Aplikasi Android - Ramadhan 1439 Hijriyah (Ramadhan 2018), bulan penuh berkah. Agar Ramadhan lebih bermakna dan berfaedah, marilah kita meriahkan dengan aplikasi yang wajib terinstal di hp anda sekarang juga! Dan berikut 5 rekomendasi aplikais android untuk menambah pundi-pundi pahala mulai dari sekarang:

1. Muslim Pro - Ramadhan 2018

Muslim Pro menjadi aplikasi paling wajib anda instal sekarang juga. Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari informasi waktu puasa, shalat berdasarkan lokasi dan lengkap dengan kompas arah kiblat serta bisa menemukan lokasi Masjid plus tempat makan / restoran halal di sekitar anda.

Tidak sampai disitu, Muslim Pro menyematkan fitur bacaan Al-Qur'an dan Asmaul Husna yang sudah dilengkapi dengan terjemahan dan audio untuk mendengarkan Tajweed yang benar dalam membacanya.

Dan bagi yang ingin pundi-pundi pahalanya berlipat ganda, kita bisa mengisi waktu luang dengan membaca doa-doa penting dan menjadi pelopor kebaikan dengan membagikan kata-kata bijak Islam yang banyak tersedia di aplikasi ini.

2. Al-Qur'an Indonesia

Al-Qur'an Indonesia menampilkan daftar menu yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan Muslim Pro, tapi jangan salah karena aplikasi ini sebenarnya memiliki keunikan yang luar biasa.

Dan sepertinya aplikasi ini diperuntukan untuk orang yang ingin bisa fokus membaca sambil mempelajari isi dari Al-Qur'an.

Keunikan yang pertama, ada pada menu "Baca Qur'an" di sana kita akan disuguhkan desain yang menyerupai halaman Al-Qur'an pada umumnya sehingga anda akan merasakan sensasi membaca Al-Qur'an fisik yang lengkap dengan terjemahan, Juz, jumlah ayat dan golongan surat.

Kelebihannya, anda bisa memilih terjemahannya versi Kemenag-RI atau Al-Jalalain Indonesia.

Dan untuk Audio Murottal, anda bebas menentukan Qori Murottal-nya siapa, ada Hani Ar-Rifai, Mishary Rashid, Saad Al-Ghamdi dan lainnya.

Keunikan yang kedua, ada menu "Pencarian" yang mana fitur ini berfungsi sebagai pencari kata / kalimat yang ada dalam Al-Qur'an.

Fitur ini sangat bermanfaat ketika kita ingin memverifikasi kata / kalimat ketika sedang sharing maupun ketika mendengarkan ceramah.

Untungnya, hasil pencariannya sangat akurat sehingga akan menampilkan semua surat dan ayat yang di dalamnya terdapat kata kunci yang anda tulis.

Dan tidak ketinggalan fitur jadwal shalat, Imsak lengkap sebulan puasa.

3. Cookpad - Resep Ramadhan

Saat ini Cookpad telah menjadi salah satu sumber referensi penyedia resep kuliner terlengkap di dunia.

Fitur utamanya ialah menampilkan resep yang lengkap dengan langkah-langkah pembuatannya.

Fitur menarik dari aplikasi ini adalah pengguna tidak hanya bisa melihat resep tapi juga membuat dan membagikan resep kreasinya sendiri ke Cookpad.

Untuk meningkatkan interaksi, Cookpad menyematkan fitur "follow" sehingga para penggunanya dapat berkirim pesan satu sama lain.

Dan untuk menunjang interaksi tersebut, Cookpad tidak lupa menyediakan halaman statistik dimana anda dapat melihat perkembangan resep anda, seperti berapa orang yang memberikan love, menandai, print resep, hingga memasak sesuai dengan resep anda.

Dengan membagikan resep istimewa, mudah-mudahan banyak orang yang merasa terbantu sehingga bisa menjadi pundi-pundi pahala juga untuk anda.

Jangan lupa lengkapi profil anda semenarik mungkin dan terus bereksperimen membuat resep baru agar lebih banyak orang yang penasaran dengan kemampuan anda, siapa tahu anda di ajak untuk mengisi tempat chef di sebuah proyek besar.

4. Marbel Belajar Mengaji

Aplikasi besutan Educa Studio menawarkan 2 pilihan bahasa, yakni bahasa Indonesia & Inggris serta dapat dimainkan secara gratis.

Aplikasi ini sudah lengkap mencakup Animasi dan Audio yang disuguhkan pun sangat menarik, yang akan meningkatkan minat belajar sang anak.

Di sini anak akan diperkenalkan dengan huruf Hijaiyah, Harokat, Tanwin dan IQRO dan juga 7 Do'a Anak Pilihan (Do'a sehari-hari).

Setelah asyik belajar, kini saatnya uji kemampuan anak lewat permainan yang menyenangkan, seperti Puzzle, Tebak Harokat, Memancing Hijaiyah..dll.

Jadi dengan aplikasi ini, ayah bunda tidak perlu repot menulis/mengucapkan huruf-hurufnya.

Ayah Bunda cukup mendampingi sambil membimbing saja.

5. Kitabisa - Donasi Zakat Online

Kitabisa adalah platform untuk donasi, zakat dan menggalang dana secara online. Sejak tahun 2013, Kitabisa telah memfasilitasi ribuan campaign galang dana.

Kita bisa donasi dan zakat dengan mudah dan cepat dengan memanfaatkan fitur dompet yang dapat di isi saldonya sehingga kita tidak perlu transfer setiap kali mau donasi.

Kelebihan lainnya yaitu ada "Kalkulator Zakat" yang akan memudahkan kita menghitung kewajiban zakat yang harusnya di keluarkan.

Kita dapat melihat update progres dari donasi yang kita lakukan.

Kitabisa, aplikasi donasi #OrangBaik di Indonesia.

Selamat mencoba :)

By