10 Film Fiksi Ilmiah Terbaik, Meraih Rating Rata-Rata 8 di IMDB

Film Fiksi Ilmiah - Film dengan genre Sci-Fi atau fiksi ilmiah (Science Fiction) mendapatkan benyak perhatian semenjak penayangan film fenomenal 'A Trip To The Moon' pada tahun 1902. Sejak saat itu, film fiksi dengan balutan illmu pengetahuan mulai bermunculan dan seakan mejadi hiburan yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pecinta film.

Tapi sebelum itu, saya hanya ingin mengingatkan tolong tekan "izinkan / allow" ketika ada notifikasi yang muncul. Supaya kalian bisa dapat update film-film yang recomended dari samlike, dan berikut 10 film fiksi ilmiah terbaik dengan rata-rata rating 8 di IMDB:

1. Star Trek (2009)


Star Trek adalah film fiksi ilmiah tentang pesawat USS Enterprise yang bertugas menjaga keamanan di federasi antar planet. Star Trek bercerita tentang awal mula persahabatan antara Spock & James.

Spock adalah makhluk keturunan dari Vulcan (stengah manusia, stengah vulcan) yang mempunyai ciri khas telinga yang lancip ke atas, dan memiliki kecerdasan yang sangat tinggi.

Film ini menampilkan efek yang luar biasa, dari mulai kapal USS Enterprise, ledakan planet dan perang di luar angkasa yang benar-benar akan memanjakan mata para penontonnya.

Dari sisi cerita pun tersusun sangat rapi, sehingga para penonton dijamin tidak akan merasa bosan ketika menonton film ini.

Film karya sutradara J.J. Abrams ini mendapatkan rating 8.0 di IMDB

2. The Martian (2015)


The Martian adalah sebuah film luar angkasa bergenre fiksi ilmiah yang menggambarkan seseorang ketika bertahan hidup di Mars ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel terkenal karya Andy Weir.

Film ini mengisahkan tentang tim astronot yang mengemban misi penelitian ke planet Mars tapi tanpa tertuga muncul badai yang mengharuskan mereka membatalkan misi tersebut dan kembali ke Bumi.

Tapi ditengah proses itu hal buruk terjadi, membuat salah satu astronot terlempar dan tertinggal sendirian di planet Mars.

Banyak percobaan yang ia lakukan tapi dia tetap harus berpikir keras bagaimana bertahan hidup di planet yang belum pernah ditinggali oleh manusia sebelumnya, ya paling tidak sampai bantuan datang menjemputnya.

Film fiksi ilmiah The Martian ini menjadi salah satu film terbaik yang tayang pada tahun 2015.

Film ini mendapatkan rating 8.0 di IMDB

3. Her (2013)


Selain fiksi ilmiah, film Her juga akan menyuguhkan drama romantis yang sangat mendalam. Sebuah hubungan emosianal yang ditampilkan dalam film ini terasa begitu menyentuh.

Pantas saja film ini masuk 5 nominasi Oscar 2014, yaitu untuk kategori Best Original Song, Best Picture, Best Original Screenplay, Best Original Score, dan Best in Production Design walau akhirnya "Her" hanya membawa pulang satu piala di kategori Best Original Screenplay.

Ketika seluruh dunia tergantung pada teknologi, seorang introvert yang juga berprofesi sebagai penulis ini sangat merasa kesepian dan membutuhkan seseorang untuk menjadi bagian dari hidupnya.

Dia pun memutuskan untuk membeli OS 1, salah satu sistem operasi pintar pertama di dunia sebagai asisten pribadi sekaligus menjadi teman menghabiskan banyak waktu luang sang penulis.

Dengan suara Scarlett Johansson yang tidak terlalu seperti robot dan suara tawanya yang khas dibalik sistem kecerdasan buatan ini, mampu membuat nuansa emosional hingga sang penulis jatuh cinta kepadanya.

Karya layar lebar dengan genre fiksi ilmiah ini tayang pada tahun 2013 dan mendapatkan rating 8.0 di IMDB

4. District 9 (2009)


Film yang diproduksi oleh produser terkenal Peter Jackson dan disutradarai oleh Neill Blomkamp dengan budget yang terbilang minim, yakni sekitar 30 juta dollar saja tetap mampu menyuguhkan film yang sangat berkualitas.

Bercerita tentang koloni Alien yang datang ke Bumi dengan tujuan untuk tinggal di Bumi dengan lokasi pendaratan di sebuah kota di Afrika Selatan yang disebut District 9.

Selain latar dan cerita yang apik, aspek pembeda dari film ini adalah pengambilan gambar yang dikemas seperti pengambilan gambar ala dokumenter. Sehingga penonton akan merasa telibat ke dalam kejadian yang terjadi di setiap adegannya.

Visual effect yang disajikan pun memang sederhana. Bukan karena film ini dibuat dengan dana yang sedikit, namun kesan dan tampilan sederhana itulah yang membuat film ini terasa jauh lebih nyata.

Film ini tayang pada tahun 2009 dan mendapatkan rating 8.0 di IMDB

5. Arrival (2016)


Arrival adalah Film Fiksi Ilmiah yang bertemakan Alien ini akan menghadirkan cerita yang berbeda dari film Alien ataupun film invasi makhluk asing lainnya. Karakter yang dimunculkan akan membuat kita mendalami lebih dalam alur ceritanya.

Kemampuan sutradara Denis Villeneuve memang tidak bisa diragukan lagi, dia berhasil mendapatkan banyak sambutan positif akan karya-karyanya termasuk Arrival.

Film ini sendiri bukan menceritakan invasi alien menyerang ke Bumi, tapi lebih kepada cerita yang dalam antara alien Abott & Costello dengan Amy Adams sang ahli bahasa yang mencoba menterjemahkan tujuan Alien tersebut datang ke Bumi.

 Film ini sendiri mendapatkan rating 8.0 di IMDB

6. 2001: A Space Odyssey (1968)


Bahkan seorang astrofisikawan dari Australia Alan Duffy mengaku bahwa film A Space Odyssey ini yang paling mendekati dengan kenyataan.

Menurutnya di film ini hukum fisika dipraktekan, penonton akan dikenalkan pada dasar fisika cara kerja roket dan penggunaan momentum yang disajikan dengan sangat luar biasa.

Film dengan durasi waktu 142 menit ini memiliki alur cerita yang detil dan bisa dibilang sangat lambat, sampai-sampai akan membuat penonton yang kurang menyukai genre ini mengantuk berat.

Namun sebaliknya, bagi pecinta film fiksi ilmiah, film karya Stanley Kubrick ini juga banyak disebut sebagai pionir film fiksi ilmiah dengan latar belakang luar angkasa dan sangat direkomendasikan karena efek visual yang mengagumkan pada saat itu.

Film yang tayang pada tahun 1068 ini mendapatkan rating 8.3 di IMDB

7. Blade Runner 2049 (2017)


Blade Runner 2049 merupakan sequel dari film 'Blade Runner' yang tayang pada tahun 1982. Kali ini disutradarai oleh sutradara terkenal Denis Villeneuve, ia menggarap film ini dengan begitu apik dan berhasil membuat Blade Runner wajib untuk di tonton.

Film ini akan menceritakan kelanjutan situasi 30 tahun setelah film pertamanya. Kekuatan visual menjadi salah satu aspek terbaik dari film ini. Ditambah lagi sinematografi serta efek CGI yang menawan akan terasa jauh lebih baik daripada film pendahulunya.

Film ini tayang di seluruh bioskop seluruh Indonesia pada tahun 2017 dan mendapatkan rating 8.4 di IMDB

8. Interstellar (2014)


Banyak yang menyebut film Interstellar sebagai salah satu film bergenre fiksi ilmiah terbaik sepanjang sejarah.

Bagaimana tidak, sutradaranya saja Christopher Nolan.

Menceritakan tentang sebuah kelompok khusus yang menjelajahi luar angkasa untuk mencoba mencari dan menemukan tempat hunian baru bagi umat manusia.

Tampaknya Nolan ingin menggambarkan kondisi luar angkasa serealistis mungkin dalam film Interstellar, dengan memadukan kedalaman ilmu pengetahuan yang paling mendekati realita.

Banyak teori yang menimbulkan perdebatan dari film ini, misalnya teori mengenai Wormhole, gravitasi, dilasi waktu, hingga dimensi 5. Di luar daripada pro kontra yang terjadi, semua aspek yang disuguhkan dalam film ini terasa begitu apik dan menarik perhatian penonton khususnya mereka yang suka dengan dunia fisika.

Film ini juga sukses menjadi salah satu film terbaik yang tayang di tahun 2014 dengan mendapatkan rating 8.6 di IMDB

9. The Matrix (1999)


Film Action-Sci Fi menceritakan tentang seorang hacker yang masuk ke dunia virtual untuk melawan program-program jahat yang disebut 'Agent' ini tidak hanya sukses meraup keuntungan finansial, namun juga menjadi film yang mampu melahirkan karakter ikonik yang sangat populer.

Sehingga membuat film ini memiliki pengaruh besar di dunia perfilman, bahkan The Matrix digadang-gadang sebagai film Aksi, Fiksi ilmiah terbesar dan sempat memenangkan piala Oscar sebanyak 4 kali.

Kabar baiknya bagi para pecinta The Matrix, Warner Bross dikabarkan sedang dalam proses reboot film ini.

Dengan teknologi saat ini tentunya membuat kita tidak sabar bagaimana kerennya efek-efek yang akan muncul di film terbarunya.

Film ini berhasil mendapatkan rating 8.7 di IMDB

10. Inception (2010)


Boleh dibilang Christopher Nolan adalah nama dari sedikit sutradara yang mampu membuat film berkualitas original yang gampang disukai banyak orang.

Inception ini akan menyajikan cerita yang seru dan menegangkan dan yang pasti akan menyita konsentrasi penonton. Ya bisa dibilang juga sebagai film yang membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi dalam menontonnya.

Tapi kita harus hati-hati dan jangan sampai kita terjebak di dalam ceritanya.

Konsep dunia dalam dunia alias bermain di alam mimpi / alam bawah sadar membuat film ini terasa keren, ditambah dengan 'twist ending' yang disuguhkan menjadi benar-benar twist ending, karena banyak sekali orang yang bingung dan mendebatkan apa yang sebenarnya terjadi dalam akhir film ini.

Inception berhasil mendapatkan rating tinggi 8.8 di IMDB

Itulah 10 film fiksi ilmiah yang wajib kalian tonton. Film tersebut akan banyak sekali menyajikan efek-efek visual yang dapat membuat kalian betah menontonnya. Serta akan banyak efek teknologi-teknologi canggih yang kerap ditampilkan di setia ceritanya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di daftar film terbaik selanjutnya.

Mana Filn Sci Fi favoritmu?

Help us rate this article:

Register your email for free!

We really appreciate your sincerity to subscribe to our website, on that basis we will keep your email well

Comment Policy : Don't hesitate to comment, comment according to the theme of the article. We are very happy to see you. Have a nice day.
Leave a comment