Review Asus Zenfone Zoom S Indonesia: Baterai Irit, Kamera Juara

SamLike.net - Hai, tema bahasan kita kali ini adalah Review Asus Zenfone Zoom S yang kalau diluar namanya adalah Asus Zenfone 3 Zoom, smartphone canggih dari pabrikan ternama asal Taiwan yang telah menggaet tokoh figur Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari sebagai Brand Ambassadornya.

Review Asus Zenfone Zoom S Indonesia: Baterai Irit, Kamera Juara

Review Asus Zenfone Zoom S

Desain

Kesan pertama saat melihat hp ini adalah kita akan sangat familiar dengan desainnya, mungkin karena hp ini masih ada garis keluarga dengan Zenfone 3 jadi desainnya juga identik. Bedanya adalah jika Zenfone 3 memiliki back  cover kaca, maka di Zoom S ini back covernya berbahan metal.

Walaupun berbahan metal, ternyata hp ini terasa agak licin saat di genggam. Tapi tidak perlu khawatir karena ada softcase di dalam paket penjualan yang di berikan oleh Asus secara cuma-cuma. Finishing dan Build Quality-nya sangat baik jadi untuk kualitas kita tidak perlu meragukannya lagi.

Bobot hp ini terhitung ringan dan tipis, mengingat baterai yang di miliki hp ini terbilang besar yaitu 5000mAh. Dimana biasanya semakin besar baterainya, semakin berat hp nya.

Tombol volume berada di sebelah kiri yang menurut saya pas dan mudah di raih oleh jari. Sedangkan di bagian belakang ada sebuah sensor sidik jari, kamera, LED flash dan sensor autofocus yang letaknya terlihat pas.

Di bagian atas ada sebuah lubang jack audio, sedangkan di bagian bawah ada microphone, speaker dan port charger berjenis USB type C. Sayangnya hp yang di banderol hampir 6 juta ini tidak dilengkapi dengan backlight pada tombol navigasinya, alhasil dalam kondisi gelap akan sulit menemukan mana back, home dan task manager.
  • AMOLED Capacitive Touchscreen
  • 5.5 inches (~70.2% screen ratio)
  • 1080 x 1920 pixels
  • ~401 PPI Pixel Density
  • Corning Gorilla Glass 5
Hp ini memiliki layar sebesar 5.5 inch beresolusi Full HD dan sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5, yang membuat hp ini terasa spesial adalah penggunaan AMOLED yang mana sangat jarang kita temukan di hp-hp Asus, karena seingat saya seri zenfone terakhir yang memakai layar AMOLED adalah Asus Zenfone 3 Deluxe Special Edition.

Kualitas layarnya tidak perlu di ragukan lagi, dengan kontras khas AMOLED, performa di bawah sinar matahari sangat baik. Gambar terlihat tajam dan sudut pandangnya juga bagus.

Panel AMOLED memang sangat memanjakan mata, karena warna-warna yang ditampilkan layar jenis ini terlihat lebih hidup walaupun terkadang agak berlebihan.

Performa

Asus Zenfone Zoom S memiliki spesifikasi yang identik dengan zenfone 3. Diperkuat dengan Snapdragon 625, RAM 4GB dan internal storage 64GB. Seri snapdragon ini memang bukan diperuntukan untuk kebut-kebutan tapi lebih ke efisiensi daya.

Walau begitu, dalam penggunaannya masih terasa lancar dan enak untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat. Masih nyaman saat dipakai bermain game HD. Dalam settingan full itu masih lancar walau terkadang kita akan merasakan beberapa kali frame drop. Lancarnya main game di hp ini tidak lepas dari peran GPU Adreno 506.

Kelebihan hp ini ketika dipakai bermain game agak lama adalah hp ini akan memberikan efek relaksasi untuk jari kita dengan suhu hangatnya. RAM 4GB-nya mampu mengelola aplikasi yang berjalan bersamaan dengan baik. Jai walaupun menjalankan banyak aplikasi, hp ini tidak akan menutup aplikasi-aplikasi background. 
  • Qualcomm Snapdragon 625
  • Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
  • Adreno 506
  • 4GB RAM / 64GB ROM
  • MicroSD up to 256GB
  • Dual SIM Hybrid
  • Li-ion 5000mAh (Non-Removable)
Sensor-sensor di hp ini lengkap termasuk sensor gyroscope untuk main VR (Virtual Reality). Sensor fingerprint di hp ini lebih besar dari sensor fingerprint di zenfone 3 dan kemampuan membaca sidik jarinya juga lebih cepat dan mampu unlock hp walau dalam keadaan layar mati sekalipun.

Baterai di hp ini mempunyai kapasitas sebesar 5000mAh, biasanya kapasitas sebesar itu ada di seri max-nya asus. Jadi hp ini seperti perpaduan antara zenfone 3 dan zenfone max. Tapi dengan baterai sebesar itu apakah lantas daya tahannya juga baik?

Ibarat kata, kalau dulu kita bingung bagaimana caranya supaya baterai hp tidak cepat habis, tapi di hp ini kita bakalan bingung bagaimana menghabiskan baterainya. Hp ini juga mendukung fitur fast-charging dengan teknologi buatan sendiri yang bernama BOOSTMASTER (10W / 2V 5A).

Di hp ini sudah terpasang Android 6.0 Marshmellow yang dibalut antarmuka Asus ZENUI 3.0, tapi seperti biasa karena Asus baik hati, sampai saat ini Asus masih memberikan aplikasi bawaan yang jarang bahkan tidak terpakai alias bloatware.

Kamera

Asus Zenfone Zoom S memiliki 2 buah kamera di bagian belakang, tidak sedikit yang bilang desainnya mirip iPhone 7 Plus. Dual kamera di hp ini punya setup 1 lensa 25mm wide lens F/1.7 dan satu lagi lensa tele 59mm yang bisa melakukan optical zoom hingga 2,3x dan 12x digital zoom.

Kedua kamera tersebut beresolusi 12MP, sedangkan kamera depannya beresolusi 13MP. Ada sensor RGB di samping flashlight yang berfungsi untuk mengontrol white balance. Untuk keseluruhan, hasil dari tangkapan kamera belakang ini cukup bagus, baik fitur lensa wide ataupun lensa tele-nya.

Dalam kondisi cukup cahaya, sudah pasti masuk kedalam kategori bagus. Mulai dari warna yang akurat, detailnya yang baik hingga fokusnya yang luar biasa cepat berkat teknologi TriTech+, dimana teknologi ini menggabungkan 3 teknologi autofocus mulai dari dual pixel PDAF, subject tracking autofocus dan laser autofocus.

Hp ini juga bisa mengambil gambar dalam format RAW, jadi sangat berguna untuk kita yang terbiasa mengolah foto di post-production.
  • Dual 12 MP, (25mm, F/1.7, OIS (4-axis) & 59mm, F/2.8)
  • Laser/Phase Detection Autofocus
  • 2.3X Optical Zoom Factor
  • Dual-LED (Dual Tone) Flash
  • 1/2.5" Sensor Size @ 25mm, 1.4mm Pixel Size
  • Video2160p@24fps, 1080@30fps
  • 13 MP Front Camera
  • F/2.0, 1/3" Sensor Size
  • 1.12 mm Pixel Size
Sedangkan untuk hasil foto dalam kondisi low-light, masih belum terlihat ada yang spesial dari kamera ini. Walau dengan aperture yang besar yaitu F/1.7 dimana itu setara dengan Samsung Galaxy S8, foto yang dihasilkan masih kurang memuaskan, tapi lain cerita kalau kita menggunakan mode manual karena hasilnya akan menjadi lebih baik.

Kamera di hp ini sangat banyak pilihan manualnya, kita bisa atur white balance, ISO, Shutter speed, Autofocus dan lain-lain layaknya kamera DSLR. Intinya kamera di hp ini punya potensi yang sangat luas sehingga kita bisa mengeksplor lebih dalam lagi.

Sedangkan untuk kamera depannya keren. Detail yang ditangkap oleh kamera depannya terasa sangat baik mengingat resolusinya sendiri 13MP. Artinya kamera depannya sangat mumpuni bahkan kalau dibandingkan dengan hp selfie lainnya, saya yakin kamera depan hp ini bisa jadi saingan terberat.

Beralih ke sektor perekaman video, selain bisa merekam video 4K. Sama seperti zenfone 3, hasil video dari hp ini terlihat sangat minim guncangan berkat image stabilizer-nya. FYI, hp ini memiliki 2 jenis stabilizer yaitu OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electrical Image Stabilization).

Kesimpulan

Dengan harga yang hampir 6 Juta, kita akan mendapatkan sebuah hp dengan kamera depan dan belakang yang sangat bisa diandalkan. Kamera depannya setara atau bahkan lebih baik dari hp selfie lainnya dan kamera belakangnya berani diadu dengan hp-hp flagship saat ini, ditambah lagi daya tahan baterai yang menurut saya luar biasa. Sepertinya memang sektor itu yang membuat harganya sampai segitu.

Terima kasih telah membaca Review Asus Zenfone Zoom S Indonesia sampai tuntas. Kalau kalian memiliki pengalaman menarik dengan hp ini, silahkan sharing pengalaman tersebut di kolom komentar ya. Jangan lupa juga di viralkan ke akun media sosial kalian, karena 1 share = 10 kebaikan.

Jadi berapa kalau 10x share?

COMMENTS

Name

Asus,2,cara,2,Delete,1,Gadget,1,hubungan,5,Interaksi Sosial,10,Introvert,2,jomblo,2,Kata Bijak,3,Kata Cinta,1,Kata Gaje,1,Kata Galau,1,Kata Kangen,1,Kata Keren,1,Kata Lucu,1,Kata Marah,1,Kata Motivasi,1,Kata Nyindir,1,Kata Sedih,1,Katah Patah Hati,1,Komunikasi,9,Mobile Legends,1,Mobile Legends Update,1,Motivasi,7,Pengembangan Diri,13,Quotes,13,Review,5,Roman Picisan,6,Smartphone,2,Tips,7,Top 10,9,Unik,2,Wanita,2,Whatsapp,1,Xiaomi,3,Youtube,2,
ltr
item
Samlike - Mister Grooming: Review Asus Zenfone Zoom S Indonesia: Baterai Irit, Kamera Juara
Review Asus Zenfone Zoom S Indonesia: Baterai Irit, Kamera Juara
Review kelebihan dan kekurangan spesifikasi Asus Zenfone Zoom S Indonesia: Baterai Irit, Kamera Juara
https://3.bp.blogspot.com/-IpImyLjz59U/WZLkcNtx56I/AAAAAAAACeM/R3NnLanXNkwUmdrHN9abrfgnaAQgTcCkACLcBGAs/s640/zoom%2Bs.JPG
https://3.bp.blogspot.com/-IpImyLjz59U/WZLkcNtx56I/AAAAAAAACeM/R3NnLanXNkwUmdrHN9abrfgnaAQgTcCkACLcBGAs/s72-c/zoom%2Bs.JPG
Samlike - Mister Grooming
http://www.samlike.net/2017/08/review-asus-zenfone-zoom-s.html
http://www.samlike.net/
http://www.samlike.net/
http://www.samlike.net/2017/08/review-asus-zenfone-zoom-s.html
true
3627738293097200992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy