Tips Belajar - Stress karena nilai ulanganmu sering jelek? atau bingung menghadapi ujian yang akan datang? Mulai sekarang kamu tidak perlu takut atau bingung lagi, karena saya akan membeberkan tips sukses yang bisa kalian terapkan agar kamu siap dalam menghadapi ulangan atau ujian di sekolah.

Tapi kamu harus yakin dulu akan melakukan semua tips yang saya berikan, dan mungkin tips di bawah akan memberikan efek yang berbeda-beda, tergantung tingkat keimanan orang yang menerapkannya hehe. Tapi intinya lebih baik mencoba daripada tidak sama sekali. Langsung saja disimak baik-baik:

1. Utamakan Bab yang penting saja

Pelajari kembali soal-soal yang pernah kamu kerjakan sebelumnya dan tidak perlu menghafal semuanya. Biasanya guru akan memberikan kisi-kisi untuk ulangan yang akan datang. Nah, kamu perhatikan kisi-kisinya dan pelajari bab yang berkaitan dengan kisi-kisinya saja.

2. Gak Usah Lebay

Kamu bukan robot, jadi jangan memaksakan diri untuk mengulang pelajaran dalam porsi yang tidak wajar alias kebanyakan "dalam waktu singkat". Alih-alih ingin banyak hafal, taunya malah lupa semua karena kamu masukan semuanya secara sekaligus apalagi kalau sampai begadang, malah blank yang ada.

3. Bentuk Kelompok

Ajak beberapa teman untuk membentuk kelompok belajar, tujuannya bukan untuk membuat video viral di kelas tapi untuk mendiskusikan suatu topik penting bersama teman-teman kamu dan jangan pelit untuk berbagi ilmu kalau kamu tahu, karena ilmu tidak berat untuk dibawa dan semakin kamu sering kamu mengajarkan suatu ilmu, semakin kuat ilmu itu nempel dalam ingatan kamu.

4. Tandai Poin Penting Karena Penting

Kalau kamu kesulitan mengingat / mempelajari semua kata demi kata, tipsnya yaitu kamu harus menandai poin kata/kalimat pentingnya menggunakan stabilo dengan warna kesukaan kamu atau bisa juga dengan memberikan "underline" atau gari bawah pada poin tersebut.


5. Jajanan Sekolah Memang Juara

Tidak tahu kenapa, saya juga bingun kenapa jajanan di sekolahan dari dulu sampai sekarang itu rasanya pasti juara, dan yang paling enak itu ada di sekolah kita sendiri. Tapi setelah dipikir-pikir, sebenarnya enak saja atau asal kenyang itu tidak cukup. Tubuh kita juga perlu keseimbangan, dengan menyuplai makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan tanpa sambal pedas agak keasinan. 


6. Pelajar Juga Manusia

Kalau kamu pelajar sejati pasti kamu pernah mengalami susah tidur apapun alasannya, entah itu keasyikan main game ataupun terlalu baper menonton film. Tapi pelajar juga manusia, kamu itu butuh tidur yang cukup aturlah waktu tidur kamu menjadi lebih awal misal jam 10 malam dan bangun lebih awal jam 5 pagi.

Enaknya apa? Kamu bisa datang lebih pagi daripada yang lain, jadi kamu tahu siapa saja yang datangnya pagi dan siapa yang telat. Yang paling penting kamu akan merasa lebih segar di sekolah sehingga otak kamu siap menyerap pelajaran dengan sempurna dan kamu siap menghadapi ulangan kapan saja. 

Tips bagi yang beragama Islam


Tips #7 - Ikhlas
Ikhlaskan niat karena Allah SWT. "Saya niat belajar karena Allah, sukses mewujudkan cita-cita di dunia dan Syurga di akhirat kelak"

Tips #8 - 2 Arah
Jaga hubungan kita dengan Allah SWT, yaitu dengan cara menjauhi semua larangan-Nya dan memperbanyak amal baik, seperti:

  • Sholat wajib & Sunnah
  • Membaca / menghafal Al-Qur'an
  • Sedekah

Tips #9 - Jaga hubungan dengan manusia
Kamu wajib menjaga hubungan dengan orang lain terutama Ayah dan Ibu yang telah membesarkan kita. Hindari mencela orang lain seperti teman, sahabat bahkan guru yang dianggap killer. Jaga lisan dan juga kebersihan hati.

Tips #10 - Bersungguh-sungguh lalu tawakal
Maksudnya, kamu harus bersungguh-sungguh dalam hal apapun. Kalau kamu pelajar tentunya rajin dalam belajar dan mengerjakan semua tugas atau ulangan dengan jujur itu sudah termasuk kategori sungguh-sungguh.

Karena tugas manusia hanyalah berusaha dan berdo'a, setelah kamu merasa sudah sungguh-sungguh, kita tinggal kembalikan lagi kepada Allah SWT untuk hasil terbaiknya.

Sekian, itu dulu yang bisa saya share kepada teman-teman tentang tips belajar khusus agar selalu siap menghadapi ulangan / ujian di sekolahnya. Dan cita-cita itu tumbuh dari dalam hati, perjuangkan dari sekarang agar kelak tinggal menikmati masa kejayaannya.

Semoga sukses!

By