Tips Mengelola Utang Kartu Kredit Pasca-Belanja Apalagi Lebaran

SHARE:

Poin yang perlu diperhatikan dalam membayar cicilan kartu kredit secara efektif supaya mengecilkan tagihan hutang penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Kalau anda banyak menggesek disaat lebaran dan akibatnya hanya utang yang menumpuk, lalu bagaimana mengelola utang kartu kredit. Sebenarnya kita bisa mengecilkan utang kartu kredit asal tahu cara yang tepat bagaimana mengelola utang kartu kredit Pasca-belanja.

pic debt org Poin yang perlu diperhatikan dalam membayar cicilan kartu kredit secara efektif supaya mengecilkan tagihan hutang penggunaan kartu kredit yang berlebihan.
Ingat, tips ini bisa diterapkan kapan saja tidak hanya setela lebaran, intinya setelah anda bersenang-senang dengan kartu kredit anda.

1. Hitung Total Tagihan
Kemungkinan kemarin kita menggesek kartu kedit itu cukup banyak untuk berbagai kebutuhan. Kita sekarang tugasnya adalah menghitung dari beberapa kartu kredit yang kita punya saat ini total tagihan masing-masing itu berapa..

Jadi jangan anda jumlahkan menjadi satu, tetapi anda harus tahu total tagihan dari 1 kartu kredit itu berapa dan harus tahu jatuh temponya itu kapan.

2. Evaluasi Uang yang Ada
pic: usnews Poin yang perlu diperhatikan dalam membayar cicilan kartu kredit secara efektif supaya mengecilkan tagihan hutang penggunaan kartu kredit yang berlebihan.
Lihat berapa uang yang ada, seperti uang yang ada di rekening atau mungkin yang sebentar lagi akan gajian. Dari kira-kira gaji itu, berapa kira-kira yang bisa kita ambil untuk melunasi si tagihan tersebut. Karena mungkin tidak bisa semuanya langsung lunas.

Kalau tidak bisa semuanya langsung lunas, maka mau tidak mau kita harus pilih mana jenis tagihan yang bunganya paling besar. Kenapa?

Karena, semakin besar bunganya maka semakin lama kita menunda pembayarannya nanti biayanya juga akan semakin tinggi. Jadi kita harus lunasi yang bunganya paling tinggi diantara kartu kredit yang lain.

  • [message]
    • Pentingnya anda tahu suku bunganya
      • Kartu kredit itu bunganya beda-beda, apalagi kalau anda melakukan pembelanjaan dan tarik tunai. Jadi kadang suku bunganya itu lain antara suku bunga belanja dan tarik tunai.
3. Evaluasi Jenis Belanja
Pada saat kita tahu bahwa kita tidak bisa lunasi seluruh tagihan yang ada, maka kita harus pilih kan.. Setelah kita pilih, ternyata jangan-jangan dari 1 kartu kredit pun kita tidak bisa lunasi semuanya. 

Maka kita harus cek kemarin kartu kredit dipakai untuk apa saja. 

Misalkan anda belanja ke supermarket atau bisa juga beli gadget. Ternyata kalau anda membeli barang-barang yang sifatnya bernilai tinggi itu anda punya opsi itu membayarnya dengan cicilan.

4. Putuskan, Lunas atau Cicilan
Rata-rata kita bisa cek ke setiap penerbit kartu kredit itu ternyata mereka kadang-kadang ada promo. Jadi daripada nanti nasabahnya gak bayar sama sekali lebih baik bayar tapi sedikit-sedikit.

Kadang-kadang, cicilan ini bunganya bisa sangat rendah atau bahkan 0%. Jadi kalau memang anda tahu anda tidak sanggup untuk melunasi semuanya sekaligus, maka kita bisa ambil opsi cicilan yang 0%.

Kalaupun anda mau langsung lunasi, anda harus memperhitungkan juga resiko yang mungkin bisa saja terjadi. Jangan sampai semua uang yang anda punya anda bayarkan untuk ini, takutnya nanti tidak punya dana darurat.

Jadi sebisa mungkin kita harus punya dana darurat, jangan sampai setelah lunas utang kartu kredit lalu misal ada kejadian tak terduga dan kita tidak punya uang sama sekali, akhirnya ngutang lagi.

Jadi malah seolah hutang ini tidak berakhir.
pic psholic Poin yang perlu diperhatikan dalam membayar cicilan kartu kredit secara efektif supaya mengecilkan tagihan hutang penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

*Bonus: 0%??

Apa yang perlu diperhatikan dalam membayar kartu kredit secara cicilan?

Biasanya cicilan bisa 0% tapi ada biaya administrasi.

Biaya administrasi inilah yang harus kita lihat jumlahnya berapa.

Kalau total tagihan anda katakanlah 10-20 juta, biaya admin hanya 200 ribu, ya berarti itu hanya 1% dan termasuk kecil sekali dibandingkan dengan suku bungapun masih lebih besar suku bunga yang biasanya 2% ke atas.

Sedangkan kalau total tagihan anda hanya 500 ribu tapi biaya adminnya 100 ribu itu berarti termasuk besar karena itu mencapai 20% dari total tagihan anda. Disini anda mesti hati-hati dan jangan malas berhitung.

Saya kira cukup sekian dulu, masih ada pembahasan selanjutnya mengenai dunia kartu kredit. Jangan lupa share dan daftarkan alamat email anda, untuk mendapat artikel terbaru dengan praktis. Salam sukses!

COMMENTS

Name

8Ball,1,Bisnis,1,Brother.B,1,cara,2,Chord,1,D.P.M.B,1,Giveaway,5,hip hop,6,hubungan,2,Introvert,2,jomblo,1,Kartu kredit,1,Kata Bijak,3,Kata Cinta,1,Kata Gaje,1,Kata Galau,1,Kata Kangen,1,Kata Keren,1,Kata Lucu,1,Kata Marah,1,Kata Motivasi,1,Kata Nyindir,1,Kata Sedih,1,Katah Patah Hati,1,Komunikasi,8,Kuliner,1,Lirik,6,Motivasi,7,Musik,4,PC Gaming,1,Pengembangan Diri,22,Pulsa Gratis,4,Quotes,12,Ramadhan,2,Rapper Bunot,1,Review,1,Roman Picisan,3,Tips,7,Top 10,9,Unik,5,Warkop,1,Young Lex,2,Youtube,3,
ltr
item
Motivasi Hidup Sukses: Tips Mengelola Utang Kartu Kredit Pasca-Belanja Apalagi Lebaran
Tips Mengelola Utang Kartu Kredit Pasca-Belanja Apalagi Lebaran
Poin yang perlu diperhatikan dalam membayar cicilan kartu kredit secara efektif supaya mengecilkan tagihan hutang penggunaan kartu kredit yang berlebihan.
https://1.bp.blogspot.com/-hbVta1DEYkI/WUeJ90ymWYI/AAAAAAAACSA/AwOVXK_GIpEuVQPNmxxgcvFWNXXahA__ACLcBGAs/s320/kartukredittransaksi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-hbVta1DEYkI/WUeJ90ymWYI/AAAAAAAACSA/AwOVXK_GIpEuVQPNmxxgcvFWNXXahA__ACLcBGAs/s72-c/kartukredittransaksi.jpg
Motivasi Hidup Sukses
http://www.samlike.net/2017/06/tips-mengelola-utang-kartu-kredit-pasca-belanja-apalagi-lebaran.html
http://www.samlike.net/
http://www.samlike.net/
http://www.samlike.net/2017/06/tips-mengelola-utang-kartu-kredit-pasca-belanja-apalagi-lebaran.html
true
3627738293097200992
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy