zuckerman si jenius yang menciptakan sebuah penemuan mutakhir di dunia digital pada era 90an. Dimana para pemilik produk dapat mengiklankan produk dalam bentuk mini ditengah sebuah konten di dunia maya.

Belakangan ini iklan yang dikenal dengan pop-up ini sangatlah mengganggu pengguna internet. Melalui berbagai website internet, Ethan Zuckerman meminta maaf jika temuannya ini telah mengganggu banyak pengguna internet. Bahkan dirinya sempat mengkritik kehadiran pop-up yang belakangan terlihat tanpa aturan dan menjadikan dunia maya terlihat kotor dipenuhi dengan promo atau iklan.

4. Kamran Loghman, Penemu semprotan merica


Apa jadinya jika sebuah alat diciptakan guna mempertahankan diri justru berbuah buruk bagi orang yang menyalahgunakannya. Alat pertahanan diri bernama semprotan merica yang diciptakan oleh Kamran Loghman, pria asal Amarika yang bekerja di FBI ini menyesali ciptaannya yang telah memakan korban.

Pada tahun 2015 lalu, kepolisian di Alabama (Amerika) menangkap seorang penjahat yang tengah beraksi melakukan tindak kejahatan. Sayang pria 35 tahun bernama Anthony Ware ini terkena semprotan merica dari salah satu polisi hingga akhirnya mengalami sesak nafas dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Atas kejadian ini Kamran Loghman merasa bersalah telah menciptakan sebuah alat pertahanan diri yang maksud awalnya baik untuk membantu mencegah tindakan kriminal dengan sebuah alat pertahanan diri berupa semprotan merica.

Perlu perlu gak perlu sih untuk beredar di Indonesia, karena pasti akan banyak jatuh korban jika tidak mawas dalam penggunaannya.

5. Mikhail Kalashnikov, Penemu senapan AK-47


Poin terakhir penemuan yang disesali adalah kalau anda seorang gamer bergenre FPS seperti Counter-Strike dan Point Blank, tentu anda sudah tidak asing lagi dengan nama senapan AK-47. Senapan laras panjang yang sangat ditakuti dalam peperangan.

Mikhail Kalashnikov namanya, seorang penemu senjata yang kini populer di kalangan geng, terror bahkan diktator.

Hal tersebut menimbulkan rasa penyesalan akibat telah menciptakan senjata yang mengerikan seperti itu. Disaat terakhir sebelum kepergiannya, Kalashnikov sempat mengirimkan surat untuk kepala gereja ortodoks Russia untuk mengajukan pertanyaan apakah dirinya disalahkan atas jutaan korban jiwa yang disebabkan senjata ciptaannya.

-
Itulah beberapa penemuan yang disesali oleh para penemunya. Tentu ada hal positif yang perlu kita ambil dan manfaatkan dibalik sebuah penemuan mutakhir agar berguna bagi diri pribadi ataupun orang lain. Semua kembali lagi kepada diri kita agar lebih bijak dalam penggunaannya.
By