Tips Untuk Youtuber Pemula, 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Samlike.net - Memang menyebalkan ketika ktia tidak mendapatkan Views dan Subscriber sesuai dengan yang kita inginkan, dan pada tulisan kali ini kita akan membahas tentang 10 Kesalahan yang sering dilakukan youtubers baru, beserta cara penyelesaiannya untuk mendapatkan lebih banyak views.


10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan YouTuber


1. Tidak Melihat Ke Arah Lensa

Ketika kita berhadapan dengan kamera bisa saat sedang shooting di kamar atau sedang vlogging jangan terlalu sering membuang pandangan dari lensa kamera, karena justru yang harus kita lakukan adalah melihat lurus ke arah lensa, tentunya untuk melakukan kontak mata dengan viewers.

Contoh: Bayangkan ketika sobat berbicara dengan teman sobat tapi teman sobat malah melihat dahi sobat saat berbicara, tentu itu akan terasa aneh. Dan itu sama halnya dengan sebuah video.

2. Komentar Spam

Saya yakin kita sudah tahu dan sering melihat komentar yang sepert "sub4sub", "sub balik ya", "ditunggu subscribenya" dll. Yang isi komentarnya hanya mempromosikan channelnya di channel orang lain bahkan tanpa melihat video itu sendiri.

Yang saya sarankan disini ialah daripada hanya berkomentar seperti itu. Setelah sobat melihat videonya, sobat bisa menambahkan nilai lebih dengan cara mengomentari isi videonya dan melakukan percakapan dengan komentator lainnya.

3. Judul Youtube Yang Membingungkan

Yang sering saya lihat adalah youtubers melakukan apa yang youtubers lain lakukan, khususnya mengikuti YouTubers terkenal. Tapi kesalahan besar yang sering dilakukan youtubers pemula ialah seperti menyematkan nama channel mereka di awal judul video seperti "Today's vlog" atau "Vlog 999" dll.

Padahal sebenarnya sebagai channel baru sobat harus menanamkan searchable content di awal judul. Hindari bahasa yang hanya di mengerti oleh sobat, teman-teman dan subscriber sobat saja. Karena sobat harus menyadari bahwa ada penonton potensial di luar sana yang bisa menemukan konten sobat.

4. Tidak Konsisten

Sangat penting untuk selalu terlihat, setidaknya 1 kali dalam seminggu itu wajib untuk menjaga subscriber sobat tetap setia. Jangan sobat mengupload 10 video dalam 1 bulan lalu sobat tidak mengupload video selama 6 bulan, itu tidak baik.

Kunci bermain YouTube adalah konsisten. Jadi, kalau sobat punya 10 video, akan lebih baik jika di upload 1 video/minggu (memakan waktu 10 minggu) tapi ada tiap minggunya, daripada sobat bernafsu mengupload 10 video dalam 1 minggu lalu menghilang tidak pernah terlihat lagi sama sekali.

Tips -
Kalau sobat memiliki kesibukan yang padat sehingga sulit meluangkan waktu untuk membaut video, sobat bisa memanfaatkan fitur Live Stream, misal saat sobat hangout dengan teman-teman, bermain game bahkan mengabadikan kegiatan pekerjaan sobat. Setidaknya hanya untuk memastikan kalau sobat upload setiap minggunya.

Ada 2 poin penting kenapa sobat harus konsisten:

  • Tidak ada alasan untuk men-Subscribe kalau sobat tidak akan mengupload video lagi di kemudian hari.
  • Youtube akan menghargai ketika sobat memberikan konten secara teratur

5. Intro Yang Kurang Nendang

Ini salah satu bagian yang sangat vital untuk semua video di YouTube, saya sarankan jangan pernah membuat intro dengan durasi terlalu panjang seperti 20-30 detik apalagi 1 menit. Intro itu cukup 5-10 detik maksimal.

Intro yang baik berisi ringkasan poin penting yang ada dalam video. Untuk apa? untuk membangun ketertarikan penonton pada pandangan pertama supaya mereka penasaran dan mau menonton sampai habis.

Tips - 
Mulailah video sobat dengan pertanyaan seperti "Apakah sobat ingin tahu cara mendapatkan banyak views dalam waktu singkat?". Bayangkan sobat memulai video dengan sedikit pertanyaan provokasi guna menggaet viewers agar merasa ingin menonton videonya.

6. Background Yang Tidak Sedap Di Pandang

Sebelum merekam video, pastikan kalau latar belakang yang kita gunakan tidak membuat sakit mata. Silahkan sobat rapikan sejenak sebelum memulai shooting, kalaupun tidak bisa di rapikan, silahkan untuk memilih latar belakangan yang lebih rapi supaya penonton bisa dengan nyaman fokus kepada sobat.

7. Situasi Minim AVL (Audio, Video & Lighting)

Mungkin sobat berpikir untuk membeli kamera baru atau perlengkapan yang baru. Tapi tunggu bukan itu poin yang saya maksud.

Mungkin perlengkapan yang kita miliki saat ini masih standard, lalu sobat berpikir harus membeli perlengkapan yang lebih baik untuk bisa menjadi YouTubers. Itu memang perlu dan wajar, tapi yang lebih penting ialah bagaimana kita mengoptimalkan yang ada.

Tips -
  • Mulailah memikirkan tempat yang sepi untuk merekam audio yang lebih baik seperti kuburan atau pabrik tua.
  • Shooting saat kondisi cahaya mencukupi, saat cahaya matahari bisa masuk lewat jendela atau sobat bsia menjadi konten kreator khusus di siang hari.
Ingatlah ini -  
Bayangkan sobat sedang belajar motor/mobil, biasanya orang akan bilang "akan lebih baik kalau belajar menggunakan motor/mobil yang kondisinya kurang bagus, jadi pada saat sobat menggunakan kendaraan yang bagus, sobat akan lebih mudah dan ahli saat mengendarainya."

Memang benar pada saat itulah sobat benar-benar belajar, mencari tahu kelemahan lalu membuat solusi untuk permasalahan tersebut.

Selama sobat belajar mengoptimalkan yang ada, jangan lupa untuk terus menabung karena saat ini sudah banyak smartphone yang mampu merekam dengan kualitas HD atau kamera yang harganya terjangkau. Kamera HD, Skill juga HD!

8. Low Energy

Lemas dan tidak bersemangat menjadi salah satu faktor pembunuh atensi penonton saat menonton video, mereka tidak ingin melihat sesuatu yang membosankan bukan, yang di inginkan adalah sesuatu yang bersemangat dan antusias betul?

Berikanlah 10% tambahan energi dalam setiap video sobat.

9. Terburu-buru Monetizing

Saran saya, kalau Channel sobat masih baru walaupun sudah bisa monetisasi, saya sarankan untuk jangan dulu mulai mengalihkan viewer atau subscriber sobat ke iklan, karena yang saya teliti memang setiap influencer bebas memiliki cara dan tujuan masing-masing.

Tapi kalau dia berjiwa influencer biasanya, dia tidak terburu-buru monetize, dia lebih menikmati proses yang benar-benar proses, karena percaya atau tidak kalau kita benar sudah jadi influencer, ya uang yang akan mengejar kita.

10. Tidak Sabaran

Menjadi seorang YouTuber tidak semudah kelihatannya, tentunya tidak jauh berbeda prinsipnya dengan dunia nyata. Membutuhkan waktu, tenaga dan pikiran untuk membangun sebuah audiens dan menjadi sukses di YouTube.

Jangan malas untuk mempelajari cara, teknik dan sistem yang ada di YouTube supaya bisa terus meningkatkan kualitas video kita agar bisa menarik lebih banyak perhatian lalu memetik buah yang manis disana.

Jadi begitu Tips Untuk Youtuber Pemula, 10 Kesalahan Yang Paling Sering Dibuat yang paling sering dilakukan YouTuber pemula, mungkin ada yang mau menambahkan silahkan tulis di kolom komentar, boleh juga menulis channel sobat di bawah, siapa tahu mendapatkan banyak subscribers baru. Terima kasih.
Pendapatmu:

Subscribe Artikel

Subscribe artikel Gratis langsung via email...

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
BERI KOMENTAR