8 Cara Menjadi Youtuber Sukses, Agar Disukai Banyak Orang

SamLike.net - Trend menjadi Youtuber begitu pesat, hingga memunculkan banyak Youtuber baru dengan harapan mereka dapat meraih kesuksesan di Youtube, tapi kebanyakan dari mereka hanya membuat dan upload video saja tanpa mempelajari sistem dari Youtube itu sendiri.

Mereka hanya berharap jackpot alias mendadak viral, atau upload beberapa video, lalu dengan mudah mereka mendapat views, like, subscriber.

  • Padahal kenyataannya tidak sesederhana itu.

Walaupun sudah banyak waktu dan usaha demi memproduksi video yang mengagumkan. Tapi malah video mereka tidak ditemukan dalam pencarian dan tidak pula mendapat penonton atau interaksi.

  • Dan itu benar-benar mengecewakan.

Dalam tulisan kali ini kita akan berdiskusi tentang bagaimana permainan dasar kita bisa sukses di Youtube. Rencana sederhana namun sangat membantu untuk mendapatkan banyak views dan mendapatkan lebih banyak interaksi pada konten sobat. Dan akhirnya audiens memutuskan Subscribe pada channel sobat.

8 Cara Menjadi Youtuber Sukses, Agar Disukai Banyak Orang

8 Cara Menjadi Youtuber Sukses, Agar Disukai Banyak Orang

Pertanyaan Populer:

Bagaimana cara mendapatkan penonton lebih banyak? Anggaplah kita baru membuat channel Youtube lalu mengupload sebuah video. Tapi masalahnya, pada saat seseorang mengetik kata yang sama persis dengan judul video kita, tapi video kita tidak muncul paling atas. Tapi video orang yang lebih populer dengan judul yang sama yang akan muncul. Jadi bagaimana untuk mendongkrak posisi kita di pencarian?
Tapi pertama-tama, kita harus tahu dulu alasan kenapa orang ingin menonton Youtube. Dalam hal ini ada 3 alasan dasar yang sering muncul:
  • Mendapat rekomendasi dari orang yang mereka kenal
  • Seseorang mencari hiburan, mungkin video musik, kucing lucu..dll
  • Seseorang yang mencari Informasi, berita maupun tutorial
Sekarang kita mulai dengan strategi dasar untuk menjadi sukses di Youtube.

1. Lakukan Penelitian

Meluangkan waktu untuk penelitian itu penting, sekarang atau nanti sobat akan tetap harus melakukan penelitian untuk mengoptimalkan channel sobat. Jawablah pertanyaan berikut:
  • Tentang apa isi channel sobat ?
  • Siapa target penonton sobat ?
  • Dimana target sobat berkumpul selain di Youtube?
  • Bagaimana target penonton sobat tertarik kepada video dan channel sobat ?
  • Bagaimana sobat bisa mendapatkan penonton yang potensial untuk berlangganan dan membagikan video sobat ?

2. Lakukan Pengintaian

Silahkan sobat masuk ke blog, forum-forum online, grup facebook, komunitas Google+, Twitter dan lain-lain. Carilah orang yang benar-benar tertarik pada konten sobat. Pengintaian ini sangat penting karena video yang trending di Youtube, lebih banyak mendapat penayangan di luar Youtube.

3. Struktur Video & Produksi

Sekarang pastikan sobat memiliki rumus atau formula untuk video sobat. Sekarang saya akan memberikan tips struktur video yang banyak disukai penonton.
  • Pastikan sobat menggaet viewers di 1-7 detik pertama.
  • Lalu tunjukan bumper sobat / biasa disebut intro, sebetulnya ini opsional tapi ini sangat efektif untuk branding channel sobat 
  •  Tunjukan konten sobat, libatkan penonton lalu sajikan outro yang keren dan tentunya "call to action"
Setidaknya ini yang sering saya lihat di channel-channel populer. Catatannya adalah jenis channel dan penonton yang berbeda akan mempengaruhi struktur video yang berbeda pula, jadi lakukan penelitian dan percobaan untuk mengetahui formula seperti apa yang cocok untuk channel sobat.

4. Upload & Optimalkan

Upload video sobat, tapi pastikan ubah privacy yang default-nya public menjadi private terlebih dahulu. Untuk apa? 

supaya sobat memiliki cukup waktu untuk mengoptimalkan judul, deskripsi, tag, subtitle (kalau ada). Dan jangan lupa untuk menggunakan thumbnail khusus yang memikat mata. Setelah semua dirasa cukup, barulah sobat aman untuk set videonya ke publik.

5. Bagikan Video

Zaman sekarang kita punya akun Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, Instagram. Bagikan ke komunitas / grup yang telah sobat intai. Sobat bisa share video sobat disitu tapi dengan cara yang lebih baik, jangan sekali-kali melakukan spam.

Buatlah postingan yang baik, berkualitas dan embed video sobat atau bisa juga dengan menyelipkan link videonya saja.

6. Interaksi Langsung (Blusukan)

Luangkan waktu untuk membalas komentar pada video sobat, termasuk tempat di mana video sobat dibagikan.

Ini sangat penting! Mengapa?
Dengan membalas komentar, benar-benar membuat mereka merasa diperhatikan dan lebih dekat lalu secara tidak langsung, sobat sedang membuat komunitas kecil sobat sendiri.

7. Evaluasi & Penyesuaian

Sekarang sobat harus menganalisis data statistik video sobat, evaluasi bagaimana cara penonton menemukan sobat, lacak semua data yang diperlukan sehingga sobat bisa melakukan penyesuaian di kemudian hari.

  • Karena penonton ingin di mengerti.

8. Kolaborasi

Kebanyakan, para pembuat konten di Youtube bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan lewat Youtube apabila mau mengambil waktu lebih banyak untuk mempelajari audiens nya, membuat rencara untuk channel dan video sobat, seperti struktur video dan jadwal upload video.

Keuntungan kolaborasi sendiri adalah channel sobat beserta isinya akan lebih dikenal. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan views, likes, subscriber karena audiens nya menjadi 2x lipat bahkan lebih.

Tutup botol

Terima kasih telah membaca 8 Cara Menjadi Youtuber Sukses, Agar Disukai Banyak Orang. Untuk mendapatkan lebih banyak viewers, pastikan sobat menerapkan dan melihat artikel ini beberapa kali, lalu ambil notes sobat dan mulailah membuat strategi. Silahkan promosikan channel sobat di kolom komentar, tapi tolong share artikel ini terlebih dahulu, karena:

1 Share = 10 Kebaikan

0 komentar