Edukasi - Apa yang terlintas di benak kalian ketika mendengar kata belajar? kalau saya malah terlintas kata "bermain" ketika mendengar kata "belajar". Sedangkan prestasi diperoleh dari usaha yang telah dikerjakan.

Karakter orang yang berprestasi adalah mencintai pekerjaannya, memiliki inisiatif dan kreatif, pantang menyerah, serta menjalankan tugas dengan sungguh-sungguh. Karakter-karakter tersebut menunjukan bahwa untuk meraih prestasi tertentu, dibutuhkan kerja keras.

1. Membuat Jadwal Belajar


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyediakan waktu, tentukan hari dan jamnya. Tidak perlu sering-sering kalau kamu sudah benar-benar memperhatikan pelajaran di sekolah. Hindari Sistem SKS, "Sistem Kebut Semalam" sudah usang. Jangan sampai jadwal belajar kita itu random mengikuti jadwal ulangan. Karena seorang pelajar yang bertanggung jawab, mampu mengatur waktu dengan baik.

2. Rapi Membawa Berkah


Apakah kamu biasa belajar di atas meja? Kalau iya, silahkan tata posisi peralatan belajar kamu senyaman mungkin (barang mudah di raih). Ini agak terlihat sederhana tapi dampaknya cukup besar. Kenapa?
  • Membuat mood menjadi baik saat memulai belajar
  • Ketika mengalami kesulitan saat belajar, kesulitannya tidak akan bertambah rumit kalau meja belajarmu rapi

3. Daftar Topik


Supaya belajar lebih terarah, buatlah daftar pelajaran apa yang belum dipelajari, yang akan di pelajari dan yang sudah di pelajari. Bukannya apa-apa, ini hanya untuk memudahkan saja supaya belajarnya tidak lompat-lompat.

4. Goals


Apa sih cita-cita kamu? jawab di kolom komentar ya. Buatlah tujuan yang jelas, misalkan 'hari ini kamu akan menamatkan buku biologi', atau 'Harus lulus UN dengan nilai sempurna lalu masuk ke SMP, SMA atau Perguruan Tinggi Negeri favorit'. Ya, tujuan memang wajib sebagai motivasi, agar ada suntikan semangat ketika kita sedang malas atau bosan belajar.

5. Focus Time


Setelah semua siap, sekarang fokuskan waktu belajar kamu. Atur waktu belajar kamu dengan memanfaatkan timer di hp kamu tapi jangan lupa matikan semua notifikasi, kalau bisa pakai mode pesawat saja biar gak bisa chattingan. Ya paling minimal 1-2 jam untuk belajar.

6. Mainkan Musiknya


Kata orang, musik klasik mampu meningkatkan kecerdasan otak. Kamu boleh mendengarkan musik kesukaanmu sambil belajar. Selain mampu menjaga mood, mendengarkan musik / Tilawah Al-Qur'an juga bisa mengulur rasa bosanmu cepat datang.

7. Gunakan Metode Kartu


Biasanya metode ini sering di terapkan untuk belajar bahasa asing. Keunggulannya memang membuat mudah menghafal kosakata. Tapi tidak hanya sampai disitu, cara ini juga bisa kok di pakai untuk menghafal rumus matematika.

Kamu bisa pakai kertas kecil atau memo untuk menuliskan rumus fisika dan matematika. Agar belajar semakin menarik dan menyenangkan, langsung saja ajak adik atau kakak untuk tebak-tebakan rumus.

Semakin kecil objeknya, semakin kamu fokus memperhatikannya, otomatis kamu akan lebih cepat mengingat ingat.

8. Akronim


Akronim adalah kependekan yang berupa gabungan huruf atau suku kata. Silahkan singkat kata atau kalimat sesuka kamu selama itu membuat kamu mudah menghafalnya. Teknik membuat singkatan pun dapat digunakan untuk menghafal rumus matematika. Misalnya dalam operasi bilangan. Urutan eksekusi operasi bilangan adalah:
  • Kurung
  • Kali atau bagi
  • Tambah atau kurang

Nah, untuk memudahkan, dapat disingkat KU-KABA-TAKU, untuk membuat menjadi lebih lucu maka KU-KABA-TAKU dapat dibuat kepanjangan kata lucunya seperti Kumis: KAmu BAu TAi KUcing.

9. Menggunakan Highlighter / Stabilo


Cara ini sudah populer sejak jaman dahulu kala, memberi warna pada poin kata/kalimat penting atau pada poin yang sering kamu lupa. Gunanya untuk mempermudah kita menemukan poin penting tersebut di kemudian hari di saat kita membutuhkannya. Tapi ingat! yang penting saja yang di beri warna, gak perlu semuanya di warnai.

10. Pengulangan


Kalau kamu tipe yang sulit mengingat pelajaran, kamu wajib mengulang setiap pelajaran yang sudah kamu pelajari di sekolah. Kamu bisa mulai dengan membaca sekilas saja, tapi khusus untuk rumus, kamu bisa menulisnya secara berulang-ulang. Apalagi rumus panjang yang bisa membakar mata. Contoh:
  • y = mx + c
  • y = mx + c
  • y = mx + c
  • Aku + Kamu = Cinta
  • Aku + Kamu = Cinta
  • Aku + Kamu = Cinta

11. Tingkatkan Porsi Latihan


Kalau atlet binaraga akan menambah beban barble nya untuk memperbesar massa otot. Kalau pelajar berprestasi pasti menambah porsi latihan menjawab soal sebanyak-banyaknya agar lebih pintar. Seperti mengerjakan PR, Prediksi soal UN dan USBN, soal try out dan lainnya. Kamu gak perlu repot nyari kemana-mana karena di blog ini juga tersedia kok soal-soalnya.

12. Istirahat


Belajar memang penting tapi akan lebih optimal ketika kamu memiliki tempo yang pas. Setelah berjam-jam kamu belajar dan timer sudah berbunyi, kini saatnya kamu wajib untuk istirahat (makan, minum, mandi, beresin kamar..dll) karena apa?

Semakin banyak belajar, semakin banyak yang kita tahu, Semakin banyak yang kita tahu, semakin banyak yang kita lupa, Semakin banyak yang kita lupa, semakin sedikit yang kita tahu

13. Tidur yang cukup dan Berkualitas


Kurang tidur hanya membuatmu menguap terus menerus. Sediakan waktu minimal 6-8 jam sehari untuk me-refresh seluruh tubuh kamu. Biasakan tidur pada (maksimal) jam 10 malam, karena regenerasi sel yang baik itu mulai jam 10 ke atas. Lalu kamu bangun sekitar jam 5 pagi dengan keadaan fresh dan siap tempur untuk menghadapi guru killer lagi.

Itulah Tips belajar ala anak berprestasi agar siap menghadapi UN dan USBN tahun ini. Semoga dapat membantu masalah kamu dalam belajar, terus kejar cita-citamu dan jangan malu untuk mencoba hal yang baru. Mohon maaf bila ada yang kekurangan, silahkan bantu lengkapi tips di atas dengan ide kamu di kolom komentar.
By