Internet - WhatsApp tanpa mengetik, emang bisa? Bisa dong! Sepertinya WhatsApp bisa disebut sebagai aplikasi chatting terpopuler saat ini, terbukti dengan data yang pernah saya baca di Kompas Tekno, menunjukan kalau pengguna aktif harian WhatsApp sudah hampir mencapai kisaran angka satu miliar. Dan setiap harinya, WhatsApp telah menangani lebih dari 60 miliar pertukaran pesan antar pengguna di seluruh dunia.

Wow sungguh angka yang fantastis apalagi kalau angka tersebut bisa dikonversi ke dalam rekening tabungan kita semua. Mungkin karena itu, WhatsApp sering melakukan pembaharuan dan menjadi aplikasi yang asyik untuk di ulik karena dia banyak memiliki "fitur canggih tersembunyi" yang jarang orang tahu. Menarik bukan?

Layaknya fitur "Ok Google" yang bisa memindai suara sebagai perintah, WhatsApp juga memiliki fitur yang serupa menangkap suara Anda lalu kemudian memindainya sebagai pesan teks sehingga Anda tidak perlu repot lagi mengetik.

Fitur ini sangat bisa memudahkan Anda yang sedang sibuk, tak punya waktu untuk mengetik teks yang panjang namun di waktu bersamaan Anda tetap ingin melakukan komunikasi via WhatsApp.

Taukah Anda, kalau Google Assistant juga sebenarnya bisa diberikan perintah untuk mengirim pesan WhatsApp melalui aplikasinya.

Karena dua-duanya bisa mengirim pesan WhatsApp tanpa perlu mengetik teks, maka saya akan memberikan tutorial keduanya sekaligus. Caranya sangat mudah jadi jangan biarkan rasa penasaran Anda terus menghantui, simak langkah-langkah berikut ini.

Kirim Pesan WhatsApp dengan Google Assistant:

1. Buka Aplikasi Google

2. Ucapkan "Ok Google" atau tekan ikon mikrofon warna biru.

3. Langsung dilanjutkan mengucapkan "Kirim WhatsApp ke Bu Suka", misalnya.

4. Ucapkan isi pesan yang ingin disampaikan, nanti suara anda akan diterjemahkan menjadi teks kalimat pendek maupun panjang sekalipun.

5. Berikan perintah "Kirim" atau "Diubah" atau "Batal".

Kirim Pesan Teks WhatsApp Tanpa Mengetik

1. Buka WhatsApp - Pilih kontak yang akan diajak chatting - tampilah ruangan chat yang lengkap dengan keyboard seperti biasanya.

2. Tekan dan tahan ikon mikrofon kecil pada pada bagian bawah, bukan ikon mikrofon besar sebelah kotak teks. (Tipe ponsel mempengaruhi letak yang berbeda, tapi biasanya ada di sebelah atau menyatu dengan "spasi")

3. Muncul mikrofon hijau (mikrofon hidup) dan mulailah berbicara hingga selesai.

4. Klik 1x mikrofon hijau agar menjadi putih (mikrofon mati), sekaligus akan memunculkan teks sesuai dengan suara yang dikeluarkan.

5. Tekan kirim untuk mengirim teks tersebut.

Gimana, mudah dan praktis kan?

Ada banyak pilihan bahasa dari berbagai negara di seluruh dunia. Dan beberapa negara termasuk Indonesia memiliki pilihan bahasa daerah. Untuk bahasa daerah di Indonesia tersedia Bahasa Sunda dan Jawa.

Selain mempermudah pekerjaan, fitur WhatsApp tanpa mengetik ini akan sangat membantu bagi Anda yang punya keluhan suka salah mengetik huruf pada keyboard qwerty atau sedang buru-buru dan ingin mengirim pesan yang panjang.

Oh iya ada yang perlu diingat, sebisa mungkin untuk mengeluarkan suara dengan artikulasi yang jelas dan meminimalisir kebisingan, supaya suara Anda dapat dideteksi dan diterjemahkan dengan baik dan tepat.