Inspirasi - Memang seru sih kalau ada percikan-percikan api dalam suatu hubungan, entah itu berasal dari perbedaan pendapat maupun kesalah pahaman dari salah satu pihak. Tapi perbedaan sifat dan karakter yang biasanya memicu munculnya sebuah konflik hati.

Kali ini saya menulis tentang cara-cara yang bisa dilakukan ketika pacar sedang marah, karena kalau pacar dibiarkan marah berlama-lama itu dapat berakibat putusnya hubungan asmara yang sudah susah payah kamu jalin selama ini. Dan berikut tips pertolongan pertama kalau kamu sedang terjebak dalam kemarahan pacar kamu:

1. Stay cool, jadilah air ketika dia berapi-api


Meskipun kamu sedang dalam posisi yang benar alias nggak salah, kamu harus tetap tenang dan berusaha mengendalikan emosi kamu. Takutnya, kalau kamu terbawa emosi, malah bikin situasi menjadi semakin runyam dan kamu terlibat ke dalam pertengkaran yang lebih serius.

2. Beri dia pengertian dengan halus


Pacar marah tentu bukan tanpa alasan bukan? Kalau memang terjadi kesalahpahaman, kamu harus ingat kalau orang sedang marah itu biasanya lebih sensitif, jadi sebisa mungkin berikan penjelasan yang menjabarkan detail permasalahannya secara baik-baik dan hati-hati agar dia tidak merasa digurui olehmu.

3. Beri dia waktu untuk berpikir

Kamu harus lebih peka, kalau pacar kamu tipe yang diam ketika marah, kamu wajib memberikan waktu menyendiri untuknya, biar dia bisa menenangkan pikirannya. Selain itu, situasi yang tenang juga akan membuat suasana hatinya cepat kembali baik.

4. Dekati dan dengarkan keluh kesahnya

Beri dia waktu untuk meluapkan kemarahannya. Karena kebanyakan, kemarahan itu tidak akan mereda sebelum diluapkan. Di sinilah saatnya kamu menunjukan sikap dewasa pada dirimu, dengan cara mendengarkan kelus-kesah yang ia ungkapkan sambil memahami keinginannya. Kalaupun dia memintamu untuk minta maaf, lakukan saja yang penting bisa meredakan emosinya terlebih dahulu.

5. Tunjukan kalau kamu peduli


Walaupun keadaan sedang kurang kondusif, ada baiknya kamu tetap mempertahankan perhatianmu terhadap dia, karena wanita itu sangat suka diperhatikan apalagi saat hatinya sedang terluka. Jangan sampai, ada orang lain yang mengambil kesempatan untuk menyusup ke hatinya.

6. Mendiskusikan masalah dengan orang terdekat


Kalau kemarahannya masih belum reda juga, kamu bisa coba menghubungi orang terdekatnya yang dia percayai. Bisa hanya untuk meminta saran atau bisa juga untuk mengajak orang terdekatnya itu agar berdiskusi dengan pacar kamu yang sedang marah.

7. Tidak ada salahnya meminta maaf lebih dulu


Walaupun kamu tidak salah, tidak apa-apa untuk meminta maaf terlebih dahulu. Tapi kalau kamu memang salah, kamu wajib minta maaf dengan tulus tapi jangan berlebihan. Kalau kamu sudah mendapatkan maaf dari dia, pastikan kamu tidak akan mengulanginya lagi.

8. Beri dia penawaran


Kalau berbagai cara sudah dilakukan tapi dia masih tetap marah, kamu bisa coba memberikan 'deals' ke dia. Misalnya, kamu bisa mengatakan: "Aku bakal melakukan ..., kalau kamu maafin aku" atau tanya langsung ke dia: "apa yang harus aku lakukan supaya kamu nggak marah lagi?".

Penawaran-penawaran seperti ini akan membuat pacar kamu merasa di hargai sehingga lebih mudah mendapat maaf dari dia, apalagi kalau penawarannya promo diskon dari lazada.

9. Menjadi lebih baik, tunjukan rasa sayang

Walaupun dia sudah memberikan maaf, bisa jadi di dalam hatinya masih ada perasaan marah sama kamu. Untuk mengatasinya, bisa dengan menunjukan rasa sayang kamu dan sedikit merayunya agar suasana hatinya menjadi lebih baik.

10. Surprise!

Supaya rasa marahnya benar-benar menghilang, jangan lupa untuk memberikan kejutan yang berupa apa saja. Misalnya, berikan barang yang dia sukai, makanan favoritnya, atau dengan memberi dia setangkai bunga kesukaannya. Setelah itu kamu bisa ajak dia ke tempat favorit kalian berdua atau ke tempat yang diinginkan pacar kamu.

Tolong tambahkan tips unik kamu sendiri di kolom komentar ya :D

By