Samlike Film Hacker - Peretas atau yang lebih populer disebut hacker adalah julukan untuk orang yang bisa menganalisis, memodifikasi dan menerobos masuk ke dalam suatu jaringan internet dengan tujuan mengambil alih jaringan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin maju, kejahatan pun ikut berkembang dan ada sebagian orang yang memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan aksi kejahatan.

Salah satunya adalah Hack.
best hacker movies
Sebelum masuk ke daftar film, jangan lupa untuk menekan "izinkan / allow" kalau ada notifikasi yang muncul, supaya kalian mudah untuk mendapatkan update rekomendasi film-film terbaik. Dan berikut ini adalah list tentang film hacker terbaik dan paling banyak ditonton:

1. Antitrust (2001)


Antitrust adalah film hacker jadul yang menceritakan tentang perusahaan besar yang dipimpin oleh Gary Winston, seorang CEO ambisius yang ingin mendominasi dunia lewat teknologi internet. Untuk membuat ambisinya menjadi nyata, Gary mencoba merekrut beberapa programer handal dengan menawarkan imbalan uang yang banyak.

Tak butuh waktu lama Gary pun berhasil merekrut Milo & Taddy, 2 pemuda ahli Web-Programing yang tergabung dalam kumpulan pemuda-pemuda ahli IT bernama Skullbocks.

Konflik dimulai ketika Taddy meninggal dunia karena dibunuh dengan kejam oleh orang misterius dan secara tidak langsung membuat Milo curiga terhadap Gary. Sampai akhirnya kecurigaan Milo bertambah kuat setelah Gary menunjukan sebuah kode baru yang sangat mirip dengan kode milik Taddy.

Cerita pun semakin seru pada saat Milo habis-habisan berupaya menyelidiki perusahaan itu yang dianggap memiliki keterlibatan dengan kematian temannya, Taddy.

Film yang disutradarai oleh Peter Howitt ini mendapatkan rating 6.1 di IMDB

2. The Fifth Estate (2013)


The Fifth Estate ini mengisahkan tentang pendiri WikiLeaks yang bernama Julian. Beberapa tahun yang lalu WikiLeaks sempat viral dan membuat heboh, karena keberaniannya membuka data atau informasi penting yang sebenarnya merupakan informasi rahasia dari Amerika Serikat.

Dalam film ini juga, 'WikiLeaks' membongkar dan mengupload data tersebut ke internet secara bebas sehingga dapat di akses oleh siapapun, karena situs dari Julian ini, banyak bank mengalami kebangkrutan.

Berkat informasi rahasia yang ia sebarkan, situs ini menjadi cepat populer.

Tapi disisi lain ada banyak sekali pihak yang merasa dirugikan dan kesal karena bocornya rahasia mereka ke publik dan berpengaruh terhadap kondisi sejumlah negara.

Di waktu yang bersamaan, terjadi konflik internal di kubu WikiLeaks, berbagai tekanan pun dihadapi oleh Julian yang masih tetap idealis, hingga dia rela menjadi salah satu buronan paling dicari oleh Amerika Serikat.

Film yang disutradarai Bill Condon ini mendapatkan rating 6.2 di IMDB

3. Untraceable (2008)


Jennifer Marsh seorang agen FBI yang bertugas membongkar kejahatan lewat internet yang seringkali merepotkan petugas lapangan dalam pengusutannya.

Suatu malam, Jennifer mendapat sebuah pentunjuk yang mengarahkannya menuju alamat situs killwithme.com.

Anehnya, situs itu malah berisi live video streaming yang di dalamnya memperlihatkan korbannya hanya seekor anak kucing yang dianggapnya tidak begitu penting.

Namun keesokan harinya, saat Jennifer mengakses situs itu, ia kaget karena sekarang situs itu menampilkan korban baru dan kali ini korbannya bukan lagi binatang.

Pemilik situs sengaja memposisikan korban pada sebuah alat jebakan yang akan membunuh korban secara perlahan.

Semakin banyak orang yang mengakses situs tersebut, maka semakin cepat pula korbannya meninggal.

Masalah yang ia hadapi yaitu korban semakin bermunculan, dan situs tersebut tidak mudah untuk dilacak dan di blok karena memiliki banyak mirror, situs itu selalu muncul lagi dengan alamat yang berbeda-beda.

Film yang dirilis tahun 2008 ini memili rating 6.2 di IMDB

4. Hacker (2016)


Film Hacker ini awalnya menceritakan seorang anak yang bernama Alex Danyliuk. Seorang bocah imigran dari Ukraina dan ikut ibunya tinggal di Canada karena mendapatkan sebuah pekerjaan di Bank Canada.

Alex yang masih kecil sering ditinggal ibunya, ia tak punya teman dan hanya di temani sebuah komputer milik ibunya. Alex kecil suka sekali menghabiskan waktu di depan komputer dan mempelajari berbagai macam hal baru melalui komputer.

Suatu ketika, Alex memutuskan untuk terjun ke dunia hitam dalam internet dengan mencuri kartu kredit orang lain kemudian ia membelanjakannya, kemudian dijual kembali untuk membantu ibunya yang sudah tidak bekerja lagi di Bank.

Pada saat itu Alex ingin bertemu dengan salah satu pimpinan 'DarkWeb' bernama Zed, lalu Alex melakukan aksi-aksi yang besar untuk mendapatkan perhatian dan bertemu dengan Zed.

Sampai akhirnya dia bertemu dengan Zed dan melakukan kerjasama untuk meretas sebuah Bank di Canada. Di Canada?

Dan film dengan judul Hacker ini mendapatkan rating 6.2 di IMDB

5. Takedown (2000)


Dimension Films merupakan rumah produksi bagi film Takedown. FYI, Dimension Film merupakan rumah produksi yang juga terkenal pada zamannya.

Takedown sendiri merupakan film yang diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan tentang kehidupan seorang hacker hebat bernama Kevin Mitnick yang mempunyai banyak cara yang cerdas dalam meretas atau menerobos setiap sistem pertahanan yang ada.

Selain cerdas dalam menerobos sebuah sistem, Kevin Mitnick yang menjadi egois karena rasa keingin tahuannya ini juga cerdik dalam meloloskan diri dari setiap pengejaran yang dilakukan polisi dan FBI.

Hingga suatu ketika, muncul konflik lain dimana Kevin terlibat dalam situasi perang hacker dan saling meretas satu sama lain dengan hacker asal Jepang.

Film perang hack ini mendapatkan rating 6.3 di IMDB


6. Swordfish (2001)


Swordfish, film ini dibintangi oleh aktor ternama Hugh Jackman yang berperan sebagai hacker hebat. Film ini menceritakan seorang yang bernama Stanley Jobson yang memiliki kemampuan hacking yang hebat. Dengan kemampuannya ia sering melakukan pembobolan dan dia juga pernah membobol sistem pemerintah hingga membuatnya harus mendekam dibalik jeruji besi selama 2 tahun.

Efek dari kejadian tersebut pun membuat kehidupan Stanley pun semakin rumit, dimana dia harus memutuskan bercerai dengan istrinya sekaligus berpisah dengan anaknya yang ikut dengan ibunya.

Di saat dia sedang menjalani kesendiriannya, datanglah seorang wanita dan diajaklah Stanley untuk menemui bossnya. Kemudian dia diminta untuk membobol sistem pemerintahan dalam waktu 60 detik.

Stanley pun akhirnya berhasil membobolnya walaupun harus dalam situasu yang penuh tekanan. Melihat kemampuan Stanley, boss itu pun berusaha memanfaatkan kemampuan Stanley untuk tujuan pribadinya.

Dan film ini mendapatkan rating 6.5 di IMDB

7. Eagle Eye (2008)


Eagle Eye ini dibintangi oleh aktor keren Shia LaBeouf  dan diproduksi oleh DreamWorks. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Jerry Shaw, seorang pria biasa yang menjalani hidup selayaknya orang pada umumnya.

Namun pada suatu hari, keanehan terjadi ketika Jerry pergi ke ATM tiba-tiba ia melihat saldo pada ATMnya yang mendadak meningkat drastis.

Melihat hal itu, tentunya Jerry sangat senang sekali tapi disisi lain muncul tantanya besar dalam kepala Jerry.

Dan kebingungan Jerry semakin memuncak disaat dia masuk ke kamar kontrakannya dan mendapati banyak senjata berbahaya disana.

Dari sinilah cerita seru dimulai.

Masalah demi masalah terus bermunculan, dari mulai telepon misterius sampai Jerry harus berurusan dengan agen FBI dan menjadi buronan tanpa alasan yang jelas.

Film yang tayang pada tahun 2008 ini meraih rating 6.6 di IMDB

8. Nerve (2016)


Banyak sekali novel best Seller yang kemudian ceritanya diangkat ke dalam layar lebar, termasuk film ini yang terinspirasi dari novel best seller dengan judul yang sama.

Nerve ini merupakan film yang diproduksi oleh Lionsgate dan tayang pada tahun 2016 kemarin.

Film bergenre thriller ini menceritakan tentang sebuah permainan unik bernama Truth or Dare. 

Permainan ini di dalamnya berisi tantangan aneh dan gila yang harus dimainkan di dunia nyata yang dikendalikan oleh sistem secara online.

Dan bagi pemain yang mampu menyelesaikan setiap tantangan, maka pemain akan mendapatkan hadiah berupa uang.

Semakin tinggi level tantangan, semakin besar juga jumlah uang yang bisa didapatkan.

Disisi lain, tim hacker mencoba untuk mematikan sistem game ini, karena semakin levelnya tinggi, tantangan yang ada pada game ini bisa membahayakan nyawa si pemain dan orang di sekitarnya.

Dan rating film ini sendiri yaitu 6.6 di IMDB

9. The Italian Job (2003)


The Italian Job diproduksi oleh Paramount Pictures dan tayang perdana pada tahun 2003 silam. Film ini memang bisa dibilang film jadul, tapi cerita yang disajikan tidak kalah serunya dengan film-film zaman sekarang.

Buktinya film ini seringkali tayang di layar kaca Indonesia. Di menit-menit awal, film ini menceritakan tentang aksi perampokan emas batangan dalam jumlah yang sangat banyak.

Dan tak disangka ada salah satu anggota perampok yang berkhianat, tentu hal ini membuat anggota lainnya merasa geram.

Silahkan lihat sendiri bagaimana hebatnya sekelompok perampok ini menjalankan aksinya dengan bantuan hacker.

Film yang dibintangi Jason Statham ini mendapatkan rating 7.0 di IMDB

10. Live Free or Die Hard (2007)


Die Hard merupakan film yang terkenal dan sukses dalam dunia perfilman. Seri pertama film ini tayang pada tahun 1988.

Live Free or Die Hard merupakan sequel ke-4 sekaligus menjadi film yang paling terkenal akan aksi hackernya.

Film ini menceritakan tentang Thomas Gabriel yang merasa tidak dihargai ketika masih menjabat di NSA dan berniat untuk balas dendam untuk melumpuhkan Amerika Serikat dengan sebuah program dengan bantuan hacker.

Tapi Thomas malah membunuh hacker yang telah membuatkan program tersebut. Dan salah satu targetnya adalah Matthew Farrell yang telah membuat algoritma yang mampu menerobos dan menembus segala macam security system.

Dan agen FBI McClane yang ditugaskan untuk menangkap sekaligus menyelamatkan nyawa seorang hacker tersebut.

Tapi tidak sampai disitu, konflik baru muncul ketika Thomas justru mengincar anak dari agen FBI John McClane. Seru banget deh pokoknya!

Film action yang diproduksi oleh 20th Century Fox ini mendapatkan rating 7.2 di IMDB

11. Snowden (2016)


Film ini diangkat dari kisah nyata dari seorang pria yang bernama Edward Snowden.

Film ini menceritakan tentang kehidupan Edward Snowden seorang mantan karyawan CIA yang menjadi kontraktor NSA (National Security Agency) dan pada masa itu ia membocorkan ribuan file informasi program mata-mata rahasia NSA kepada media.

Dokumen rahasia yang Edward bocorkan membuatnya menjadi buronan dan tentunya mengejutkan banyak pihak.

Film ini diramaikan oleh aktor dan aktris terkenal seperti Zachary Quinto, Melissa Leo, Shailene Woodley dan Nicolas Cage.

Film yang diproduksi Endgame Entertaiment ini mendapatkan rating 7.3 di IMDB dan sangat layak untuk kamu tonton


12. Who Am I (2014)


Who Am I menceritakan mengenai seorang pemuda ahli komputer bernama Benjamin yang dianggap memiliki kepribadian ganda. Karena keseriusannya mempelajari komputer, membuat dia sering dibully oleh teman-temannya.

Tapi justru dari situlah yang membuat Benjamin bertemu dengan Max yang juga ternyata mengidolakan Hacker yang sama yaitu MRX.

Setelah Benjamin menceritakan kemampuannya, Max yang sedang membutuhkan tenaga tambahan pun mengajaknya untuk bertemu dengan teman-teman yang lainnya.

Di sana Benjamin disuruh untuk bisa membuktikan kemampuan meretasnya dengan cara mematikan semua lampu yang ada di sekitar perumahan.

Hingga akhirnya mereka membentuk tim hacker yang diberi nama 'CLAY = Clowns Laughing At You'.

'CLAY' memiliki tujuan meretas sistem keamanan dan membuat lelucon tentang keuangan. Akibat aksinya tersebut membuat mereka menjadi buronan Interpol Eropa.

Plot Twist yang sangat terasa dan ending yang luar biasa, akan membuat kalian tercengang dan tidak menyangka dengan akhir film ini.
Film yang disutradarai oleh Baran bo Odar ini mendapatkan rating 7.6 di IMDB

13. The Social Network (2010)


Columbia Pictures lagi-lagi memproduksi film bertema hacker, film The Social Network tayang pada tahun 2010 dan wajib banget untuk kamu tonton.

Film ini akan mengisahkan tentang perjalanan mahasiswa yang pernah belajar di Harvard University bernama Mark Zuckerberg , salah satu pendiri Facebook sebelum ia mencapai kesuksesannya seperti sekarang.

Di dalam film ini kamu akan mengetahui secara detail siapa Mark Zuckerberg yang sesungguhnya dan bagaimana proses yang ia lalui hingga akhirnya menemukan sebuah social media yang dikenal dengan sebutan Facebook.

Tak ada kesuksesan yang instan, banyak sekali drama dan lika-liku permasalahan yang Mark hadapi sebelum ia sukses. Dari mulai kisah meretas sistem keamanan kampus hingga kisah cinta Mark yang tidak berjalan dengan sempurna.

Film ini sendiri berhasil meraih rating 7.7 di IMDB

14. The Girl With The Dragon Tattoo (2011)


Ada lagi film terinspirasi dari novel best seller yaitu The Girl With The Dragon Tattoo.

Film yang diproduksi oleh Columbia Pictures ini menceritakan seorang jurnalis senior yang menangani kasus misterius anak hilang yang terjadi 40 tahun yang lalu.

Sang jurnalis bernama Mikael Blomkvist yang diperankan oleh Daniel Craig ini dibantu oleh seorang hacker handa wanita yang mempunyai banyak 'tatto naga' dan piercing di tubuhnya.

Pada awalnya, kasus yang ditangani mereka berdua terlihat sederhana, namun seiring berjalannya waktu, kasus ini ternyata menjadi semakin rumit.

Keluarga yang kehilangan anak itu ternyata menyimpan banyak misteri yang tidak mudah untuk dipecahkan.

Film ini tayang pada tahun 2011 dan mendapatkan rating 7.8 di IMDB

15. iBoy (2017)


Film ini diproduksi oleh perusahaan ternama Netflix. Film ini menceritakan tentang seorang pemuda yang bernama Tom yang awalnya ingin mencoba dan menghentikan kekerasan yang terjadi kepada seorang gadis cantik bernama Lucy.

Tapi naas ia malah mengalami kejadian tragis yaitu kepalanya tertembak yang mengakibatkan ia mengalami koma di rumah sakit.

Ketika terbangun dari koma, tak disangka ternyata Tom segera menyadari ada Fragment Smartphone tertanam di otaknya dan membuatnya memiliki kemampuan layaknya superhero.

Film hacker yang satu ini berbeda dari film hacker pada umumnya, iBoy merupakan film hacker dengan kemampuan super yang mampu mengendalikan sistem hanya dengan mengandalkan pikirannya saja.

Tom yang dapat mengendalikan sistem jaringan komputer dan telepon ini berniat melukakan aksi balas dendam dengan mencari penjahat atas kejadian yang menimpa dirinya. Pasti penasaran kan bagaimana aksi hacker yang satu ini?

Film baru ini mendapatkan rating 6.0 di IMDB dan masih mungkin berubah

Itulah daftar film hacker terbaik dan populer ada yang diangkat dari novel dan kisah nyata, kalau kalian punya rekomendasi film hacker yang bagus silahkan tulis di kolom komentar ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.


EmoticonEmoticon