Jangan Salah, Inilah Manfaat Melamun Untuk Kesehatan Otak

Kesehatan - Melamun adalah sebuah kondisi dimana ada waktu seketika pikiran seseorang terputus dengan lingkungan sekitarnya. Biasanya pikiran seseorang itu sebagiannya menjadi kabur dan sebagiannya lagi digantikan oleh khayalan visual tentang hal-hal yang menyenangkan, harapan atau ambisi.

Kondisi melamun ini biasa dialami dalam kondisi terjaga dan termasuk ke dalam suatu hal yang wajar. Dan hal ini bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah kebiasaan seseorang.

Menurut sebuah penelitian, orang menghabiskan 1/3 sampai 1/2 waktu hidupnya untuk melamun. Dan penelitian ini juga menemukan sebuah fakta, dimana melamun adalah sebuah cara serius untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasi seseorang.

Seperti yang berikut ini yang telah kami rangkum, berbagai manfaat melamun untuk kesehatan otak.

1. Manfaat melamun untuk Empati


Secara tidak langsung, ternyata melamun itu bisa memunculkan perasaan empati lho. Banyak penelitian menunjukan bahwa pada era globalisasi ini orang mulai sulit berempati. Padahal menurut beberapa penelitian lainnya, diungkapkan bahwa ada hubungan antara ingatan, imajinasi dan kemampuan orang untuk berempati.

Dengan membayangkan sebuah skenario atau hal yang belum pernah dialami diri sendiri, seseorang dapat dengan mudah mengerti tindakan pihak lain. Dari pemikiran inilah pada akhirnya manusia akan memiliki perasaan empati terhadap orang lain.

2. Manfaat melamun untuk menajamkan ingatan


Disaat diri kita melamun, ternyata beberapa memori muncul di ingatan kita. Dan menurut American Psychological Association, membayangkan sesuatu sampai memori muncul itu merupakan sebuah cara yang efektif untuk mengingat kembali informasi-informasi secara spesifik.

Makanya tak heran, melamun atau berimajinasi ini dapat membantu proses rehabilitasi ingatan bagi mereka yang pernah mengalami gangguan ingatan akibat cidera otak.

3. Manfaat melamun untuk pemahaman diri


Di dalam kehidupan manusia, terkadang muncul pilihan-pilihan hidup yang harus dipilih. Dan biasanya ini menjadi sesuatu hal yang sulit bagi manusianya itu sendiri. Mengapa seperti itu, biasanya mereka belum memahami dirinya sendiri.

Ternyata sikap belum bisa memahami diri ini dapat menggunakan melamun sebagai obatnya. Banyak ahli psikologi mengeluarkan teori bahwa individu yang menyadari penuh potensi dirinya, maka akan mampu membayangkan kemungkinan-kemungkinan kemampuan diri lebih dari sebelumnya.

Seorang master psikologis Srini Pillay juga mengungkapkan bahwa,

Berimajinasi itu dapat mengaktifkan wilayah otak yang secara tidak sadar dapat menunjukan peta munuju kesuksesan hidup.Srini Pillay

4. Manfaat melamun untuk meningkatkan kreativitas


Tak hanya dapat meningkatkan pemahaman diri, melamun juga dapat meningkatkan kreativitas. Melamun dapat membawa otak ke sebuah format kreativitas tak terbatas. Pikiran yang tidak langsung seperti imajinasi atau khayalan dalam melamunlah yang dapat menuntun otak untuk menemukan hasil kreatif.

Menurut beberapa penelitian, sebuah penemuan bermula hanya dari khayalan. Kerja otak dapat menelusuri kemungkinan-kemungkinan khayalan tersebut.

Para ahli mengatakan bahwa ini sangat berguna untuk kehidupan kerja seseorang. Tapi tentu saja, melamunnya jangan saat sedang bekerja.

5. Manfaat melamun untuk meningkatkan suasana hati


Disaat anda sedang melamun tentu tidak hanya memikirkan hal yang berat, tapi ada juga waktunya seseorang memikirkan impian atau mengulang ingatan kejadian yang menyenangkan.

Setelah melamunkan hal-hal yang ringan dan positif pasti akan timbul rasa lebih senang dan bahagia. Aura yang masuk pada diri anda pun akan jadi positif. Lainnya lagi, kesenangan yang anda rasakan ini pasti akan menular ke orang-orang disekitar anda.

Dengan demikian, lingkungan pun akan menjadi lebih positif.

***
Dan itulah beberapa fakta tentang manfaat melamun untuk kesehatan otak. Semoga informasi di atas bermanfaat, sehingga anda bersedia membagikan informasi ini ke akun media sosial anda walau hanya 1 kali. Terima kasih!
Help us rate this article:

Register your email for free!

We really appreciate your sincerity to subscribe to our website, on that basis we will keep your email well

Comment Policy : Don't hesitate to comment, comment according to the theme of the article. We are very happy to see you. Have a nice day.
Leave a comment