39 Jurusan di IPB, Lengkap dengan 5 Jalur Masuknya

Bogor Agricultural University - Institut Pertanian Bogor didirikan pada tanggal 1 September 1963 sebagai perwujudan pemikiran visioner dari pimpinan bangsa dan mereka yang peduli pada pendidikan pertanian di Indonesia.

Sebagai negara agraris, kita perlu mempunyai perguruan tinggi kelas dunia yang memiliki kompetensi dalam mengembangkan bidang pertanian dan maritim secara luas, biosains tropika dan bidang terkait guna memperkuat bioenergi, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, serta menjaga lingkungan hidup.
IPB dengan 9 Fakultas dan 1 Sekolah menyediakan 39 Program Studi S1 serta memberikan keleluasaan dalam pengembangan karir nantinya di dunia kerja. Berikut daftar Fakultas dan Jurusan yang bisa kalian pilih:


FAKULTAS & JURUSAN -

1. FAKULTAS PERTANIAN (FAPERTA)
- Manajemen Sumberdaya Lahan
- Agronomi dan Hortikultura
- Arsitektur Lanskap
- Proteksi Tanaman

2. FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN (FKH)
- Kedokteran Hewan

3. FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN (FPIK)
- Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya
- Manajemen Sumberdaya Perikanan
- Teknologi Hasil Perairan
- Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap
- Ilmu dan Teknologi Kelautan

4. FAKULTAS PETERNAKAN (FPET)
- Teknologi Produksi Ternak
- Nutrisi dan Teknologi Pakan
- Teknologi Hasil Ternak

5. FAKULTAS KEHUTANAN (FAHUTAN)
- Manajemen Hutan
- Teknologi Hasil Hutan
- Konversi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata
- Sylvikultur

6. FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN (FATETA)
- Teknik Mesin dan Biosistem
- Teknologi Pangan
- Teknologi Industri
- Teknik Sipil dan Lingkungan

7. FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA (FMIPA)
- Statistika
- Meteorologi Terapan
- Biologi
- Kimia
- Matematika
- Ilmu Komputer
- Fisika
- Biokimia
- Aktuaria

8. FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN (FEM)
- Ekonomi dan Studi Pembangunan
- Manajemen
- Agribisnis
- Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan
- Ekonomi Syariah

9. FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA (FEMA)
- Ilmu Gizi
- Ilmu Keluarga dan Konsumen
- Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat

10. SEKOLAH BISNIS
- Bisnis

JALUR MASUK IPB -

1. JALUR SNMPTN
Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor. Jalur ini memberikan peluang kepada PTN untuk mendapatkan calon mahasiswa baru yang mempunyai prestasi akademik tinggi.

2. JALUR SBMPTN
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional berdasarkan kemampuan akademik calon mahasiswa melalui hasil tes tertulis.

3. JALUR UTM
Lulusan SMA/MA-IPA pada tahun yang sama dan sampau dengan 2 tahun sebelumnya dapat mendaftar secara online pada: www.admisi.ipb.ac.id. UTM merupakan jalur masuk IPB berdasarkan tes tulis yang diselenggarakan oleh IPB. UTM dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia.

4. JALUR PIN
Setiap lulusan SMA dapat melamar menjadi calon mahasiswa IPB melalui jalur PIN dengan menulis surat secara pribadi (surat lamaran) kepada Rektor IPB dengan menunjukan prestasi di tingkat internasional ( seperti Olimpiade Internasional untuk matematik, biologi, fisika, dan kimia ) atau tingkat nasional ( seperti juara karya Ilmiah Remaja ) yang relevan dengan kompetensi keilmuan yang ada di IPB.

Jalur PIN hanya diperuntukan bagi lulusan sekolah pendidikan menengah pada tahun yang sama.

5. JALUR BUD
Pemerintah provinsi/kabupaten/kota dapatmengajukan putra daerah yang terbaik kepada IPB dan memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa yang diterima melalui jalur BUD.

Peserta jalur BUD dapat merupakan lulusan baru SMA-IPA atau SMK berbasis pertanian dalam arti luas, atau lulusan sekolah tersebut telah bekerja dengan usia setinggi-tingginya 25 tahun. Informasi BUD www.bud.ipb.ac.id (Telp/Fax: 0251-8624092)

Kompetensi IPB tidak terbatas pada aktivitas pertanian on farm semata, melainkan juga off farm yang di dalamnya tercakup agribisnis, agroindustry, agroservices, dan agrowisata, yang semuanya telah mendorong IPB sebagai kampus paling inovatif dengan karya-karyanya yang turut mewarnai perkembangan bidang pertanian di Indonesia.

IPB dengan didukung tenaga pendidik dan fasilitas pendidikan yang berkualitas, IPB terus berusaha menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang handal di kedua aktifitas bidang pertanian, memiliki jejaring usaha yang luas dan terus mencetak berbagai prestasi membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Semoga informasi di atas dapat menjawab kebingungan atau pertanyaan yang selama ini bersemayam di pikiran kalian, terima kasih telah berkunjung dan teruslah belajar.

Mana jurusan favoritmu?

Pendapatmu:

Subscribe Artikel

Subscribe artikel Gratis langsung via email...

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR