Inspirasi - Sebagai salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia, Indonesia memiliki beragam peristiwa dan fakta unik yang jarang diketahui oleh warganya sendiri. Dan untuk memeriahkan hari jadi Indonesia setiap tanggal 17 agustus, kami ingin memberikan 7 fakta unik tentang Indonesia agar kita lebih mencintai tanah air Indonesia.

1. WR. Supratman wafat sebelum proklamasi kemerdekaan RI


Bernama asli Supratman, seorang pria yang lahir di Jakarta 1903 yang mengharuskannya pindah ke kota Makassar mengikuti sang kakak setelah ibunya meninggal dunia.

Dan ia pun menyelesaikan sekolahnya hingga selesai.

Namun karena untuk keperluan administrasi, nama Supratman pun berubah menjadi Wage Rudolf Soepratman atau yang lebih kita kenal dengan WR. Supratman. Disana ia mulai mempelajari musik dan dari sinilah cikal bakal lagu kebangsaan mulai diciptakan.

Supratman memperoleh pelajaran musik dari kakak iparnya Willem van Eldik.

Suatu hari ia membaca majalah yang berisi ajakan para ahli musik Indonesia untuk menciptakan lagu kebangsaan.

Merasa memiliki jiwa nasionalis yang tinggi ditambah kemahirannya bermain musik, maka pada tahun 1924 lahirlah lagu Indonesia Raya dan lagu itu pertama kali diperdengarkan untuk umum pada penutupan kongres sumpah pemuda tanggal 28 oktober 1928 dengan tanpa lirik.

Akibat lagu ciptaannya Indonesia Raya membuat pria berkacamata ini selalu diburu oleh Hindia-Belanda hingga ia pun jatuh sakit di Surabaya.

Namun sayangnya, belum juga beliau mendengar lagu ciptaannya berkumandang pada proklamasi kemerdekaan RI 17 agustus 1945, sang komponis meninggal dunia pada tanggal yang sama tetapi ditahun 1938, tepat 7 tahun sebelum proklamasi kemerdekaan RI.

Dan kini, hari lahir WR. Supratman tanggal 9 maret diperingati sebagai hari musik nasional.

2. Tiga presiden RI lahir di bulan yang sama


Saat ini Indonesia sudah merasakan dipimpin oleh 7 presiden. Mulai dari presiden yang pertama Ir. Soekarno hingga yang kini masih menjabat presiden Joko Widodo. Namun ternyata dari ketujuh presiden yang pernah memimpin Indonesia, tiga diantaranya memiliki bulan lahir yang sama.


  • Ir. Soekarno yang lahir pada tanggal 6 juni 1901 dan wafat pada tanggal 21 juni 1970.

Ir. Soekarno berperan penting dalam memerdekakan Indonesia dari penjajahan Belanda, dan sebagai pencetus konsep dasar negara Indonesia yaitu Pancasila.


  • Soeharto yang lahir pada tanggal 8 juni 1921 dan wafat pada tanggal 21 mei 2008. 

Selama masa jabatannya, beliau dikenal dengan sebutan "Bapak Pembangunan" dan di dunia internasional ia mempunyai sebutan populer yaitu "The Smiling General" atau "Sang Jenderal yang Tersenyum".

Sebutan ini diberikan karena raut mukanya selalu tersenyum dimuka pers dalam setiap acara resmi kenegaraan.


  • Bacharuddin Jusuf Jabibie atau yang kita kenal dengan B.J. Habibie yang lahir pada tanggal 25 juni 1936. 

Sebelum menjadi presiden, beliau pernah menjabat sebagai menteri negara riset dan teknologi dari tahun 1978-1998.

Namun pada tanggal 21 mei 1998 yang menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri dari jabatan presiden. Masa jabatan B.J. Habibie sebagai presiden hanya 1 tahun 5 bulan, dan saat menjadi wapres hanya menjabat selama 2 bulan 7 hari.

Dan B.J. Habibie merupakan wakil presiden dan presiden dengan masa jabatan terpendek.

3. Ibukota berpindah empat kali


Negara tercinta kita Indonesia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam dan tentu saja dengan ibukota negaranya adalah Jakarta.

Taukah anda, ternyata Indonesia pernah memindahkan ibukotanya ke berbagai kota besar di Indonesia sebanyak 4 kali dalam kurun waktu yang relatif singkat, yakni:


  • Jakarta (1945-1946)
  • Yogyakarta (1946-1948)
  • Bukit Tinggi (1948-1948)
  • Jakarta (1950-sekarang)


Pergantian ibukota sebanyak empat kali ini ternyata belum pernah dilakukan oleh negara manapun dan Indonesia adalah satu-satunya negara yang melakukannya.

4. Empat pulau yang kedaulatannya dikuasai bersama negara lain


Indonesia adalah negara yang berada dikawasan Asia Tenggara yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan diapit oleh dua benua yaitu Asia dan Australia serta diapit juga oleh samudra Pasific dan Hindia.

Selain posisi yang strategis, Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia karena disinilah 3 dari 6 pulau terbesar di dunia berada, yaitu pulau Kalimantan, Sumatera dan Papua.

Meski memiliki tiga pulau terbesar, namun hampir 60% penduduknya tinggal di pulau Jawa yang hanya memiliki luas 7% dari seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, uniknya lagi kita sering mendengar kisruh adanya pergeseran patok di perbatasan negara. Bukan tanpa alasan, itu dikarenakan ada 4 pulau yang kedaulatannya dikuasai bersama-sama dengan pemerintah negara tetangga. Seperti Kalimantan yang secara administratif dikuasai tiga pemerintahan yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

  • Pulau Papua dikuasai oleh Indonesia dan Papua New Guinea
  • Pulau Timor dikuasai oleh Indonesia dan Timor Leste
  • Pulau Sebatik dikuasai oleh Indonesia dan Malaysia


5. Di Jakarta tidak ada nama jalan Soekarno-Hatta


Seperti kita ketahui Soekarno-Hatta adalah dua proklamator Indonesia yang berjasa memproklamirkan kemerdekaan Indonesia, tetapi sayangnya Jakarta sebagai kota tempat dibacakannya naskah proklamasi tidak pernah mengabadikan nama kedua proklamator tersebut sebagai nama jalan.

Sedangkan dibeberapa kota di Indonesia, nama jalan Soekarno-Hatta ada dan diabadikan. Bahkan nama keduanya tidak pernah diabadikan untuk sebuah objek bangunan fasilitas umum apapun hingga akhirnya pada tahun 1985, nama kedua proklamator tersebut baru diabadikan menjadi nama bandara yaitu bandara Soekarno-Hatta setelah 40 tahun Indonesia merdeka.

Tetapi yang sangat disayangkan adalah pemerintah baru secara resmi menyematkan gelar proklamator kepada keduanya pada tahun 1986 atau 16 tahun setelah Soekarno wafat.

6. Suku bangsa terbanyak dan negara paling murah senyum


Sebagai negara yang memiliki kepulauan terbesar di dunia, ternyata Indonesia juga merupakan negara yang memiliki suku bangsa paling banyak di dunia. Bayangkan saja, negara tercinta kita ini memiliki lebih dari 1.300 suku bangsa sekaligus menjadi negara yang memiliki bahasa daerah terbanyak yakni 583 bahasa dan dialek.

Karena itulah banyaknya suku di Republik ini maka dicanangkanlah "Bhinneka Tunggal Ika" yang mempunyai arti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Selain memiliki suku dan bahasa terbanyak di dunia, Indonesia ternyata adalah negara yang paling terkenal dengan keramahannya. Bahkan berdasarkan survei The Smiling Report tahun 2009, Indonesia dinobatkan sebagai negara paling murah senyum di dunia dan bersama negara Hong Kong, Indonesia juga dinobatkan sebagai negara terbaik dalam mengucapkan salam.

7. Ikut piala dunia bukan dengan nama Indonesia


Selain bulu tangkis, sepak bola adalah salah satu olahraga favorit yang digemari masyarakat Indonesia. Meskipun menjadi salah satu olahraga favorit, namun hingga sekarang Indonesia belum pernah sekalipun menang piala dunia (mari kita do'akan yang terbaik).

Tim nasional Indonesia pernah sekali tampil di piala dunia pada tahun 1938, karena Jepang mengundurkan diri dalam kualifikasi dan pada saat itu Indonesia menjadi negara Asia pertama yang ikut piala dunia dan di ajang tersebut Indonesia sudah takluk oleh Hungaria di babak pertama dengan skor 6-0.


Meskipun Indonesia pernah tampil di ajang terbesar sepak bola dunia, namun keikutsertaan timnas ini bukan membawa nama Indonesia melainkan mewakili Hindia Belanda yang lengkap dengan warna bendera Belanda yaitu merah, putih dan biru.

-
Itulah 7 fakta Indonesia yang jarang diketahui orang. Daripada ribut-ribut soal politik lebih baik banyak membaca dan share sejarah tentang Indonesia, selain menambah wawasan juga sebagai bukti kalau kita memang cinta Indonesia.
By