Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Indonesia, Hp Outdoor Saat Ini

SamLike.net - Ini adalah Asus Zenfone 3 Max varian yang dari segi desain sekilas mirip iPhone. Tidak ada yang spesial dari desainnya karena sangat identik dengan kebanyakan hp sekarang. Membulat di semua sisi, berbahan metal dan yang pasti desainnya nyaman di tangan tapi awas agak licin.

Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Indonesia, Hp Outdoor Saat Ini

Review Asus Zenfone 3 Max

Desain

Banyak yang bilang desain-desain hp seperti ini itu basi alias sudah terlalu mainstream. Tapi kenyataan justru yang model seperti ini yang laku di pasaran. Yang mirip iPhone biasanya selalu laku, mungkin karena itu Asus tidak terlalu ambil pusing dalam hal desain karena intinya kan bagaimana melakukan penjualan.

FYI, asus zenfone 3 ini memiliki 2 varian. Ada yang pakai prosesor mediatek dan prosesor snapdragon seperti yang akan dibahas sekarang.

Perubahan yang paling mencolok selain dari desainnya ada pada posisi fingerprint yang pasang di bagian belakang. Hp ini memiliki Screen to body ratio yang lumayan sekitar 77.3% sehingga Hp ini terasa tidak terlalu besar padahal memiliki layar 5.5 inch dan bezel di hp ini juga tipis. Layarnya sendiri sudah beresolusi Full HD, yang pasti membuat gambar di layar ini terlihat sangat tajam dan berkelas.

  • IPS LCD CAPACITIVE TOUCHSCREEN
  • 5.5 INCHES (~72.3% SCREEN-TO-BODY RATIO)
  • 1080 x 1920 ( 1080P )
  • 401 PPI PIXEL DENSITY
  • OLEOPHOBIC COATING

Tidak lupa juga sudah terpasang kaca 2.5D Glass + Olephobic Coating jadi enak banget sewaktu di sapu (swipe).

Sayangnya performa di bawah sinar matahari kurang begitu baik padahal hp ini menggunakan layar sharp dengan tingkat brightness 400 nits, yang mana harusnya masih dapat terlihat jelas di bawah sinar matahari.

Dan hal lain yang disayangkan adalah tidak adanya perlindungan kaca khusus pada hp ini.jadi saran saya silahkan gunakan anti-gores guna menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.


Performa

Asus zenfone 3 Max pakai snapdragon 430 Octa-core, ini memang bukan prosesor jadul tapi ini berada di segmen bawah seri snapdragon. Dengan RAM 3GB, penggunaan normal biasa tidak akan menemukan kendala tetapi kalau untuk yang berat-berat seperti bermain game HD, hp ini akan sedikit keteteran.

Hp ini mendapat skor 44000 di AnTuTu benchmark, dimana skor segini sudah menjadi standard banget ya. Storage 32GB juga rasanya cukup untuk yang suka instal aplikasi dan game yang banyak, kalau masih kurang kita bisa juga tambah microSD sampai 128GB. Sayangnya slot memori harus mengorbankan slot sim 2, artinya kita harus milih antara dual-sim atau single-sim + microSD.

Hp ini juga sudah menggunakan sensor fingerprint, kita bisa assign sampai lima jari kita untuk unclock hp. Selain untuk unclock hp, fingerprint ini bisa berfungsi sebagai tombol untuk ambil foto selfie atau untuk angkat telepon.

Unlock hp sendiri bisa dilakukan tanpa harus menghidupkan layar, meski begitu kemampuan membaca sidik jarinya terasa tidak terlalu cepat. Sensor-sensor di hp ini lengkap termasuk sensor essential seperti gyroscope.

  • Qualcomm Snapdragon 430
  • Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53
  • GPU Adreno 505
  • 3GB RAM
  • 32GB ROM
  • MicroSD up to 256GB (Hybrid)
  • Dual SIM 4G LTE
  • Li-ion 4100 mAh

Jika varian lain memiliki speaker yang berada di belakang, varian ini sedikit berbeda karena speakernya ada di bagian bawah seperti kebanyakan hp sekarang. Suaranya cukup nyaring dan keras.

Oh iya, hp ini punya dual slot nano-sim hybrid yang tentunya sudah support 4G untuk hampir semua operator di Indonesia.

Seri Max memang punya keunggulan di sektor daya dimana varian-varian ini punya ukuran baterai yang besar. Kalau di seri max sebelumnya ukuran baterai sampai 5.000 mAh, di seri terbaru ini ukurannya turun menjadi 4.100 mAh.

Padahal secara logika baterai 4.100 mAh yang kolaborasi dengan layar Full HD itu pasti tidak akan irit.

Tapi nyatanya asus zenfone 3 Max sanggup hidup sampai 2 hari nonstop, dan kerennya hp ini berhasil mendapat screen on time yang konsisten diatas 7 jam bahkan 9 jam.

Selain itu kita juga bisa memperpanjang umur baterai lebih lama lagi kalau kita pakai fitur saving mode, di tambah lagi hp ini bisa jadi power bank sehingga kita bisa charge hp lain pakai hp ini, karena di dalam paket penjualan kita akan menemukan USB OTG sebagai adapter.
Bisalah untuk membuka jasa charging hp disaat darurat.
Tapi walau baterai hp ini dahsyat, sayangnya hp ini belum di lengkapi fitur fast-charging, jadi nunggu charging sampai penuh itu ibarat berasa nunggu kepastian dari si dia.

Zenfone 3 Max pakai Android 6.0 Marshmellow yang dibalut antar muka ZENUI 3.0, tampilannya masih sama saja seperti seri zenfone yang lain. Dan seperti biasa, hp ini juga kaya akan bloatware.


Kamera

Tidak seperti biasanya setup kamera di hp ini terlihat berbeda. Zenfone 3 Max punya kamera belakang 16 MP dengan aperture f/2.0 dan 8 MP dengan aperture f/2.2 dibagian depannya. Setup kamera seperti ini sering kita temukan di hp-hp flagship, karena di hp ini sudah dilengkapi dengan lensa autofokus dan EIS (Electrical Images Stabilization).

Hasil fotonya sendiri untuk kondisi cukup cahaya hp ini bisa menangkap gambar dengan baik dan tajam. 
  • 16 MP f/2.0 Rear Camera
  • Phase Detection & Laser Autofocus
  • Dual-LED ( Dual Tone ) Flash
  • 1080p@30fps
  • 8 MP f/2.2 Front Camera
Warna yang di ciptakan juga cukup akurat, tapi sayangnya shutter speed di hp ini tidak terlalu cepat. Walau fokusnya cepat, saat ambil objek bergerak sering beberapa kali gambar menjadi blur.

Sedangkan untuk kondisi low-light dengan fitur pixelmaster, hp ini jelas bisa ambil gambar dalam kondisi gelap sekalipun, walaupun terang, noisenya pun cukup terlihat.

Tapi dengan menggunakan mode manual, hasil yang didapatkan bisa lebih baik lagi dibandingkan dengan mode auto.

Sedangkan hasil dari kamera depannya sendiri mampu menghasilkan gambar dengan detail yang cukup baik, bagus.

Kesimpulan

Hp ini adalah solusi buat kita yang ingin memiliki hp keren, stylish dan tahan lama. Asus berhasil mengoptimalkan baterai di hp ini agar dapat bertahan lebih lama. Kita tidak akan lagi pusing mencari colokan kalau baterainya masih ada. Walau fitur unggulannya dari sektor baterai, nyatanya kamera di hp ini cukup bisa diandalkan, dengan setup layaknya hp flagship memungkinkan kita mengambil foto dengan kualitas gambar yang baik.

Terima kasih telah membaca Review Asus Zenfone 3 Max ZC553KL Indonesia sampai tuntas. Kalau kalian memiliki pengalaman menarik dengan hp ini, silahkan sharing pengalaman tersebut di kolom komentar ya. Jangan lupa juga di share ke akun media sosial kalian, karena 1 share = 10 kebaikan.

Bagaimana kalau 10x share?

0 komentar