Samlike.NET - Kali ini saya ingin berbagi tentang komunikasi. Sebuah aktivitas yang sebenarnya sering kita lakukan, bahkan sebagian dari hidup kita banyak kita lakukan dalam bentuk komunikasi. Hingga tidak jarang komunikasi kita gunakan untuk menyelesaikan problem-problem yang dihadapi oleh manusia dalam kehidupannya. Bicara tentang komunikasi setidaknya ada 4 poin mendasar teknik komunikasi agar bisa menghasilkan sesuatu secara efektif.

4 teknik Rahasia ilmu komunikasi efektif samlike.net media

1. Komunikasi yang Objektif

Komunikasi yang baik akan terjadi manakala kita memiliki tujuan yang jelas. Untuk apa komunikasi dilakukan? Jelasnya tujuan akan membuat seseorang meahami poin-poin yang disampaikan dengan tepat dan akan menghasilkan sebuah persepsi yang juga tepat di benak pendengar.

2. Pahami inti pesannya

Pemahaman kita tentang apa yang akan kita sampaikan, kejelasan pesan kepada orang lain akan mengantarkan kita pada penjelasan yang mampu dan bisa di tangkap oleh orang lain dengan jelas, pesannya tertangkap dengan jelas yang tidak menimbulkan miss persepsi dan tidak menimbulkan bias.

3. Cari Tahu Lawan Bicara Kita

Yaitu pemahaman kita tentang siapa yang menjadi audience kita juga menjadi hal penting. Karena kita paham dan kita yakini atau kita sadari bersama, setiap kelompok dalam masyarakat, setiap jenjang usia, setiap latar belakang pasti memiliki karakter. Oleh karena itu akan membutuhkancara komunikasi yang juga berbeda. Semakin jelas kita memahami siapa yang menjadi audience kita maka akan mudah bagi kita untuk mengkomunikasikannya dengan baik.

4. Cara Menyampaikan Komunikasi

Jika cara mengkomunikasikannya tidak baik, maka komunikasi tidak akan berjalan efektif. Cara ini ditentukan berdasarkan pada kepada siapa kita akanmenyampaikan pesan ini. Semakin kita paham tentang siapa audience kita, maka semakin mudah bagi kita untuk menetapkan dan menggunakan pendekatan komunikasi yang tepat.

Oleh karenanya dengan 4 Teknik Dasar Ilmu Komunikasi yang Efektif, semoga komunikasi yang bisa kita lakukan terhadap lawan bicara kita bisa diterima dan dipahami sehingga pesan didalamnya dapat tersampaikan dengan baik.


EmoticonEmoticon